Bikini Atoll, Pulau Kecil di Balik Serial Kartun Spongebob

Birunya langit dan laut terpisahkan oleh pulau kecil dengan tiga pohon kelapa di atasnya. Pemandangan inilah yang selalu disajikan pada awal kebanyakan episode di kartun serial Spongebob Squarepants. Ternyata pulau mungil di awal kartun tersebut terinspirasi dari pulau sungguhan di dunia nyata lho, bro.

Bikini Atoll, Pulau Kecil di Balik Serial Kartun Spongebob

Siapa yang nggak kenal dengan serial kartun SpongeBob Squarepants? Kartun serial Nickelodeon ini memang sangat berhasil mengambil hati kebanyakan masyarakat Indonesia. Sejak pertama ditayangkan pada tahun 1999, serial kartun ini langsung berhasil menggaet hati penggemar dan langsung menduduki peringkat teratas animasi favorit banyak kalangan di Indonesia.

Ternyata, kisah SpongeBob bersama para warga di Bikini Bottom ini menyimpan kisah pilu yang sangat teramat kelam lho, bro. Karakter SpongeBob yang diciptakan oleh Stephen Hillenburg, konon merupakan seorang sarjana biologi kelautan. Banyak yang berpendapat, bahwa kisah SpongeBob dan warga di Bikini Bottom terinspirasi oleh Bikini Atoll, bagian dari Marshall Islands di Samudera Pasifik yang dahulu menjadi tempat uji coba bom nuklir pada masa perang dingin, bro.

Sang kreator, Stephen Hillenburg, memang tidak pernah sekalipun menyebutkan hal ini secara langsung. Namun, dari berbagai petunjuk yang ditayangkan dalam serial kartun SpongeBob, sepertinya asumsi masyarakat tersebut memang benar terjadi. Berikut ini beberapa informasi terkait Bikini Atoll di Marshall Island.

Letak Geografis Bikini Atoll

Bikini Atoll, Pulau Kecil di Balik Serial Kartun Spongebob

Image source: bikiniatoll.info

Bikini Atoll merupakan sebuah kawasan di wilayah Mikronesia yang masih masuk dalam bagian Kepulauan Marshall di Samudera Pasifik. Letak geografisnya berada di tengah-tengah antara Hawaii dan Papua Nugini, bro.

Seperti pulau lain di Mikronesia, kepulauan ini terbentuk dari letusan gunung berapi di dasar laut jutaan tahun lalu. Setelah gunung berapi tenggelam, karang-karang tumbuh dan membentuk laguna yang dikelilingi cincin pulau yang dikenal dengan sebutan atol, Bikini Atoll salah satunya.

Sejarah Pilu Bikini Atoll

Bikini Atoll, Pulau Kecil di Balik Serial Kartun Spongebob

Image source: bikiniatoll.info

Sekitar 2000 tahun lalu, sekelompok manusia bermigrasi ke Bikini Atoll dengan sampan untuk mencari tempat tinggal baru yang layak dan lebih baik dari sebelumnya. Hingga akhirnya kemudian, mereka akhirnya menetap dan beranak-pinak dan menjadi penduduk asli pulau tersebut, bro.

Pada abad ke-16, banyak pendatang dari luar berdatangan ke Bikini Atoll. Tahun 1788, Kapten Inggris yang bernama John Marshall tiba dan menamai kepulauan ini dengan namanya sendiri. Pada 1952 seorang penjelajah Spanyol berhasil mencapai kepulauan ini.

Tempat Uji Coba Bom Nuklir

Bikini Atoll, Pulau Kecil di Balik Serial Kartun Spongebob

Image source: bikiniatoll.info

Selama Perang Dunia I (1914-1918), Kepulauan Marshall berada di bawah kekuasaan Jepang yang sebelumnya menjadi koloni Jerman. Di Bikini Atoll Jepang membangun stasiun cuaca dan membangun pangkalan militer besar di Kwajalein dan Enewetak. Penduduk lokal dipaksa membangun benteng militer dan anak-anak diwajibkan pergi ke sekolah untuk belajar matematika dan bahasa Jepang.

Pada tahun 1945, Jepang terusir oleh Sekutu setelah menduduki Kepulauan Marshall selama sekitar 30 tahun. Namun, Kwajelein dan Enewetak masih dijadikan pangkalan militer oleh Sekutu. Perang Dingin (1945-1991) membawa bencana lain ke Kepulauan Marshall. Sekutu merancang persenjataan nuklir, Bikini Atoll dipilih sebagai lokasi uji coba. Penduduk lokal dipaksa pegi dari tanah kelahiran leluhur yang telah dihuni selama 2000 tahun terakhir, bro.

Nah, itu dia beberapa informasi terkait Bikini Atoll di Marshall Island. Meski tempat ini menyimpan keindahan bawah laut yang luar biasa, namun radiasi nuklir masih jadi sesuatu yang sangat menakutkan di tempat ini. Tertarik berkunjung, bro?

 

Referensi : https://phinemo.com/bikini-atoll-di-marshall-island-dan-kisah-kelam-kartun-spongebob/
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

19 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
SRI YAYA ASTUTI
SPONGEBOB SERIAL IDOLA SEMUA ANAK
Cecep Jajang
Jadi pengen nyebut kalau gini
Yumna Aditya Prakoso
bener banget gan
Agung Sutrisno
Pantai yg indah menginspirasi serial kartun SpongeBob Squarepants
Yuniarto ( Tato )
nAManya itu lo Penuh Konspiradu
dephy
andai saja bisa hidup di pulau cantik itu
Ery firman hidayat
Wah sayang y buat uji bom atom
Fajar Satritama
Mantaaaaapp brow
Heni Oen
beming banget airnya