Go Skateboarding Day, Hajatan Besar Para Skater Sedunia

Hari ini tepat perayaan hari skateboarding sedunia. Go Skateboarding Day salah satu event paling berpengaruh buat anak-anak skate. Untuk memperingatinya, bisanya para skateboarder turun ke jalan-jalan protokol, kemudian bareng-bareng ngaspal di jalan-jalan protokol. Iya, Go Skateboarding Day jadi 'lebarannya' anak-anak skate.

Go Skateboarding Day, Hajatan Besar Para Skater Sedunia

Sebenarnya kegiatan yang biasa dilakukan nggak cuma berseluncur di jalan, tapi mereka kadang berkumpul di suatu tempat mengadakan kompetisi. Ada juga pertunjukkan musiknya, bahkan bisa juga melakukan kegiatan sosial semacam penggalangan dana.

Asal-usul Gerakan Go Skateboarding Day

Go Skateboarding Day, Hajatan Besar Para Skater Sedunia

Nah, Go Skateboarding Day ini tercetus pada tanggal 21 Juni tahun 2004. Bisa dibilang belum terlalu lama sih kalau tahun 2000-an. Tapi movement ini sudah masif banget. Hajatan para skateboarder sedunia merayakan.

Gerakan ini digagas oleh International Association of Skateboard Companies (IASC) untuk mempromosikan skateboarding agar bisa diterima di seluruh dunia. IASC sendiri dibentuk tahun 1995. Mereka adalah sebuah grup yang terdiri dari beberapa elemen yang ada di dunia skateboarding, dari mulai produsen, distributor, penyelenggara kontes, pemilik skatepark, dan skaters. 

Go Skateboarding Day ada juga untuk meluruskan pola pikir masyarakat yang beranggapan para skateboarders adalah kumpulan orang yang berandalan. Nah, lewat Go Skateboarding Day ini, para penggagasnya mau menepis stigma masyarakat itu, kalau skateboarding itu sebenarnya kegiatan positif kok. Dari tahun ke tahun, event ini semakin membesar. Tahun 2006, ada lebih 350 event yang digelar di 32 negara. Salut!

Di Indonesia, perayaan skateboarding sedunia ini dicetuskan oleh Happen Skateboarding tahun 2005 lalu. Setahun kemudian, Indonesia tercatat secara resmi di International Association of Skateboard Companies (IASC) sebagai salah satu negara yang ikut serta merayakan Go Skateboarding Day.

Sejarah Singkat Skateboard

Ngomongin skateboard, sebenarnya gimana sih sejarahnya permainan papan seluncur ini bisa lahir? Skateboard kali pertama muncul di California, Amerika Serikat, sebagai alternatif selancar air atau surfing. Bentuk papannya pertama kali belum sempurna dan sangat sederhana. Dibuat dari sebilah papan kayu yang dipasang roda di bawahnya dan tonggak kemudi di bagian depan, dulu bentukannya mirip dengan skuter alias otoped.

Sebelum skena ini besar, skateboard sempat terlupakan, meski cuma sebentar saja sih. Jadi skateboard pernah dianggap terlalu mudah dan kurang menantang. Pada dekade 1950, skateboard terus dilirik. Namun, ketika itu  tonggak kayu sebagai 'kemudi' papan seluncur ini dibuang. Lalu para penggagasnya membuat truck, alat yang berfungsi sebagai penopang antara roda dan papan sehingga pengguna skateboard bisa bermanuver lebih bebas. Truck turut mendorong lahirnya berbagai trik dan gaya permainan skateboard.

Masuk ke tahun 1959, perusahaan bernama Roller Derby Skateboard mengendus potensi bisnis dari permainan papan seluncur. Dan, perusahaan itulah yang pertama kali menjual skateboard ke pasaran. Dan, benar aja, animonya menggila. Tahun 1963, muncul deh serba-serbi permainan skate lewat majalan Surf Guide.

Tapi sayangnya, popularitas skateboard jeblok di tahun 1967. Salah satu faktornya yakni produk-produk skateboard kurang mengutamakan keselamatan pengguna sehingga terjadi banyak kecelakaan. 

Ketika itu, skateboard dibuat menggunakan roda yang licin sehingga nggak bisa mencengkram jalan. Gara-gara produk yang kualitasnya jelek, banyak para skater yang cidera, bahkan ada yang tutup usia karena kecelakaan saat beraksi. 

Sejak saat itu, muncul larangan main skateboard di beberapa kota di Amerika. Efeknya ke industri skateboard yang ikut-ikutan jeblok. Alhasil, orang yang mau main skateboard harus bikin papan sendiri. 

Tiga tahun kemudian, di tahun 1970, perusahaan Cadillac Wheels, mengembangkan roda skateboard berbahan dasar urethane. Skateboard pun dikampanyekan lagi sebagai permainan yang aman. Hasilnya nggak sia-sia. Skateboard membumi lagi dan bikin ramai sampai sekarang, tentunya dengan dukungan inovasi.

 

source: https://hai.grid.id/read/07885591/sejarah-go-skateboarding-day-hari-lebaran-skateboarder-dunia?page=all
https://hai.grid.id/read/071761549/3-fakta-go-skateboarding-day-selamat-hari-anak-skate-sedunia?page=all
Trending Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
ditra nugraha
keren banget nih pasti
Cecep Jajang
Ini baru keren banget
Rdh
Kereeeen
SRI YAYA ASTUTI
Go Skateboarding Day salah satu event paling berpengaruh buat anak-anak skate
Agus Sungkawa
Hajatan buat para Pencinta sketbor
agung
tq info ya
Yuniarto ( Tato )
Rame nih
dephy
Go Skateboarding Day tercetus pada 21 Juni 2004
Hilman rusdiyanto
Jossssss
arief
baru tau gw , makasih infonya