Staycation Jadi Pilihan Liburan Setelah Pandemi, Ini Alasannya Bro!

Setelah pandemi berakhir, sebagian orang sepertinya sudah merencanakan perjalanan liburan. Lo juga termasuk nggak, bro? Nah, karena perjalanan wisata juga masih terbatas, maka staycation pun bakal jadi pilihan liburan setelah pandemi berakhir, bro. Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Staycation Jadi Pilihan Liburan Setelah Pandemi, Ini Alasannya Bro!

Pandemi virus COVID-19 yang masih berlangsung ini memang membatasi perjalanan semua orang, termasuk liburan ke luar kota atau luar negeri. Pemerintah pun menghimbau agar masyarakat nggak bepergian kecuali keadaan penting dan bersyarat. Oleh karena itu, setelah pandemi dan memasuki era new normal, para wisatawan bakal siap untuk kembali berlibur. Pilihan pertama yang memungkinkan adalah staycation.

Dilansir dari Lonely Planet, staycation digemari karena membutuhkan biaya yang lebih murah daripada liburan internasional. Adanya pembatasan dan jaga jarak sosial di setiap negara, rasanya akan membuat tren liburan ini semakin meningkat. Berikut alasannya yang perlu lo tau, bro!

Pilihan Terbatas

Staycation Jadi Pilihan Liburan Setelah Pandemi, Ini Alasannya Bro!

Selama pandemi ini, para wisatawan tentu berharap situasi akan segera membaik supaya bisa kembali traveling. Namun, jika pembatasan perjalanan internasional dibuka, rasanya bakal tetap menantang bagi wisatawan selama setahun ke depan.

Wisatawan bakal dihadapkan pada keterbatasan di bandara dan masuk ke objek wisata. Semua pengalaman traveling pun akan terasa berbeda dari biasanya.

Untuk itu, pilihan yang lebih mudah adalah menggunakan transportasi pribadi untuk bepergian dalam negeri. Itu juga kalau sudah benar-benar diizinkan oleh pemerintah ya, bro.

Staycation Jadi Liburan Penantian

Staycation Jadi Pilihan Liburan Setelah Pandemi, Ini Alasannya Bro!

Liburan atau traveling mungkin sudah dianggap sebagai kebutuhan hidup bagi para wisatawan. Kegiatan menyenangkan ini pun sudah dinantikan dan dirindukan banyak orang.

Jalan keluarnya bisa didapatkan dari staycation, yang bisa mengobati rasa rindu para wisatawan yang sudah nggak sabar mau liburan. Lo bisa menjelajahi tempat baru yang lokasinya nggak jauh dari rumah atau sekadar staycation ke hotel. Hal tersebut bisa jadi pilihan liburan buat melepas kejenuhan, bro.

Perjalanan Harus Bebas dari Stres

Staycation Jadi Pilihan Liburan Setelah Pandemi, Ini Alasannya Bro!

Tentu sudah pada tau kalau traveling bisa menjadi salah satu cara penghilang stres dan menjauhkan beban pikiran. Namun, di situasi seperti ini perjalanan sangat terbatas, bahkan melarang perjalanan internasional untuk sementara.

Cara paling mudah untuk mengakalinya yaitu dengan tetap berjalan kaki meski di area sekitar rumah. Misalnya, jalan kaki ke minimarket di dekat rumah.

Kalau sudah memutuskan buat staycation, lo juga bisa berjalan-jalan santai atau olahraga di sekitar tempat staycation. Namun jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan membawa hand sanitizer.

Kunjungan Domestik Lebih Leluasa

Berkurangnya wisatawan internasional bisa menjadi hal positif bagi wisatawan domestik. Khususnya bagi yang mau mengunjungi objek wisata yang biasanya ramai oleh wisatawan internasional.

Lo bisa mengunjungi tempat wisata ketika pemerintah sudah kembali mengizinkannya, tanpa harus berdesakan mendapat tempat. Jangan lupa untuk mengikuti aturan new normal yang berlaku di tempat wisata tersebut ya, bro.

Membantu Perekonomian Lokal

Dengan pembatasan bepergian ke luar negeri, lo tentu akan banyak beraktivitas di area lokal. Artinya, lo bisa membantu perekonomian lokal seperti membeli makanan di toko-toko terdekat atau dari UKM kecil.

Selain itu, ketika perjalanan domestik dibuka, lo bisa menginap di hotel-hotel lokal, yang otomatis berturut serta dalam membantu perekonomiannya. Dan kalau lokasi wisata sudah kembali dibuka, lo bisa mengunjungi tempat-tempat wisata lokal yang juga membantu perekonomian pariwisata dalam negeri.

Nah, kira-kira lo sudah punya rencana buat staycation ke mana setelah pandemi dan memasuki era new normal nanti, bro? Pastikan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan saat sudah boleh melakukan perjalanan wisata ya, bro!

 

Source: travel.kompas.com
Trending Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
Adam Gilang Fadhillah
Boleh jugaa
agung
tq info ya
Cecep Jajang
Memang mengasikan
SRI YAYA ASTUTI
liburan setelah pandemi
Yumna Aditya Prakoso
heeh gan hehe
Hengky  kik
boleh dicoba nih sdah jenuh akibat pandemi covid
DEVI TRI HANDOKO
tetap jaga kesehatan dan kebersihan
Ldr_Lstyd
Betul juga tuh
ditra nugraha
liburan demi imunitas tubuh
arief
keren nih artikelnya