Begini Bro Cara Merawat Sepeda Lipat Biar Awet Bertahun-tahun!

Siapa yang lagi suka banget gowes sepeda terutama jenis sepeda lipat? Kalau lo salah satunya, perlu diketahui nih mengenai cara merawat sepeda lipat supaya bisa awet sampai bertahun-tahun. Simak tipsnya berikut ini!

Begini Bro Cara Merawat Sepeda Lipat Biar Awet Bertahun-tahun!

Mungkin dulunya jenis sepeda lipat ini lebih banyak digunakan oleh perempuan karena bentuknya yang nggak terlalu besar. Tapi jangan salah, bahkan sekarang pun sepeda lipat sudah digunakan oleh semua kalangan baik perempuan maupun laki-laki. Karena bentuknya yang lebih simple dan sangat praktis.

Kalangan anak muda pun semakin banyak yang menggandrungi sepeda lipat ini. Selain menjadi bagian dari gaya hidup sehat, sepeda lipat juga menjadi tren tersendiri bagi yang memang aktif berkegiatan outdoor. Sudah banyak juga komunitas sepeda lipat ini yang bisa dijumpai di setiap kota.

Buat lo yang sudah memiliki atau bahkan sudah ikutan komunitasnya, sudahkah merawat sepeda lipat tersebut dengan baik? Kalau bingung bagaimana cara merawat yang baik, ikuti cara berikut ini supaya selain tahan lama, sepeda lipat kesayangan juga bisa terlihat gagah ketika digowes di jalanan.

Mencuci Secara Rutin

Begini Bro Cara Merawat Sepeda Lipat Biar Awet Bertahun-tahun!

Image source: worldwidecyclery.com

Jangan menganggap sepele hal mencuci ini ya, bro. Karena mencuci sepeda lipat nggak boleh sembarangan, butuh perhatian yang cukup ekstra. Saat mencuci sepeda lipat, mungkin sebagian orang akan bergantung pada semprotan air.

Eits, usahakan semprotan air yang digunakan nggak memiliki tekanan yang terlalu tinggi ya, bro. Semprotan air dengan tekanan tinggi bila terkena bagian-bagian vital seperti hub, kabel rem, dan shifter yang nggak memiliki bungkusan malah bisa merusak bagian-bagian tersebut, bro.

Sebaiknya, cukup membersihkan sepeda lipat dengan cara disiram dan di lap secara merata, nggak perlu dengan semprotan air. Jika proses mencuci sudah selesai, jangan lupa untuk mengelap seluruh bagian sepeda terutama di bagian yang agak sulit dijangkau, dengan lap kering. Pastikan seluruh bagian sudah kering total agar nggak berkarat.

Perhatikan juga bagian-bagian penting lainnya seperti engsel stang, lingkar ban, katup di bawah jok, kerangka penyangga di sekitar ban juga bagian pedal. Supaya makin yakin dengan kebersihan sepeda lipat kesayangan, perhatikan juga bagian BB yang fungsinya adalah sebagai saluran air. Pastikan bagian tersebut nggak tersumbat kotoran apapun terutama lumpur.

Rutin Memperhatikan Bagian Operasional Penting

Begini Bro Cara Merawat Sepeda Lipat Biar Awet Bertahun-tahun!

Bagian operasional penting yang dimaksud ini adalah rangkaian kabel shifter, rem, dan rantai sepeda karena menjadi pengatur gerak saat sepeda lipat digowes. Usahakan supaya merawat bagian-bagian tersebut secara rutin seperti memberikan minyak pelumas khusus supaya nggak berkarat.

Kalau sudah sampai berkarat, sepeda lipat menjadi nggak nyaman digunakan atau semakin berat untuk digowes. Terutama bagian rantai sepeda, kalau nggak diberikan pelumas, maka bisa menimbulkan suara berisik dan terasa berat saat digowes. Bisa-bisa rantai tersebut malah akan merusak gear sepeda lipat kesayangan. Tentu nggak mau dong hal ini terjadi?

Perhatikan Volume Angin Ban

Begini Bro Cara Merawat Sepeda Lipat Biar Awet Bertahun-tahun!

Nah, perlu diketahui bahwa volume angin ban akan menentukan tekanan pada sepeda lipat, sehingga menentukan pula seberapa baik saat digowes di jalanan. Volume angin ban yang rendah bisa menyebabkan sepeda terasa lebih berat saat digowes dan mudah kempes kalau nggak sesuai dengan berat tubuh. Sedangkan jika volume angin ban yang terlalu tinggi akan membuat ban lebih mudah untuk pecah.

Lo bisa menanyakan kepada customer service tempat membeli sepeda tersebut mengenai volume angin yang pas untuk sepeda lipat lo. Menyimpan sepeda saat nggak digunakan juga sebaiknya alasi ban dengan keset atau kertas karton, karena kalau menyentuh lantai keramik atau semen secara langsung bisa menyebabkan volume angin di dalam ban semakin mudah berkurang.

Atur Tempat Penyimpanan

Sepeda lipat memang sangat fleksibel ketika harus menyimpannya, karena bisa dilipat sehingga lebih mudah untuk disimpan. Tapi, perlu juga mengatur tempat penyimpanannya. Saat sepeda nggak digunakan dalam waktu yang lama, usahakan menaruh sepeda di tempat-tempat yang mudah terlihat atau sering dilewati ketika keluar-masuk rumah. Hal ini bisa memudahkan untuk mengakses dan memperhatikan kondisinya.

Jangan Menaruh Barang di Atas Sepeda

Biasanya, ketika sepeda sedang nggak digunakan dan diparkir di rumah, sering banget para pemiliknya malah menaruh barang-barang seperti baju atau keset dengan menjemurnya di atas sepeda lipat. Hal ini malah bisa membahayakan banyak elemen dari sepeda lipat dan lebih cepat rusak, bro. Air rembesan dari kain yang dijemur tersebut bisa merusak bagian-bagian vital seperti cat, rantai, kerangka, dan lingkar ban.

Nah, ternyata perawatan sepeda lipat itu memang dibutuhkan perhatian ekstra supaya bisa awet sampai bertahun-tahun. Lakukan secara rutin dan bertahap supaya hasilnya lebih baik ya, bro!

 

Source: review.bukalapak.com
Tips Beginner Extreme solo traveling

18 COMMENTS

SHARE
Hengky  kik
terima kasih , jadi tau tips merawat sepeda lipat
Agus Sungkawa
Bagus banget nih..tips merawat sepeda lipat
agung
tq info ya
SRI YAYA ASTUTI
yang dirawat tidak akan khianat
Cecep Jajang
Pengen punya sepeda biyasa bisa gowes
Suleman
Terimakasih infonya
Yuniarto ( Tato )
Bener Banget tu
DEVI TRI HANDOKO
boleh juga diterapkan besok
Heni Oen
Iinfony bermanfaat
Fajar Satritama
Thx bro tips nya.. meskipun terawat kalo sampe di bawa masuk ke dalam restoran kayaknya gak etis juga ya. Kaya yang lagi viral sekarang di Twitter