'Pulau Alien’ Itu Ada di Antara Selatan Jazirah Arab dan Timur Afrika

Pernah nggak membayangkan sebuah pulau yang penampakannya seperti settingan di film-film fantasi kenamaan dunia. Kalau ingat film Alice in Wonderland (2009), di dunia nyata ada sebuah pulau yang pemandangannya tak seperti isi bumi. Tempat ini dijuluki 'Pulau Alien'. Benar nggak sih ini tempat makhluk asing? 

'Pulau Alien’ Itu Ada di Antara Selatan Jazirah Arab dan Timur Afrika

Namanya Pulau Socotra. Lokasinya berada di sebelah timur dari Tanduk Afrika, dan 380 km sebelah selatan dari Jazirah Arab. Kepulauan ini sangat terisolasi, sehingga 1/3 dari floranya tidak dapat ditemui di tempat lain selain di kepulauan ini.

Makanya, tempat ini dipenuhi tumbuhan dan makhluk hidup yang berbeda dengan tanaman di bumi. Sampai akhirnya banyak yang sepakat menyebut Pulau Socotra adalah pulau alien.

Apa Keunikannya?

'Pulau Alien’ Itu Ada di Antara Selatan Jazirah Arab dan Timur Afrika

Pulau ini juga mendapat julukan Galapagos di Samudera Hindia. Flora dan fauna di pulau ini berevolusi untuk bertahan dan menyesuaikan lingkungan Socotra yang panas dan berangin. Ada ratusan flora dan fauna di tempat ini. Kurang lebih ada 800 spesies flora dan fauna. Nah, menariknya, sepertiganya dari ratusan spesies itu tidak bisa ditemukan di tempat lain. 

Di pulau ini, tanaman yang paling beken adalah pohon darah naga. Pohon ini menyerupai payung dan berdiri tegak di tebing dataran gurun atau dataran tinggi. Penamaan darah naga, bukan karena darah dalam arti sesungguhnya. Melainkan berasal dari getah pohon yang berwarna merah menyerupai darah

Uniknya lagi, pohon ini bisa tumbuh sekitar 4-6 meter, lho. Dan, ternyata getah merah dari pohon ini memiliki khasiat untuk penyakit manusia antara lain mampu mengobati penyakit kulit, diare, sampai virus. 

Sampai sekarang, masyarakat setempat masih menggunakan getah merah itu sebagai obat. Kalau getah merah tersebut dikeringkan, maka bisa jadi pewarna. Di negara barat, getah ini jadi bahan baku pernis merah untuk pewarna biola. Keren ya?

Nggak cuma pohon darah naga yang bentuknya aneh. Masih ada lagi lho. Kebanyakan tumbuhan di sana berbatang pendek tapi berisi. Konon katanya, bentuk tanaman di sana hasil adaptasi lingkungan Socotra Island yang sangat panas dan kering. 

Rata-rata, suhu di sana sampai 40 derajat celcius. Makanya tumbuhan di sana butuh menyimpan air di dalam batang yang 'berisi'. Salah satu nama tanamannya yakni mawar gurun.

Mawar di 'Pulau Alien' ini beda dengan pada umumnya. Bentuknya bisa dibilang mirip botol. Besar di bagian bawah lalu mengerucut di atas. Seperti penjelasan di atas, bentuk 'kaki' yang gendut itu untuk menyimpan air di lingkungan yang panas.

Hewan aneh di Socotra yakni tarantula biru. Masih ada lagi 192 spesies burut darat dan 253 jenis terumbu karang dan lebih 1.000 makhluk lait. Saking indahnya pulau ini, UNESCO menambahkan kepulauan Socotra ke dalam daftar Situs Warisan Dunia.

Pulau Terisolasi

'Pulau Alien’ Itu Ada di Antara Selatan Jazirah Arab dan Timur Afrika

Pulau Socotra merupakan pulau terbesar dari Kepulauan Socotra yang terdiri atas empat pulau. Karena jauh, lokasi ini sulit dicapai oleh pelaut. Makanya Socotra terisolasi secara geografis.

Sekitar 6-7 juta tahun lalu, daratan Pulau Socotra bergeser memisahkan diri dari benua Afrika. Dalam kurun waktu 7 juta tahun itu, flora dan fauna di sana terisolasi dan berevolusi tanpa pengaruh varietas dari dunia luar.

Sekarang sekitar 40.000 orang tinggal di pulau ini. Tidak ada hotel, dan jalan beraspal baru dibangun belakangan ini. Siapa mau ke sana, bro?

 

source: https://zetizen.jawapos.com/show/2842/terisolasi-sejak-7-juta-tahun-lalu-pulau-socotra-dihuni-flora-fauna-alien
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

21 COMMENTS

SHARE
Suleman
Sangat bermanfaat infonya
agung
tq info ya
nugraha
adenium raksasa
Yuniarto ( Tato )
luarrrr biasaaa
SRI YAYA ASTUTI
bagus juga sih pulaunya alaupun bentuknya memang tidak pada umumnya
Yumna Aditya Prakoso
keren gan
Cecep Jajang
Sangat indah banget
Kristian Mustafa
Nice Info.
Agung Sutrisno
Banyak Jenis Flora dan Fauna yg ada di Pulai ini tdiak ditemukan didaerah lain luar biasa
arief
makasih infonya