Kebiasan Buruk yang Bikin Mesin Mobil Lo Rusak

Berlibur menggunakan mobil memang menawarkan sejumlah kemudahan dari berbagai aspek. Mulai dari keleluasaan waktu, fleksibilitas tujuan yang bisa disesuaikan hingga hemat anggaran transportasi. Tapi, mobil kesayangan juga harus dirawat bro, agar bisa mulus melaju saat dipakai berlibur bersama keluarga ataupun teman-teman.

Kebiasan Buruk yang Bikin Mesin Mobil Lo Rusak

Para wisatawan yang terbiasa menggunakan mobil pasti menginginkan kendaraannya tetap dalam kondisi terbaik. Terlebih, kendaraan tersebut sudah menyimpan banyak cerita dari sejumlah perjalanan wisata yang telah dilaluinya. Namun masalahnya, sebagian orang tidak sadar kerap melakukan beberapa kebiasaan buruk yang justru bisa merusak mesin mobil, bro.

Usia mobil memang turut mempengaruhi performa mobil. Tapi, kebiasaan buruk saat memakai mobil juga turut mempengaruhi kondisi mesin mobil lho, bro. Hindari beberapa kebiasaan buruk berikut ini, agar mobil lo tetap bisa meluncur menemani waktu liburan lo.

Mengendarai Mobil Asal-asalan

Kebiasan Buruk yang Bikin Mesin Mobil Lo Rusak

Tanpa sadar, kebiasaan buruk saat mengendarai mobil ternyata bisa berdampak pada kondisi mobil lho, bro. Kebiasaan buruk seperti memindahkan gigi dengan perpindahan yang kasar atau lupa menginjak pedal kopling untuk memindahkan gigi bagi mobil bertransmisi manual tentu saja bisa merusak sparepart mobil dalam jangka waktu tertentu. Namun, jika lo sudah menghilangkan kebiasaan buruk tersebut dan melakukannya dengan lebih tepat, mobil pun bisa jadi lebih awet, bro.

Kebiasaan lain yang membuat mesin mobil cepat rusak adalah sering mengerem secara mendadak. Hal ini mungkin biasa lo alami ketika tengah berkendara dalam kecepatan tinggi di jalan raya atau jalan tol. Hindari kebiasaan ini untuk menjaga rem agar tidak cepat aus, bro. Lo juga harus mengubah kebiasaan menginjak pedal gas terlalu dalam jika tidak ingin mobil lo cepat rusak. Selain berpengaruh pada kondisi mobil, melakukan kebiasaan ini juga bisa menguras bahan bakar lebih banyak, bro.

Menahan Kopling Saat Macet

Kebiasan Buruk yang Bikin Mesin Mobil Lo Rusak

Jika lo memiliki mobil manual, kurangi menahan pedal kopling saat macet atau dalam jangka waktu yang cukup lama, bro. Beberapa orang menganggap hal tersebut lebih praktis, dibanding harus memindahkan gigi ke posisi netral.

Namun, melakukan kebiasaan tersebut ternyata bisa membuat kampas kopling mobil lo cepat habis, bro. Yup, kebiasaan tersebut harus segera lo tinggalkan agar performa mobil lo tetap terjaga dan tidak cepat mengalami kerusakan, bro.

Jalan Menurun dengan Gigi Netral

Kebiasan Buruk yang Bikin Mesin Mobil Lo Rusak

Kurangi kebiasaan mengganti gigi ke posisi netral ketika lo tengah melewati jalanan menurun, bro! Mobil memang lo bisa melaju dengan lebih cepat dan ringan dalam kondisi seperti ini. Namun, kebiasaan tersebut juga sangat berpotensi membuat lo melakukan pengereman mendadak, bro.

Ketika mobil melaju dalam kecepatan tinggi, otomatis lo akan sangat sulit mengontrolnya. Memasukkan gigi pun akan terasa sulit, bahkan bisa menyebabkan ban mobil slip dan hilang kendali. Jadi, segera hilangkan kebiasaan ini ya, bro.

Saat mobil melaju di jalanan menurun, sebaiknya pindahkan gigi ke posisi L/D untuk transmisi otomatis dan gigi tiga pada mobil bertransmisi manual. Hal ini akan membantu lo lebih mudah mengontrol laju kendaraan dan mengurangi resiko kecelakaan, bro.

Starter Mobil Terburu-buru

Hampir seluruh mobil saat ini sudah menerapkan sistem bahan bakar injeksi untuk mesin dan dilengkapi dengan adanya Malfunction Indicator Lamp (MIL) atau Check Engine indikator di panel dashboard. Sebaiknya, tunggu sekitar 3-4 detik ketika kunci kontak pada posisi “ON” sebelum menstarter mobil.

Saat kunci kontak pada posisi “ON”, Check Engine indikator akan menyala beberapa saat hingga kemudian mati jika tidak ada masalah pada mobil. Menunggu indikator mati sebelum menstarter mobil memberi waktu pada sistem injeksi mobil untuk menerima data dari seluruh komponen mesin dan juga kondisi lingkungan saat mobil dinyalakan, bro.

 

Referensi : https://otospector.co.id/8-kebiasaan-yang-membuat-mobil-cepat-rusak/
Tips Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
Yumna Aditya Prakoso
bener gan
nugraha
makasih infonmya
Yuniarto ( Tato )
wajib tau nihhhh
Agus Sungkawa
Jangan di tiru deh heheh
Cecep Jajang
Wah jangan dijadikan kebiasaan buruk
Rdh
Nice info
Agung Sutrisno
Kebiasaan buruk saat memakai mobil juga turut mempengaruhi kondisi mesin mobil oleh karena itu perlu selalu dirawat dan pakailah mobil dengan semestinya