Pulau Eksotis di Indonesia yang Punya Nama Unik dari Hewan

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak pulau yang dikenal sangat eksotis serta menawan. Nggak heran kalau pulau-pulau tersebut jadi tujuan menarik untuk liburan. Di luar dari pemandangan indahnya, beberapa pulau di Indonesia juga punya nama unik dari nama-nama hewan, bro. Pulau mana aja? Simak ulasan lengkapnya!

Pulau Eksotis di Indonesia yang Punya Nama Unik dari Hewan

Pulau-pulau eksotis yang menawan di Indonesia juga selalu menjadi favorit para wisatawan. Dengan pesona alam yang memikat, nggak heran kalau banyak yang mendatangi pulau-pulau tersebut. Di luar dari keindahan tersebut, sadar nggak sih bro, kalau banyak pulau di Indonesia yang punya nama unik?

Banyak di antaranya bahkan mengambil nama dari binatang Indonesia. Sudah tau pulau apa aja itu? Berikut ini di antaranya, bro!

Pulau Komodo, NTT

Pulau Eksotis di Indonesia yang Punya Nama Unik dari Hewan

Tentu nama Pulau Komodo ini sudah nggak asing lagi buat masyarakat Indonesia. Apalagi semenjak Labuan Bajo ditetapkan sebagai Destinasi Wisata Super Prioritas oleh Kemenparekraf.

Sesuai dengan namanya, Pulau Komodo di NTT ini dihuni oleh hewan purba atau Varanus komodoensis atau yang dalam bahasa lokal dikenal sebagai ora. Nama komodo bukan hanya disematkan dalam pulau aja, tapi juga jadi nama taman nasional.

Taman Nasional Komodo didirikan pada 1980 dan sudah terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Taman nasional ini terdiri dari tiga pulau besar, Rinca, Komodo, dan Padar, serta pulau-pulau kecil lain di sekitarnya.

Pulau Kucing, Maluku Utara

Pulau Eksotis di Indonesia yang Punya Nama Unik dari Hewan

Image source: travel.kompas.com

Nggak hanya Jepang aja yang punya Pulau Kucing, bro, tapi Indonesia juga. Pulau Kucing di Kepulauan Sula, Maluku Utara ini misalnya.

Pulau ini dulunya digunakan sebagai tempat pembuangan kucing liar dari Pulau Sulawesi. Ada sekitar 20 kucing yang tersebar di Pulau Sula. Kucing-kucing di Pulau Sula diurus dan diberi makan oleh pemerintah setempat.

Kini, Pulau Kucing bukan hanya jadi sekadar ‘penampungan akhir’ bagi hewan menggemaskan itu, tapi juga menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Pulau Burung, Belitung

Pulau Eksotis di Indonesia yang Punya Nama Unik dari Hewan

Image source: tripadvisor.co.id

Pulau Burung atau yang dikenal pula sebagai Pulau Burong merupakan salah satu tempat wisata yang menarik dan wajib dikunjungi ketika lo berada di Belitung, bro.

Di Pulau Burung, lo bisa melihat bebatuan granit yang besar dan tinggi menjulang. Ketinggiannya bahkan bisa disamakan dengan bangunan tiga lantai.

Menariknya, batuan granit di Pulau Burung ini memiliki bentuk yang unik. Masyarakat setempat meyakini bahwa batuan granit itu mirip dengan kepala burung. Hal itu juga yang menjadikan pulau tersebut diberi nama Pulau Burung.

Pulau Ular, NTB

Pulau Eksotis di Indonesia yang Punya Nama Unik dari Hewan

Image source: ksmtour.com

Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang biasanya dikenal karena Lombok dan tiga gilinya yang populer, ternyata juga masih punya banyak surga wisata yang bisa disambangi, bro.

Salah satunya yang unik di NTB adalah Pulau Ular yang berlokasi di Desa Pai, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima. Pulau tersebut berupa batu karang yang memiliki luas hanya sekitar 800 meter persegi dan jaraknya hanya 500 meter aja dari bibir pantai di Desa Pai.

Seperti namanya, kawasan ini dihuni banyak ular. Ular yang menghuni pulau tersebut merupakan ular laut jenis Laticauda colubrine yang sangat berbisa. Konon, ular-ular penghuni pulau ini adalah jelmaan manusia, bro!

Pulau Tikus, Bengkulu

Pulau Eksotis di Indonesia yang Punya Nama Unik dari Hewan

Image source: visitbengkulu.co.id

Walau namanya Pulau Tikus, namun pulau ini nggak dihuni oleh banyak tikus ya, bro. Pulau itu diberi nama Pulau Tikus, karena bentuknya yang memang kecil. Pemandangan yang disajikan oleh Pulau Tikus ini justru sangat mengagumkan.

Luas pulaunya sendiri bahkan nggak sampai 1 hektar dan didominasi batu karang. Lokasinya yang hanya 40 menit dari Kota Bengkulu ini membuat Pulau Tikus banyak digemari wisatawan. Ombak di sekitar Pulau Tikus juga cenderung aman karena nggak terlalu tinggi.

Pengunjung juga bebas berenang serta berinteraksi dengan biota laut di dalamnya. Ragam terumbu karang yang bernaung di Pulau Tikus membuat kawasan ini dihuni oleh banyak ikan dalam berbagai jenis, ukuran, serta warna.

Beberapa pulau unik dengan nama-nama hewan tersebut bisa juga nih dijadikan pilihan buat liburan di masa new normal, kalau memang sudah beroperasi. Mau berkunjung ke pulau yang mana dulu nih, bro?

 

Source: kumparan.com
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

16 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
arief
kereenn biasanya nama2 binatang itu identing dengan awal mula cerita yg ada di pulo tersebut
wildan
kereen makasih infonya
Yuniarto ( Tato )
Unik juga ya
Yumna Aditya Prakoso
bener gan
Shutter
thank you...
dephy
semoga bisa ke sana
Cecep Jajang
Indonesia memang jago nya
Ldr_Lstyd
Keren slur
Agus Sungkawa
Pulau komodo yang sya tahu awalnya.