Bog Snorkeling, Olahraga Menyelam Tapi di Rawa

Siapa yang hobi banget sama aktivitas olahraga air snorkeling? Sepertinya aktivitas bawah laut yang satu ini punya banyak penggemar ya, bro. Namun, ada jenis snorkeling yang konon nggak menyelam di bawah laut melainkan di rawa, yakni Bog Snorkeling. Penasaran sama olahraga yang nggak biasa tersebut? Simak selengkapnya berikut ini!

Bog Snorkeling, Olahraga Menyelam Tapi di Rawa

Snorkeling mungkin menjadi salah satu aktivitas yang wajib dicoba kalau berlibur ke daerah lautan. Melihat keindahan alam bawah laut yang sangat menawan ditemani ragam jenis ikan selalu menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Nggak heran kalau aktivitas bawah laut ini banyak banget penggemarnya ya, bro.

Namun, ada aktivitas snorkeling yang berbeda dari umumnya, Bog Snorkeling cenderung lebih unik dan bahkan bisa dikatakan sebagai olahraga air paling aneh di dunia. Anehnya, aktivitas snorkeling bukan dilakukan di bawah laut melainkan ada di sebuah rawa. Walaupun aneh, tapi olahraga ini nyata adanya, bro!

Mengenal Bog Snorkeling

Bog Snorkeling, Olahraga Menyelam Tapi di Rawa

Image source: visitwales.com

Bog Snorkeling adalah sebuah olahraga yang dilakukan di parit atau rawa gambut yang memiliki panjang kurang lebih 60 yard atau sekitar 55 meter. Bagi peserta yang mengikuti olahraga ini diharuskan untuk memakai snorkel dan sirip untuk menyelesaikan tantangan tanpa menggunakan kemampuan berenang yang hebat. Menarik banget ya, bro?

Salah satu penilaian yang diambil dari olahraga ini adalah waktu. Semakin cepat maka semakin bagus, namun medan yang harus dilalui oleh peserta juga nggak mudah karena air yang cenderung berlumpur. Hal ini tentu aja menjadi suatu tantangan tersendiri bagi para penggemar olahraga aneh ini.

Mengenakan Kostum yang Aneh

Bog Snorkeling, Olahraga Menyelam Tapi di Rawa

Image source: visitwales.com

Selain cara snorkeling yang unik dan berbeda dari biasanya, peserta yang mengikuti olahraga ini bahkan diharuskan untuk menggunakan kostum yang unik atau lebih tepatnya aneh. Hal inilah yang membuat olahraga ini semakin menarik dan seru.

Selain kecepatan waktu, kostum yang dikenakan peserta juga menjadi salah satu penilaian yang paling utama. Semakin unik dan aneh, maka semakin bagus pula penilaian yang akan diberikan oleh juri.

Kejuaraan Dunia

Bog Snorkeling, Olahraga Menyelam Tapi di Rawa

Image source: visitwales.com

Nggak hanya menjadi olahraga biasa, Bog Snorkeling bahkan menjadi aktivitas yang memiliki kejuaraan dunianya sendiri, bro. Kejuaraan dunia ini pertama kali diadakan pada tahun 1985 yang hingga kini sudah diselenggarakan di berbagai negara seperti Australia, Irlandia, hingga Swedia.

Pada tahun 2016 lalu, kejuaraan dunia ini dimenangkan oleh Paddy Lambe dengan waktu 1 menit 19 detik. Pada saat itu durasi tersebut tercatat sebagai rekor baru dunia untuk Bog Snorkeling. Menariknya lagi, kejuaraan tersebut menjadi pertama kalinya kedua orang kakak-adik memenangkan kejuaraan nasional di tahun yang sama ketika Moira Lambe, saudara perempuan Paddy, memenangkan kejuaraan wanita.

Olahraga yang unik dan aneh ini tentu bisa memberikan pengalaman berbeda terlebih bagi orang-orang yang menyukai olahraga air snorkeling. Memang nggak ada salahnya buat mencoba dan merasakan langsung sensasi berenang di parit yang panjang. Siapa tau nanti lo bisa mencetak rekor baru. Tertarik untuk mencoba, bro?

 

Source: travelingyuk.com
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
Cecep Jajang
Kalau di Indonesia ada pasti seru abis
Agung Sutrisno
Ada Bermacam jenis olahraga Snorkling, salah satunya menyelam di rawa
Yuniarto ( Tato )
seru dan Mantap nih
dephy
Cari rawa yang airnya jernih
SRI YAYA ASTUTI
Snorkeling mungkin menjadi salah satu aktivitas yang wajib dicoba kalau berlibur ke daerah lautan. Melihat keindahan alam bawah laut yang sangat menawan ditemani ragam jenis ikan selalu menjadi salah satu daya tarik wisatawan
agung
tq info ya
nugraha
bisa kena lintah tuh
Kristian Mustafa
keren juga lombanya.
Adam Gilang Fadhillah
Ngeri coy
Agus Sungkawa
aktivitas snorkeling bikin seru