Bikin Kagum! Ini Desa-desa Unik yang Cuma Bisa Dilihat di Indonesia

Kekayaan Indonesia bukan cuma dari sumber daya alamnya saja. Bicara budaya, Tanah Air kita melimpah banget. Setiap daerah pasti memiliki tradisi yang sampai sekarang masih berjalan.

Bikin Kagum! Ini Desa-desa Unik yang Cuma Bisa Dilihat di Indonesia

Kekhasan itulah yang bikin Indonesia jadi sorotan dunia. Turis mancanegara jatuh cinta dengan keanekaragaman budaya di Indonesia yang mengakar. Unik banget.

Saking banyaknya kebudayaan di negeri kita, badan PBB, UNESCO sampai mengatakan kalau Indonesia merupakan negara super power di bidang budaya. Nah, yang menyampaikan itu dulu Pak Muhadjir Effendy waktu masih menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Nah, berikut beberapa desa-desa unik yang cuma bisa dilihat di Indonesia. Simak ulasannya ya, bro.

Desa Wae Rebo yang Punya Sebutan Kampung di Atas Awan

Bikin Kagum! Ini Desa-desa Unik yang Cuma Bisa Dilihat di Indonesia

Selain kaya akan budaya, Indonesia juga mempunyai desa-desa yang nggak kalah menarik. Karena keunikannya salah satu desa di NTT masuk warisan Budaya Dunia UNESCO Namanya Kampung Ada Wae Rebo di Manggarai, NTT.

Sudah tahu semua dong soal desa ini. Kampung Wae Rebo dinyatakan UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia pada Agustus 2012 dengan menyisihkan 42 negara lainnya.

Letaknya berada di ketinggian 1.200 M di atas permukaan laut dan terdapat 7 rumah utama yang disebut 'Mbaru Niang'. Karena posisinya di ketinggian, makanya desa ini memiliki sebutan kampung di atas awan.

Desa Siompu Bermata Biru di Sulawesi Tenggara

Bikin Kagum! Ini Desa-desa Unik yang Cuma Bisa Dilihat di Indonesia

Image source: lokadata.id

Sedikit banget lho orang Indonesia yang memiliki mata berwarna biru. Kebanyakan, orang kita itu matanya berwarna coklat. Tapi ternyata, ada lho di Desa Siompu, Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, yang warganya kebanyakan memiliki iris mata warna berwarna biru. Kok bisa ya?

Singkat cerita asal usulnya adalah pada awal abad 16, banyak terjadi perkawinan silang antara pasukan portugis. Jadinya keturunan mereka banyak yang bermata biru. Kalaupun matanya tidak biru, tapi rambutnya pirang.

Desa Aeng Tong Tong yang Jadi Pembuat Keris Terbesar

Bikin Kagum! Ini Desa-desa Unik yang Cuma Bisa Dilihat di Indonesia

Image source: merahputih.com

Desa Aeng Tong Tong, Madura adalah desa yang menjadi rumah bagi perajin keris. Desa Aeng Tong-tong satu-satunya desa di Sumenep, bahkan di Indonesia yang hampir 100 persen warganya adalah perajin keris.

Nenek moyang mereka yang mewariskan keahlian membuat keris secara turun-temurun. Konon, kebutuhan persenjataan Kerajaan Sumenep memang diproduksi di desa ini. Menarik ya, bro!

Desa Bengkala dengan Komunikasi Pakai Bahasa Isyarat

Bikin Kagum! Ini Desa-desa Unik yang Cuma Bisa Dilihat di Indonesia

Image source: boombastis.com

Desa Bengkala di Bali memiliki keunikan sendiri karena kesehariannya para warga berkomunikasi dengan bahasa tubuh atau isyarat yang disebut dengan Kata Kolok. Dalam bahasa lokal, kolok itu artinya tuli. Jadi Kata Kolok bahasa yang digunakan orang tuli di Bengkala sebagai alat komunikasi.

Terdapat puluhan warga yang tergolong tunarungu dan tunawicara tinggal di desa ini. Mereka menetap di Bengkala dari generasi ke generasi. Itulah mengapa bahasa isyarat menjadi bahasa yang banyak digunakan di sana.

Meskipun punya kekurangan, tapi hidup di desa Bengkala sama sekali tak berbeda dari tempat lain. Bengkala disebut menjadi tempat terbaik untuk hidup dan berkembang bagi mereka yang tuli.

 

source: https://www.boombastis.com/desa-unik-indonesia/78966
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

16 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
LegendaryAhsan
Local Pride
Yuniarto ( Tato )
wahhhh unikkkk jugaaaa
dephy
aset dan budaya indonesia
arief
luar biasa bineka tunggal ika
wildan
keanekaragaman bangsa kita tq infonya
Cecep Jajang
Sakit, sungguh luar biasa
Umar
thank you...
Heni Oen
indonesia memang unique
nugraha
mantap indonesia punya