Sebelum Mendalami Skating, Lo Harus Tahu Ini Dulu Bro!

Dengar kata sepatu roda rasanya kembali ke era 90-an. Masih ingat nggak dulu,  setelah pulang sekolah bawaannya mau cepat-cepat ganti sepatu hitam putih dengan sepatu roda berwarna. Main di jalan depan rumah sudah cukup. Asal bisa berseluncur, senang banget rasanya.

Sebelum Mendalami Skating, Lo Harus Tahu Ini Dulu Bro!

Iya bro, esensi main sepatu roda waktu kecil sesederhana itu. Sayangnya, eksistensi sepatu roda ketika itu pelan-pelan tergantikan. Masih ada sih pelakunya, tapi nggak banyak. Itupun mereka yang aktif di komunitas bisa dibilang karena rindu dengan masa-masa 30 tahun ke belakang. Tapi ada juga yang konsisten masih fokus di permainan sepatu roda.

Olahraga yang sudah ada sejak 1760 di Belgia ini memiliki banyak ragam kategori. Ada multipurpose inline skate, speed skate, dan agresif inline skate. Setiap jenisnya sudah pasti memiliki teknik yang beda-beda.

Kalau agresif inline skate biasa dimainkan para pegiat yang sudah terbilang jago. Agresif inline skate nggak cuma bermanuver di jalan lurus, tapi juga melakukan lompatan, atau trik-trik yang ekstrem. Terus kalau speed skate sudah pasti buat yang suka 'kebut-kebutan'. 

Sepatu roda untuk ngebut memiliki wheelbase yang lebih panjang. Model wheels seperti itu bisa bikin para pelakunya meluncur dengan kecepatan. Sssstt... harga sepatunya mahal lho.

Kalau yang multipurpose inline skate itu buat tipikal pemain yang sekadar senang-senang. Sepatu rodanya memiliki bantalan busa di dalam dan tali sebagai pengencang pergelangan kaki lebih nyaman.

Di Indonesia, olahraga sepatu roda masuk ketika era penjajahan Belanda. Dulu nggak banyak tuh yang main sepatu roda, cuma orang belanda atau kalangan tertentu aja yang punya. Tapi setelah Indonesia Merdeka, sekitar tahun 1960-an, sepatu roda kemudian booming.

Peminatnya banyak banget terutama di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Sampai akhirnya dibentuk kepengurusan Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Perserosi) di tahun 1970. Organisasi itu dibuat supaya ada yang mendukung kegiatan yang berbau sepatu roda.

Nah dari situ, baru deh muncul perlombaan dan sudah banyak banget lho atlet sepatu roda Indonesia yang berprestasi. Nggak cuma di negeri sendiri, tapi juga skala internasional. Buat lo, yang mau terjun ke dunia sepatu roda, perlu banget mendalami basic permainan ini. Simak terus ke bawah ya, bro!

Ketahui Tentang Sepatu Skating

Sebelum Mendalami Skating, Lo Harus Tahu Ini Dulu Bro!

Image source: bendparksandrec.org

Di atas tadi sudah dijelaskan soal jenis-jenis permainan sepatu roda. Tiap jenis sepatu roda, otomasi model roda juga bakalan beda. Nah, kalau sudah memutuskan mendalami sepatu roda, mesti paham dulu nih soal letak rodanya.

Kalau inline skate, letak rodanya sejajar. Kemudian two-line skate yang mana roda di sepatunya ada empat buah. Dua di bagian depan dan dua di bagian belakang. Kalau buat belajar sih, baiknya pakai yang empat roda dulu, baru nanti next levelnya berganti ke inline skate.

Sebenarnya bisa-bisa aja sih langsung beli yang tipe rodanya sejajar. Tapi kalau mau step by step jaga keseimbangan dulu, roda empat pilihan yang paling ideal sih buat belajar. Biar nggak gampang jatoh.

Teknik Dasar

Sebelum Mendalami Skating, Lo Harus Tahu Ini Dulu Bro!

Image source: graziame.com

Basic ada kunci. Sebelum bermanuver kencang atau melakukan sejumlah trik, ketahui dulu teknik-teknik dasarnya. Jadi ada yang namanya teknik gliding dan teknik rem. 

Gliding itu teknik keseimbangan saat meluncur dengan sepatu roda. Kalau teknik rem, sesuai namanya supaya ketika asik meluncur bisa dengan mudah mengendalikan untuk berhenti tanpa berpegangan.

Nih, yang harus lo tahu juga, setiap roda letak tumpuan remnya nggak sama. Jadi lo harus tahu dulu posisi tumpu rem sebelum meluncur. 

Keamanan

Sebelum Mendalami Skating, Lo Harus Tahu Ini Dulu Bro!

Kalau sudah seneng sama olahraga ekstrem, faktor keamanan nggak boleh abai. Sama nih kalau main sepatu roda juga perlu banget item pelindung seperti helm, pelindung siku dan lutut, serta tangan. Alat penunjang itu bakal meminimalisir luka ketika terjatuh atau terkilir.

Ingat ya bro, keamanan nomor satu!

 

Source: https://www.blibli.com/friends/blog/7-hal-wajib-tahu-sebelum-skating/
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
nugraha
makasih infonya
Agung Sutrisno
Tetap jaga keselamatan dalam skating dan harus tau teknik dasarnya
Yuniarto ( Tato )
Seru abissss
Cecep Jajang
Harus jaga keseimbangan ,bahaya
Adam Gilang Fadhillah
Bagus sih