Tentang Papan Surfing, dari Pemilihan, Penggunaan, Sampai Cara Merawat

Surfing bakal jadi kegiatan menyenangkan banget kalau lo memang orang yang suka hal-hal ekstrem dan menantang. Olahraga air ini, para pemainnya akan berburu gulungan ombak supaya bisa menari di atas papan. 

Tentang Papan Surfing, dari Pemilihan, Penggunaan, Sampai Cara Merawat

Tapi nggak sembarang ombak, derasnya air laut juga diperhatikan supaya tetap aman dan selamat. Maklum aja, kegiatan ini berhadapan langsung dengan semesta yang nggak bisa diprediksi. So, keamanan tetap harus nomor wahid ya.

Nah, kalau lo masih newbie, sudah pasti basic dalam bermain surfing adalah kepiawaian berenang. Penting banget lho untuk menguasai semua teknik renang, mulai dari mengambang hingga gaya bebas. Tapi baiknya belajar di pantai dulu biar aman sebelumnya akhirnya menjajal ombak di laut lepas.

Satu lagi yang harus lo pikirkan kalau mau surfing ya tentang papannya bro, baik itu pemilihannya, penggunaannya, sampai cara ngerawatnya. Coba lo cek dulu nih cerita di bawah ini tentang papan surfing. 

Pilih Papan Surfing yang Benar

Tentang Papan Surfing, dari Pemilihan, Penggunaan, Sampai Cara Merawat

Sama halnya dengan skateboard, surfing juga nggak bisa asal pakai papan. Untuk pemula, lo bisa memilih papan surfing yang gampang mengapung, lebih stabil dan mudah untuk paddling atau mengayuh surfboard.

Terus, saat memilih surfboard juga mengacu pada tinggi papan surfing, tinggi papan haruslah lebih tinggi dari ukuran badan. Termasuk lebarnya juga seimbang dengan badan kamu. Jadi, yang diutamakan itu tinggi dan lebarnya, kalau bentuknya nggak begitu berpengaruh.

Penggunaan Wax Pada Surfboard

Kalau basic skillnya sudah dikuasai dan paham memilih papan, itu artinya tinggal gimana cara perawatan surfboard kesayangan lo. Satu hal yang harus dirawat pada papan surfing sebelum menari di atas ombak yakni penggunaan wax pada surfboard. Jadi, wax ini berfungsi untuk mencegah lo tergelincir saat beraksi di laut lepas. Wax ini penting, tanpa wax, surfer bisa tergelincir dari papan karena licin.

Surf wax ini terdiri dari campuran parafin, wax lebah atau wax keras. Banyak produsen wax papan surfing ini menambahkan aroma eksotis seperti kelapa atau permen karet supaya lebih menarik. Ada juga alternatif alami yang tersedia yang hanya mengandung zat organik seperti wax lebah, minyak nabati (seperti kelapa atau minyak rami), getah pinus, bubur pohon dan minyak esensial alami. 

Jenis-jenis surf wax dibuat sesuai dengan perbedaan temperatur air. Disarankan untuk menggunakan jenis wax yang sesuai dengan kondisi air di mana lokasi lo surfing.

Caranya adalah dengan mengoleskan wax di deck atas surfboard terutama di bagian kaki untuk berpijak. Bagian depan papan selancar nggak harus di-wax, tapi bagian papan untuk tangan menggenggam harus diberi wax.

Kalau lo masih baru main surfing dan masih belajar wax yang dioleskan harus tebal karena fungsi wax supaya tidak licin dan lo bisa berdiri mengendalikan ombak.

Car Bersihin Wax

Kalau sudah dioleskan, cara menghilangkannya gampangan banget kok. Lo tinggal manfaatin kain lembut dengan tambahan minyak kelapa lalu dibersihkan secara perlahan. Sebenarnya cairan pelarut juga bisa sih, tapi itu bisa merusak papan selancar kesayangan lo. Kalau para peselancar kadang cara menghilangkan wax dengan cara dijemur di bawah sinar matahari, sehingga bisa mencair dengan sendirinya.

 

Source: https://blogsejarasurfing.blogspot.com/2017/02/perawatan-surfboard-sebelum-surfing.html
Gear Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
nugraha
makasih infonya bos
dephy
yang dirawat tidak akan khianat
Agus Sungkawa
Info bermanfaat buat pencinta surfing
Cecep Jajang
Info mantul min