Mau Jajal Manuver Menantang di Gunung? Cobain Mountain Unicycling!

Berpetualang di pegunungan menggunakan sepeda sudah paling ideal mengayuh di atas roda dua. Jaminannya sudah jelas bro, keseimbangan jadi terjaga di jalur terjal, speed juga lebih mudah dikendalikan. 

Mau Jajal Manuver Menantang di Gunung? Cobain Mountain Unicycling!

Tapi gimana kalau bermanuver di area pegunungan menggunakan unicycling alias jenis sepeda beroda satu. Apa nggak bahaya ya? Pada dasarnya, unicycling ini bisa dilakukan dimana saja dan kapanpun selama rute kayuhnya mulus. Jalur pegunungan sudah pasti deh jadi tantangan ekstrem buat para pelakunya. 

Buat mereka yang ingin terus memacu adrenalin, nggak ada tuh yang namanya ciut nyali. Meskipun bermanuver dengan satu roda di pegunungan pasti bikin tegang banget, para pecinta olahraga ekstrem justru berburu ketegangan itu.

Kunci dalam bermain sepeda roda satu adalah keseimbangan, kekuatan kaki dan konsentrasi tinggi. Secara teknik dasar, unicycling sama kok dengan sepeda roda dua. Cuma yang membedakan nggak bisa kebut-kebutan.

Awal Mula Unicycle

Mau Jajal Manuver Menantang di Gunung? Cobain Mountain Unicycling!

Image source: learnthis.ca

Tipe-tipe unicycle antara lain freestyle unicycle, trials unicycle, mountain unicycle, giraffe unicycle, dan long distance unicycle. Masing-masing tipe unicycle membutuhkan komponen sparepart khusus yang unik dan berbeda-beda.

Dalam sejarahnya, sepeda roda satu ini muncul karena perkenalkan oleh Frederick Myers tahun 1869 dan disempurnakan oleh pria asal Jerman, Baron Karl von Drais pada tahun 1886. Kalau di Indonesia sepeda roda satu terlanjur populer di dunia sirkus.

Unicycling di gunung ekstrem dimulai pada tahun 1990-an, di Pantai Barat Amerika Serikat. Sejak saat itu mountain unicycle menjadi perhatian ribuan orang di dunia. Dalam kegiatan, mountain unicycle ini berisiko untuk terjatuh. Tapi, praktisi mengklaim olahraga ini tidak lebih berbahaya daripada sepeda gunung.

Oh iya, mountain unicycle punya sebutan lebih singkat yakni Muni. Khusus untuk mountain unicycle ada spesifikasinya sendiri lho. Spesifikasi yang hampir sama dengan trials unicycle. Bedanya terletak pada bagian ban, di mana kalau Muni ini berdiameter 24 atau 26 inci atau sekitar 660 mm. Ukuran ban itu memungkinkan pengendaranya untuk lebih mudah melaju tanpa khawatir adanya kendala seperti akar, batu dan trek yang naik turun.

Salah satu pencinta Muni di luar negeri yakni Stephanie Dietze dan Lutz Eichholz. Eichholz pernah menjelajah pegunungan Dolomites, Italy menggunakan kendaraan roda satu ini. Gunung dengan kontur permukaan bebatuan ini membuat kegiatan unicycling menjadi mendebarkan.

Komunitas Mountain Unicycle

Di Prancis, komunitas mountain unicycle bernama Mtt Sensations dibentuk oleh Thierry Bouche pada 1990 di dekat Grenoble di Prancis Selatan. Klub ini berafiliasi dengan organisasi bersepeda Prancis pada tahun 1993 dan memiliki lebih dari puluhan anggota aktif.

Klub ini biasa menggunakan ban berukuran 20 dengan saddle sepeda yang menghadap ke atas. Panjang tiang saddle bisa mempengaruhi kontrol pengendaranya saat menuruni gunung tinggi di mana teknik yang digunakan dari pemain ski slalom menuruni bukit. Supaya aman, para pemainnya dianjurkan mengenakan perlengkapan keamanan mulai dari helm, pelingsung pergelangan tangan dan armor kaki.

 

source: https://extremeina.com/unicycling-di-area-pegunungan/
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
Yumna Aditya Prakoso
ga berani gan
nugraha
berani banget
SRI YAYA ASTUTI
tantangan ekstreme
Agung Sutrisno
Bermanuver dengan satu roda di pegunungan pasti bikin tegang dan memacu andrenalin
Ldr_Lstyd
Nyeri gan, takut
Yuniarto ( Tato )
ini cukup berbahaya
Cecep Jajang
Harus ada punya skill nih mah
Agus Sungkawa
Kunci dalam bermain sepeda roda satu adalah keseimbangan, kekuatan kaki dan konsentrasi tinggi.