Tips Dasar Buat Lo yang Baru Mau Main Inline Skate

Meluncur dengan inline skate sekilas memang tampak menantang dan sangat menyenangkan. Namun, memainkan inline skate ternyata memerlukan tips dan teknik khusus agar bisa melaju dengan seimbang lho, bro. Berikut ulasan selengkapnya.

Tips Dasar Buat Lo yang Baru Mau Main Inline Skate

Olahraga extreme yang satu ini sangat mengandalkan keseimbangan dan juga kecermatan pengendaranya. Empat hingga lima roda yang berbaris lurus di bawah sepatu memang menawarkan tantangan yang tidak mudah ditaklukan para penggunanya. Jatuh adalah hal yang biasa bagi para pecinta inline skate. Semangat pantang menyerah menjadi kunci utama yang memegang peranan penting pada olahraga extreme yang satu ini.

Inline skate merupakan olahraga yang menyenangkan dan fleksibel, memainkannya seperti seluncur es di atas permukaan aspal, bro. Inline skate juga biasa disebut dengan “rollerblade”, karena Rollerblade Inc. adalah salah satu perusahaan pertama yang membuat sepatu inline skate di tahun 1970an.

Olahraga extreme ini cocok banget buat lo yang hobi memacu adrenalin dan punya semangat pantang menyerah, bro. Agar bisa memainkan inline skate dengan baik, lo bisa ikuti beberapa tips dan teknik dasar berikut ini.

Siapkan Sepatu yang Pas dengan Ukuran Kaki

Tips Dasar Buat Lo yang Baru Mau Main Inline Skate

Saat ini mencari berbagai macam kebutuhan dan perlengkapan sangatlah mudah, termasuk membeli sepatu inline skate. Lo bisa membeli sepatu inline skate di marketplace, e-commerce atau online shop yang terpercaya. Tapi, sebaiknya lo tetap membeli langsung di toko inline skate terdekat, agar bisa memastikan ukuran dan kenyamanan sepatu inline skate lo, bro.

Pasalnya, sepatu inline skate harus pas dengan ukuran kaki penggunanya, dengan tumit bersandar pada bagian belakang sepatu, menyangga pergelangan kaki dan memberikan rasa nyaman. Sepatu yang longgar juga sangat beresiko menyebabkan kecelakaan bahkan bisa menyebabkan keseleo atau terkilir. Duh, jangan sampai ya, bro.

Siapkan Peralatan Keselamatan

Tips Dasar Buat Lo yang Baru Mau Main Inline Skate

Nah, ini dia yang nggak penting, bro. Peralatan keselamatan merupakan komponen penting dalam setiap aktivitas olahraga extreme untuk mencegah kemungkinan cedera serius saat terjatuh. Peralatan keamanan dalam inline skate biasanya berupa helm, kneepad, elbow pad, dan sarung tangan. Lo bisa membelinya di di marketplace, e-commerce atau online shop yang terpercaya dengan harga yang sangat terjangkau, bro.

Mulai Latihan Berdiri

Tips Dasar Buat Lo yang Baru Mau Main Inline Skate

Setelah semua perlengkapan lengkap, sekarang saatnya untuk memulai dengan langkah awal yang sederhana. Lo bisa mulai latihan berdiri dan menyeimbangkan tubuh dengan sepatu inline skate, bro. Berdirilah di dekat dinding atau penopang lain untuk latihan ini dalam “posisi siap”, dengan kaki terbuka lebar berjarak 15-25 cm, dengan lutut menekuk dan mendorong ke depan dalam posisi berbentuk huruf V, bro.

Cara lain untuk berdiri saat memakai sepatu inline skate adalah mulai dengan posisi lutut pada lantai dan tubuh berdiri tegak. Kemudian dengan satu kaki berlutut posisikan kaki lain mengarah ke depan seperti berselancar di lantai (tempatkan sepatu dalam posisi diagonal). Dengan telapak tangan berada di lantai membentuk bentuk berlian atau segitiga, ulangi langkah sebelumnya dengan kaki lain. Kemudian letakkan telapak tangan pada lutut dan berdirilah pelan-pelan dengan menekuk sedikit lutut.

Condongkan ke depan tubuh mulai dari pinggang dan arahkan lengan ke depan untuk menjaga keseimbangan. Lihatlah lurus ke depan. Berlatihlah menyeimbangkan tubuh dalam posisi ini terlebih dahulu untuk menentukan posisi yang nyaman agar badan lo bisa seimbang, bro.

Mulai Bergerak

Tips Dasar Buat Lo yang Baru Mau Main Inline Skate

Saat mulai merasa nyaman, lo bisa mulai mengambil langkah kecil agar bisa tetap seimbang di atas sepatu inline skate lo, bro. Bawalah kaki yang akan bergerak ke depan setelah melangkah dan pindahkan bobot tubuh ke kaki tersebut. Kemudian bergeraklah dengan kaki yang lain. Lakukan terus dengan kedua kaki secara konsisten, bro.

Tidak perlu cepat, yang penting badan lo tetap seimbang dalam posisi tetap melaju. Utamakan keseimbangan saat meluncur. Awal-awal memang akan terasa sulit, tapi pasti lo bakal terbiasa kok, bro.

Rem

Setelah sukses seimbang dan melaju dengan inline skate, selanjutnya lo harus menerapkan teknik ini agar bisa berhenti dengan sempurna, bro. Untuk mengerem dengan aman, lo bisa menggesekkan brake pad salah satu kaki yang ada di tumit sepatu dengan permukaan jalan, bro.

Lo juga bisa meletakkan kaki lainnya di depan dan membentuk huruf 'T' untuk lebih memperlambat laju inline skate dengan cepat. Perlu diingat, mengerem saat melaju cepat akan memerlukan energi ekstra otot kaki, terutama kaki bagian bawah. Jadi, harus ekstra hati-hati ya, bro!

Teknik Jatuh

Saat mulai merasa kehilangan keseimbangan, tekuklah lutut, rentangkan lengan, dan jatuhlah ke depan untuk menahan bobot tubuh pada pelindung pergelangan tangan. Jika melakukannya dengan benar lo bakal terjatuh tepat pada pelindung lutut dan alat pelindung tubuh lainnya, bro. Sehingga sangat efektif untuk meminimalisir kemungkinan cedera yang lebih serius.

So, itu dia beberapa tips dan teknik dasar untuk bermain inline skate. Berani mencoba, bro?

 

Referensi : https://id.wikihow.com/Bermain-Inline-Skate
https://healthyliving.azcentral.com/tips-learning-rollerblade-17512.html
Tips Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Cecep Jajang
Info nya sangat membantu
SRI YAYA ASTUTI
maenan anak 90an
Yumna Aditya Prakoso
ntaps gan
ditra nugraha
makasih infonya...
Heni Oen
pertama kali belajar badan remuk biru2
Agus Sungkawa
Mantap info Tips Dasar Buat yang Baru Mau Main Inline Skate
Rdh
Nice info