Pantai Oetune, Gurun Pasir di Indonesia Rasa Timur Tengah

Kombinasi hamparan pasir coklat keemasan dan birunya laut menyatu dengan harmonis di pantai yang sangat eksotik ini. Pemandangan di Pantai Oetune memang sekilas nampak berada di negeri dongeng. Bayangkan, gurun pasir khas timur tengah berada tepat di pinggir pantai yang jernih dan menyegarkan, bro.

Pantai Oetune, Gurun Pasir di Indonesia Rasa Timur Tengah

Mengunjungi tempat-tempat wisata di Tanah Air pasti bakal membuat lo makin cinta dengan negeri ini. Dari Sabang sampai Merauke, masih banyak tempat-tempat menakjubkan yang harus lo kunjungi agar lo tau betapa kayanya keindahan alam Nusantara. Salah satunya pantai di Provinsi Nusa Tenggara Timur ini, yang sering menjadi incaran para wisatawan dan para pecinta olahraga extreme.

Yap, tak hanya pantai yang indah, tempat ini juga menawarkan bukit berpasir khas "Timur Tengah" yang bisa menjadi arena salah satu olahraga extreme. Pantai Oetune membuat suasana Timor Tengah Selatan sekilas terasa di gurun pasir timur tengah, bro. Berikut ini beberapa informasi mengenai Pantai Oetune yang mempunyai gurun pasir khas timur tengah  di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Hamparan Gurun Pasir Berdampingan dengan Lautan Luas

Pantai Oetune, Gurun Pasir di Indonesia Rasa Timur Tengah

Image source: Instagram.com/el.bastel

Mau menikmati wisata gurun pasir? Nggak usah jauh-jauh ke Timur Tengah, bro. Indonesia justru punya padang pasir yang berdampingan harmonis dengan pantai. Yap,  kombinasi warna coklat keemasan khas gurun pasir yang lembut menyatu dengan birunya laut dan juga hijaunya pepohonan. Eksotik banget deh, bro.

Dari kejauhan, lo bisa menyaksikan langsung debur ombak yang saling menggulung, mendekati bibir pantai yang juga dipenuhi pasir lembut. Keindahan dan sensasi pantainya pasti bakal membuat lo susah lupa dengan tempat ajaib ini. Jangan lupa gunakan krim tabir surya saat berada di Pantai Oetune ya, bro. Agar kulit tubuh dan wajah lo tidak terbakar saat berpetualang di bawah teriknya sinar matahari.

Menikmati Sunrise dan Sunset

Pantai Oetune, Gurun Pasir di Indonesia Rasa Timur Tengah

Image source: Instagram/patung_kirap

Pantai Oetune tetap menakjubkan kapan pun lo datang ke tempat ini, bro. Pemandangan matahari terbit dan tenggelam di tempat ini sama-sama mempesona berkat hamparan pasir berwarna coklat keemasannya. Saat malam, langit bertabur jutaan bintang pun bakal menambah syahdu gelapnya malam. Wajar saja, jika pantai ini selalu menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke Nusa Tenggara Timur.

Bisa Menjadi Arena Sandboarding

Pantai Oetune, Gurun Pasir di Indonesia Rasa Timur Tengah

Image source: Instagram.com/dionr1308

Para pecinta olahraga extreme pasti sudah akrab dengan olahraga papan seluncur extreme yang satu ini. Sandboarding merupakan salah satu olahraga yang menggunakan papan seluncur dengan medan bukit pasir. Yap, sandboarding memang cocok banget dimainkan di area gurun berpasir Pantai Oetune, bro.

Gurun pasir adalah sebuah fenomena alam yang terbentuk dari pasir yang terbawa hembusan angin. Lama kelamaan pasir tersebut akan menumpuk dalam jumlah yang besar. Maka terbentuklah gurun pasir atau sand dunes.

Gurun pasir di Pantai Oetune ini memiliki karakter yang berbukit-bukit, sehingga cocok banget untuk dijadikan arena bermain sandboarding. Namun, lo harus membawa papan sendiri jika berniat menjajal sandboarding di tempat ini, bro. Pasalnya, belum ada fasilitas papan sandboarding, seperti di Parangkusumo Jogja.

Akses Menuju Lokasi Wisata

Pantai Oetune, Gurun Pasir di Indonesia Rasa Timur Tengah

Agar bisa sampai ke tempat eksotik ini,  lo harus menempuh perjalanan sejauh 115 kilometer dari kupang, bro. Dari Kota Kupang lo bisa menyewa kendaraan untuk bisa sampai di tempat wisata Pantai Oetune. Setelah itu, lo bakal berkendara dua hingga tiga jam ke Pantai Oetune.

Lo bakal berkendara dari Kota Kupang melalui jalur lintas selatan yang diresmikan pada awal tahun 1990-an. Selama perjalanan lo bakal melewati kondisi jalan yang bervariatif, mulai dari jalanan yang berkelok-kelok sampai dengan jalanan yang sesekali naik dan turun bukit dan lembah.

Letak Pantai ini berada tepat sebelum kawasan Pantai Kolbano. Di kanan jalan lo akan melihat beberapa spanduk atau banner informasi wisata dan penunjuk jalan menuju Pantai Oetune Sesampainya di sana, lo bakal dikenakan tarif masuk yang dibanderol sekitar 3000 rupiah per orang dan 1000 rupiah untuk biaya parkir kendaraan. Terjangkau banget, bro!

So, itu dia beberapa informasi mengenai Pantai Oetune yang mempunyai gurun pasir khas timur tengah  di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Menarik banget buat dikunjungi setelah masa pandemi kan, bro?

 

Referensi : https://www.nativeindonesia.com/pantai-oetune/
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
wildan
asli keren tempatnya
makaish infonya
Kristian Mustafa
Nice Info.
dephy
surga dunia
Cecep Jajang
Sangat menyegarkan suasana
Agus Sungkawa
Berasa sedang d gurun sahara x ya
Agung Sutrisno
Banyak tempat menakjubkan di Indonesia dan betapa kayanya keindahan alam Nusantara
Agung Sutrisno
Pantai Oetune yang mempunyai gurun pasir khas timur tengah yang ada di Indonesia, salah satu kekayaan alam
Rdh
Keren parah
arief
asli keren banget