Fenomena Dusun Karang Kenek, yang Jumlah Penduduknya Nggak Pernah Nambah

Jika ada keluarga baru yang muncul di desa ini, maka ada saja hal-hal aneh yang terjadi, sehingga membuat jumlahnya tetap 26. Zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, sangat sulit rasanya untuk percaya pada fenomena ganjil yang terjadi di Dusun Karang Kenek. Namun, itulah fakta sebenarnya yang terjadi di desa kecil tersebut. Berikut ulasan selengkapnya.

Fenomena Dusun Karang Kenek, yang Jumlah Penduduknya Nggak Pernah Nambah

Nusantara memang nggak hanya dikenal karena budaya dan alamnya saja, tapi juga karena cerita-cerita misterinya, bro. Berbicara tentang misteri, kebudayaan di sejumlah wilayah Indonesia memang punya banyak hal unik nan misterius yang mungkin belum benar-benar bisa dipecahkan. Misalnya soal manusia pendek, fenomena Masalembo, dan sebuah desa bernama Karang Kenek ini. Tentang desa Karang Kenek, lo mungkin tak akan percaya dengan apa yang terjadi di daerah tersebut.

Yang paling misterius soal desa ini adalah jumlah penduduknya, bro. Percaya nggak, kalau sejak zaman dahulu dusun ini nggak pernah nambah jumlah kepala keluarga (KK). Selalu berjumlah 26 dari tahun ke tahun, bro.

Padahal, jika bicara logika, hal tersebut sangat mustahil terjadi. Pasti biasanya, seiring berjalanya waktu jumlah manusia di suatu tempat akan bertambah dan otomatis akan tumbuh keluarga-keluarga baru. Tapi, faktanya di desa ini hal biasa itu nggak terjadi, bro. Berikut ini beberapa fakta unik seputar Dusun Karang Kenek yang sangat menarik.

Hanya Ada 26 Kepala Keluarga

Fenomena Dusun Karang Kenek, yang Jumlah Penduduknya Nggak Pernah Nambah

Image source: ggwp.id

Pada umumnya sebuah daerah selalu berkembang dari tahun ke tahun, khususnya di sektor jumlah penduduk. Hukumnya memang otomatis begitu kan, bro? Dalam kurun waktu tertentu tentu saja bakal muncul keluarga-keluarga baru dari setiap perkawinan penduduknya. Namun, hal semacam ini nggak berlaku di desa bernama Karang Kenek ini.

Desa yang terletak di Kabupaten Situbondo ini selalu memiliki jumlah keluarga yang sama dalam waktu yang begitu lama. Jumlahnya sendiri selalu 26, nggak kurang dan lebih. Bukti jika desa ini selalu memiliki jumlah yang sama adalah sensus dari tahun ke tahun yang angkanya tidak pernah berubah. Unik banget kan, bro?

Hal yang Terjadi Kalau Ada Penambahan Jumlah KK

Fenomena Dusun Karang Kenek, yang Jumlah Penduduknya Nggak Pernah Nambah

Image source: ggwp.id

Angka 26 tampaknya seperti jumlah pasti yang nggak bisa diubah begitu saja. Mau ditambah atau dikurangi, pasti ujung-ujungnya bakal kembali ke angka 26. Begitulah perumpamaan soal jumlah keluarga di desa Karang Kenek ini. Hal tersebut seringkali dicoba memang dan hasilnya selalu saja jumlah KK di sana nggak berubah, bro.

Setiap kali ada warga yang berusaha membentuk keluarga baru, ada saja hal aneh yang terjadi. Entah ada satu keluarga yang pindah, atau bahkan sampai ada yang meninggal. Intinya, ketika berupaya menambah jumlah keluarga pasti ada saja jalan untuk kembali ke jumlah 26 tadi, bro. Begitupun ketika satu keluarga pergi meninggalkan desa ini, pasti nggak lama setelahnya akan datang yang menggantikan.

Penduduk Mengatakan Ini adalah Kutukan

Fenomena Dusun Karang Kenek, yang Jumlah Penduduknya Nggak Pernah Nambah

Image source: ggwp.id

Fenomena tersebut tentu saja nggak hanya mengejutkan orang dari luar desa Karang Kenek, tapi juga penduduk asli desa itu sendiri, bro. Mereka bertanya-tanya sejak awal kenapa hal ini bisa terjadi. Jika lo mau tahu juga kenapa fenomena unik itu muncul, jawabannya disebut-sebut karena kutukan, bro.

Menurut para sesepuh desa Karang Kenek, jumlah KK yang selalu 26 ini memang karena sebuah kutukan. Konon, hal tersebut disebabkan oleh para pendahulu desa yang diceritakan marah besar saat tahu anaknya nggak mau tinggal di sini, bro. Dari kemarahan itulah kemudian muncul kutukan tersebut.

Warga Desa Karang Kenek Hidup Bahagia

Fenomena Dusun Karang Kenek, yang Jumlah Penduduknya Nggak Pernah Nambah

Image source: ggwp.id

Tinggal di tempat yang konon dikutuk mungkin bagi beberapa orang adalah sebuah nasib sial. Tapi, bagi warga desa Karang Kenek, hal tersebut justru semacam berkah tersendiri. Mereka memang nggak bakal bisa menambah keluarga baru, tapi tinggal di desa ini membawa kebahagiaan tersendiri bagi warganya, bro.

Kebanyakan penduduk desa Karang Kenek bisa menghidupi diri keluarganya sendiri meskipun hidup dengan sederhana. Mereka memang menyadari ada sesuatu yang dikurangkan, tapi di sisi lain penduduk juga merasa dilebihkan. Hal inilah yang selalu di syukuri warga desa Karang Kenek agar bisa hidup dengan rasa bahagia.

So, itu dia beberapa fakta unik seputar Dusun Karang Kenek yang sangat menarik. Semoga rasa bersyukur warga desa Karang Kenek bisa dijadikan contoh dan menginspirasi. Namun jangan lupakan semangat pantang menyerah dan terus berusaha, bro!

 

Referensi : https://www.boombastis.com/dusun-karang-kenek/79482
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Ko bisa ya
nugraha
wah ajaib nih desa,
arief
kok bisa yaahhh, makasih infonya
wildan
makasih infonya
Cecep Jajang
Jadi teringat kampung halaman,asli
Agus Sungkawa
Ragam etnik budaya nusantara
Heni Oen
unik juga
Agung Sutrisno
Banyak sejumlah daerah di Indonesia yang penuh dengan misteri
Heni Oen
Bagus ini cara menekan jumlah penduduk
Dede Sandi Rahmat
Aneh banget, kok bisa gitu ya?