Tips Memotret Sunrise Saat Traveling

Matahari mulai mengintip di ujung timur dan mulai bersiap untuk melaksanakan tugasnya untuk menerangi seluruh umat manusia di dunia. Menikmati pemandangan matahari terbit memang sangat menyenangkan sekaligus menenangkan. Lo juga bisa mengabadikan momen indah ini dalam jepretan foto, bro.

Tips Memotret Sunrise Saat Traveling

Matahari terbit memang mempunyai sisi keindahan yang eksotik dan menarik untuk dipandangi. Biasanya, beberapa destinasi wisata menyediakan tempat khusus untuk mendapatkan pemandangan yang sangat langka ini. Para traveler biasanya sangat memburu momen indah ini untuk sekedar dipandangi atau diabadikan dalam jepretan foto atau video.

Matahari terbit adalah ketika cahaya matahari terlihat eksotik dan ideal sekali untuk difoto. Selain jumlah cahayanya yang belum terlalu banyak masuk melalui atmosfer bumi, cahaya pagi juga datang dengan sudut kemiringan yang lebih rendah, bro.

Bayangan yang muncul akibat sudut pandang yang rendah tersebut tentu saja akan memberikan kesan refleksi yang menarik pada masing-masing objek yang terkena cahaya sang surya. Ini dia, beberapa tips memotret matahari terbit yang bisa lo terapkan saat traveling.

Riset dan Referensi

Tips Memotret Sunrise Saat Traveling

Pertama yang harus lo lakukan tentu saja mencari data melalui riset dan referensi sebelum lo berangkat travelling. Lo bisa mencarinya dengan cara yang sangat sederhana, yaitu mencarinya melalui internet. Lo bisa mencarinya di website super adventure di kolom places, bro.

Selain membaca artikel, lo juga bisa melihat foto-foto matahari terbit yang bisa lo akses dari mesin pencarian yang sedang trend saat ini. Lo juga bisa mendapatkan berbagai informasi berharga dari media sosial, seperti instagram, facebook, twitter dan lain-lain. Lo bisa mencari referensi terkait bagaimana cara mengambil matahari terbit di tempat tertentu untuk menghasilkan foto atau video terbaik.

Peralatan

Tips Memotret Sunrise Saat Traveling

Siapkan juga peralatan yang memadai untuk membantu lo mengabadikan foto matahari terbit yang eksotik. Persiapkan peralatan mulai dari kamera, lensa, baterai, media penyimpanan, hingga Aksesoris lainnya. Peralatan yang dipersiapkan dengan baik tentu saja akan menghasilkan jepretan foto dan video yang luar biasa, bro.

Sebaiknya bawa tripod agar tidak merepotkan orang lain saat ingin foto bersama dengan partner traveling lo. Selain itu, tripod juga sangat membantu ketika lo ingin memotret suasana pagi dengan kecepatan rana yang lambat. Solusi lain untuk menggunakan teknik ini yaitu dengan menaikkan ISO hingga mendapatkan kecepatan rana yang bisa lo kendalikan sendiri. Namun, efeknya lo bisa saja mendapatkan gambar yang digerumuti noise.

Sebenarnya ada beberapa benda yang bisa digunakan sebagai pengganti tripod seperti batu, tas, atau benda diam lainya yang memiliki kestabilan sudut pandang. Namun, tripod masih lebih fleksibel untuk digunakan dalam mengatur sudut pandang pengambilan gambar. Hasilnya juga lebih bagus saat menggunakan tripod, bro.

Komposisi Foto

Tips Memotret Sunrise Saat Traveling

Selain pemandangan yang indah, jangan lupakan juga komposisi foto yang lo ambil, bro. Jepretan yang eksotik tentu saja memerlukan komposisi yang harmonis. Perhatikan aturan sepertiga, garis pemandu hingga garis diagonal agar foto hasil jepretan lo terlihat eksotik, bro.

Siluet

Tips Memotret Sunrise Saat Traveling

Cahaya matahari terbit memang seringkali mengaburkan warna-warna. Hal ini justru bisa memperkuat karakter postur tubuh lo, bro. Membuat foto siluet yang baik adalah dengan meletakkan objek utama di antara kamera dan sumber cahaya.

Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih gelap, lo bisa memanfaatkan metering cahaya di kamera. Jadi, cahaya yang diukur adalah cahaya dari belakang objek, kemudian cahaya dari depan objek akan diabaikan. Coba dan rasakan sendiri hasilnya, bro.

Gunakan Fitur HDR

Saat ini sudah banyak kamera yang menyediakan fitur HDR di dalam kamera secara langsung. Jadi, lo bisa dengan mudah mendapatkan gambar matahari pagi terbit yang lebih merata cahayanya.

Jika kamera lo belum memiliki fitur ini, gunakanlah fitur bracketing yang didapatkan dengan cara mengambil 3 foto dari posisi yang sama dengan kompensasi exposure yang dari under exposure, normal dan over exposure. Selanjutnya lo bisa menggabungkannya di komputer untuk mendapatkan hasil akhir dari gabungan ketiga foto tersebut, bro.

So, itu dia beberapa tips memotret matahari terbit yang bisa lo terapkan saat traveling. Semoga bisa menambah wawasan dan referensi lo ya, bro. Tetap semangat dan pantang menyerah!

 

Referensi : https://phinemo.com/tips-memotret-matahari-terbit-saat-traveling/
Tips Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Kristian Mustafa
Nice Info
SRI YAYA ASTUTI
abadikan setiap momenmu
Yumna Aditya Prakoso
oke min siyapp
ditra nugraha
waktunya hunting foto nih
Agung Sutrisno
Mengabadikan momen indah dengan Menikmati pemandangan matahari terbit
Agus Sungkawa
Tips yg bermanfaat
Cecep Jajang
Tips yang dapat dipahami
Shutter
nice info.