Terapi Pisau di Taiwan yang Bikin Deg-degan, Berani Coba Bro?

Dipijat langsung oleh tangan sang ahlinya tentu bertujuan untuk mengurangi rasa sakit dan pegal di tubuh ya, bro. Namun hal tersebut pastinya sudah biasa. Bagaimana jika lo merasakan dipijat menggunakan pisau? Tentu ini nggak biasa dong, bro. Tapi terapi pijat ini ada loh di Taiwan!

Terapi Pisau di Taiwan yang Bikin Deg-degan, Berani Coba Bro?

Alih-alih menggunakan alat bantu seperti kursi pijat, pijat di Taiwan ini malah menggunakan pisau berukuran besar seperti yang biasa digunakan untuk memotong daging, bro. Terapi unik yang bikin deg-degan ini dinamakan pijat Daoliao.

Dilansir BBC, secara harfiah Daoliao diterjemahkan sebagai terapi pisau atau pijatan pisau. Terapi Daoliao ini diyakini memiliki kekuatan untuk menyembuhkan fisik dan mental.

Sudah Ada Lebih dari 2.000 Tahun

Terapi Pisau di Taiwan yang Bikin Deg-degan, Berani Coba Bro?

Terapi Daoliao merupakan bentuk pengobatan Tiongkok yang diperkirakan sudah berusia lebih dari 2 ribu tahun. Praktisi mengatakan bahwa terapi ini pertama kali dilakukan oleh biksu-biksu di Tiongkok Kuno.

Terapi pijat ini lalu menyebar ke Jepang pada zaman Dinasti Tang lebih dari 1000 tahun lalu. Dan kemudia menyebar pula ke Taiwan setelah Perang Saudara China pada 1940-an. Di masa kini, Daoliao sulit ditemukan di China dan Jepang, namun menariknya terapi ini justru laris manis beberapa tahun terakhir di Taiwan, bro.

Menyembuhkan Penyakit Fisik dan Mental

Terapi Pisau di Taiwan yang Bikin Deg-degan, Berani Coba Bro?

Terapi Daoliao ini kebanyakan dicari orang untuk meringankan penyakit fisik, meningkatkan kualitas tidur, dan mengatasi rasa sakit hati karena merasa terbuang. Wah, keren banget ya, bro?

Pisau yang digunakan untuk memijat menargetkan pintu ‘qi’, hampir mirip dengan pengobatan akupuntur. Bedanya, para praktisi China meyakini bahwa pisau baja punya kekuatan lebih yang nggak terlihat.

Dalam terapinya, pasien yang akan dipijat bakal disuruh tidur terlentang atau duduk. Sementara itu, bagian yang akan dipijat ditutupi dengan handuk. Handuk kecil untuk kepala dan handuk besar untuk bagian badan.

Terapis akan menggunakan tangannya untuk memijat tubuh pasien seperti pada umumnya. Setelah itu, pemijat akan menggunakan mata pisau yang tajam untuk memukul tubuh pasien dari kepala hingga kaki. Teknik pijat pisau itu biasanya dilakukan selama 70 menit.

Meski tampak menyeramkan dan berbahaya, kenyataannya dipijat Daoliao terbukti aman kok, bro. Meskipun para pasien awalnya ketakutan, tapi lama kelamaan mereka akan rileks dan bahkan sampai tertidur karena pijatan pisau tersebut.

Ada Sekolah Khusus untuk Terapis

Terapi Pisau di Taiwan yang Bikin Deg-degan, Berani Coba Bro?

Saking banyaknya penggemar terapi pijat dengan pisau, Taiwan sampai memiliki sebuah sekolah khusus untuk terapis Daoliao. Sekolah ini bernama Pusat Pendidikan Seni Kuno Pijat Pisau Dao Liao I-Jing.

Direktur Pusat Seni Kuno Pijat Pisau Pusat Pendidikan Dao Liao I-Jing, Hsiao Mei-fang mengatakan sekolah tersebut telah meluluskan ribuan terapis.

Menjadi seorang terapis Daoliao pun nggak sembarangan asal bisa memijat. Mereka punya aturan tertentu untuk diikuti. Misalnya aja seperti nggak boleh memijat ketika sedang berada dalam suasana hati yang buruk.

Memijat dalam suasana hati yang nggak baik akan mentransfer energy buruk pada klien. Lagi pula, memegang dua pisau tajam saat mood hati nggak baik tentu saja bukan ide yang bagus ya, bro.

Terapis Daoliao juga mesti menjaga energi mereka agar tetap murni. Untuk itu, mereka menjalankan diet vegan. Sebelum dipijat, terapis dan pasien juga mesti melakukan squat sambil memegang tongkat selama 10 menit dan meregangkan tubuh. Tongkat kayu yang dijuluki sebagai tongkat kosmos itu berguna untuk menyeimbangkan qi dalam tubuh.

Walaupun agak mengerikan tapi kalau manfaat terapi pijat pisau memang sebanyak itu, apakah lo berani cobain, bro?

 

Source: kumparan.com
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
LegendaryAhsan
ngeri ah
Yuniarto ( Tato )
ada ada Sajaaa
nugraha
ga takut keiris apa tu
Agus Sungkawa
Waw...ngeri juga nih
Cecep Jajang
Ngeri kalau tembus pisau ny
Ery firman hidayat
Klo aku mendingan pijat di Indonesia lebih karena yg bikin pengen lagi itu kerokannya lebih enteng wkwkw
Heni Oen
Ngeri juga ya