Mobil Listrik Sudah Mengaspal, Menurut Lo Mana yang Terbaik?

Dunia otomotif lagi kebut-kebutannya menciptakan mobil listrik. Perkembangan zaman yang semakin modern membuat kendaraan-kendaraan manusia tak lagi mengandalkan bahan bakar. Kendaraan masa depan, ya mobil listrik. Begitu katanya.

Mobil Listrik Sudah Mengaspal, Menurut Lo Mana yang Terbaik?

Tapi memang negara-negara di luar sana sudah mulai ramai penggunaan mobil listrik. Di Jepang misalnya. Ketika memasuki mobil bertenaga listrik, memang nuansanya beda banget. Bisa dibilang senyap, nyaris tanpa suara mesin dan minim getaran di kursi penumpang. 

Di Indonesia sendiri sudah ada lho mobil listrik yang sudah mengaspal. Yuk lihat dulu, mobil listrik mana sih yang terbaik.

Nissan Leaf

Mobil Listrik Sudah Mengaspal, Menurut Lo Mana yang Terbaik?

Image source: autocar.co.uk

Nissan Leaf sudah terjual lebih dari 430.000 unit di seluruh dunia. Mobil ini mampu menempuh jarak 400 km dalam keadaan baterai penuh. Jarak tempuh jauh itu bisa diraih berkat penggunaan e-powertrain EM57, dengan baterai lithium-ion 40 kWh.

LEAF punya tiga fitur andalan yaitu ProPilot, Propilot Park, dan e-pedal. e-pedal ini merupakan fitur yang memungkinkan si pengendara untuk menggunakan satu pedal.

Jadi si pengemudi nggak harus menginjak pedal rem untuk melakukan pengereman. Karena mobil bisa melakukan pengereman secara otomatis saat pedal gas mulai dilepas. Wah, canggih ya!

DFSK Gelora E

Mobil Listrik Sudah Mengaspal, Menurut Lo Mana yang Terbaik?

Image source: gridoto.com

Desain mobil ini beda dari rancangan mobil-mobil listrik kebanyakan yang memperlihatkan bentuk bodi yang cantik. Iya, ini mobil listrik Gelora E dari DFSK.

Produsen asal China ini membekali mobil ini dengan motor listrik yang menawarkan daya maksimal sebesar 60 kWh atau sekitar 80 HP/9.000 rpm. Desain bodi tahan benturan yang kokoh, ditambah dengan sistem ABS dan EBD memastikan keselamatan berkendara pengemudi dan penumpang sehingga dapat menikmati perjalanan tanpa rasa khawatir.

Hyundai Ioniq

Mobil Listrik Sudah Mengaspal, Menurut Lo Mana yang Terbaik?

Image source: caranddriver.com

Hyundai Ioniq sudah bisa dipesan masyarakat umum dengan kisaran harga Rp 569 juta off the road. Ioniq merupakan mobil listrik yang mengadopsi baterai lithium-ion polymer berdaya 38,3 kW. Baterai itu dipadukan dengan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga setara 134 dk dan torsi 298 Nm.

Untuk urusan fitur, mobil ini dilengkapi layar 10,25 inci dan audio premium Harman Kardon. Fitur keselamatan yang tertanam mulai dari mendeteksi pejalan kaki, blind spot, menghindari tabrakan, hingga bantuan mengemudi di jalan tol.

Tesla Model 3

Mobil Listrik Sudah Mengaspal, Menurut Lo Mana yang Terbaik?

Image source: caranddriver.com

Sebanyak 11.095 unit kendaraan sedan listrik Tesla Model 3 yang diproduksi di pabrik Shanghai, China, laris manis. Mobil listrik ini ditawarkan dalam tiga varian, yakni Standar, Long Range, dan Performance.

Sisi performanya, mobil ini mengandalkan dua motor elektrik, yang mampu melaju dari 0 ke 100 kpj dalam 3,7 detik. Performa itu disuplai energi oleh lithium-ion 75 kWh yang ditempatkan di lantai mobil.   Sementara varian long range dan standar, catatan waktunya adalah 4,4 detik dan 5,3 detik.

BMW i3s

Mobil Listrik Sudah Mengaspal, Menurut Lo Mana yang Terbaik?

Image source: autocar.co.uk

Secara resmi, BMW i3s merupakan salah satu mobil listrik yang sudah dijual ke konsumen di Indonesia. BMW i3s dibanderol mulai Rp 1,299 miliar, Dapur pacu mobil ini memiliki akselerasi dari keadaan diam hingga 100 kilometer per jam hanya dalam waktu 6,9 detik. Mobil yang memiliki dimensi cukup mungil ini hadir dengan motor listrik bertenaga 184 tk dengan torsi 270Nm.

Mobil listrik mungil ini juga diklaim mampu menjelajah hingga 280 km dari posisi baterai penuh. Kabinnya sanggup menampung 4 orang, termasuk pengemudi. Untuk mobil dalam kota, cocok sih buat keluarga kecil.

 

Source: https://review.bukalapak.com/auto/mobil-listrik-di-indonesia-111772
In Depth Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
Yuniarto ( Tato )
BMW i3s bagus
Kristian Mustafa
Tesla is the best
Adam Gilang Fadhillah
Di garasi ainq
nugraha
buatan indonesia bakal yg terbaik
nugraha
ramah lingkungan
Agus Sungkawa
Dunia teknologi yg semakin canggih
Cecep Jajang
Wiiihhh mantep, pasti mahal
Rdh
Kereeeeen
Bahar
Nice info