Tradisi Makan Bersama di Indonesia, Pernah Coba yang Mana Bro?

Jadi putra putri asal Indonesia itu bersyukur banget. Budaya dan tradisi yang kaya di negeri ini sulit ditandingi oleh negara-negara lain. 

Tradisi Makan Bersama di Indonesia, Pernah Coba yang Mana Bro?

Setiap wilayah di Tanah Air ini memiliki kekhasan yang nggak dimiliki daerah lain. Bayangin aja Indonesia punya 34 Provinsi dan 514 kabupaten dan kota di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kalau dirinci, ada 416 kabupaten dan 98 kota.

Dari ratusan daerah di NKRI ini, maka lahirlah sejumlah tradisi. Salah satunya yakni tradisi makan bersama. Banyak lho tradisi makan bersama di Indonesia. Tapi mungkin namanya saja yang berbeda, namun tradisinya sama. Makanan dijajakan dengan lauk-pauk, dan dimakan sambil duduk lesehan.

Biasanya, tradisi makan bersama ini untuk mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan. Ada apa aja sih? Simak ulasannya bro!

Patita

Tradisi Makan Bersama di Indonesia, Pernah Coba yang Mana Bro?

Image source: food.detik.com

Patita merupakan tradisi makan bersama di Maluku. Tradisi ini biasanya dilakukan dua kali dalam setahun pada awal dan akhir taun yang dihadiri oleh anggota keluarga hingga kerabat terdekat. Mereka berkumpul untuk bisa mencicipi semua makanan yang dihidangkan di tradisi ini.

Makanan yang disajikan berupa makanan khas Maluku seperti nasi kuning, papega, ikan kuah, kohu-kohu, talam sagu yang dibakar hingga sambal khas bernama colu-colu. Sejumlah makanan disajikan di atas daun pisang yang memanjang.

Beseprah

Tradisi Makan Bersama di Indonesia, Pernah Coba yang Mana Bro?

Image source: Gpswisataindonesia.info

Beseprah merupakan bahasa Kutai yang berarti makan bersama dengan duduk bersila di atas tikar. Beseprah dulunya merupakan tradisi makan bersama biasa dilakukan masyarakat Kutai zaman dulu. Suatu acara makan bersama yang memiliki filosofi keakraban dan kebersamaan di antara sesama.

Dalam beseprah, para hadirin duduk secara berkelompok mengelilingi hidangan yang telah disediakan. Penyelenggaraan ritual ini setiap tahunnya dapat dimaknai sebagai ajang menjalin rasa persaudaraan warga Kutai dan mempererat silaturahmi antarsesama. Selain itu, dalam tradisi ini, terdapat pesan moral bahwa seorang pemimpin haruslah dekat dan membaur dengan semua rakyatnya.

Binarundak

Tradisi Makan Bersama di Indonesia, Pernah Coba yang Mana Bro?

Image source: voinews.id

Dinamakan Binarundak karena kegiatan yang dilakukan adalah membakar binarundak atau lemang. Ini adalah tradisi makan bersama di Sulawesi Utara. Tradisi Binarundak dimulai sejak pagi hari. Para wanita akan sibuk meracik bumbu dan beras ketan yang akan dibakar dalam bambu nanti. Sementara para pria menyiapkan tempat pembakaran binarundak, termasuk apa saja yang dibutuhkan untuk membakar.

Setelah matang, mereka pun akan makan bersama-sama sambil silaturahmi dan melepas rindu. Banyak warga yang merantau pulang saat lebaran. Dengan adanya tradisi ini, semua warga perantau jadi berbaur dan saling bersilaturahmi.

Megibung

Tradisi Makan Bersama di Indonesia, Pernah Coba yang Mana Bro?

Image source: food.detik.com

Tradisi makan bersama yang disebut megibung ini tidak membedakan kasta, jenis kelamin, dan strata sosial. Megibung berasal dari kata 'gibung' yang memiliki arti kegiatan yang dilakukan bersama-sama. 

Saat Megibung, orang-orang akan duduk bersama sambil menikmati makanan. Kegiatan ini diisi dengan berbagi cerita hingga tukar pikiran. Kalau dalam sebuah acara, Megibung biasanya dilakukan sebelum para tamu pulang. Mereka diajak makan lebih dulu sebagai tanda terima kasih dan juga jalinan keakraban serta kekeluargaan.

Ngeliwet

Tradisi Makan Bersama di Indonesia, Pernah Coba yang Mana Bro?

Image source: Instagram/istanakoki

Tradisi makan nasi liwet beramai-ramai ternyata telah ada sejak lama. Istilah ngeliwet tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Sunda. Ngeliwet merupakan tradisi makan bersama dengan menu nasi liwet beserta lauknya. Yang terasa makanan lebih nikmat karena seluruh sajian makanan dihidangkan di atas daun pisang. Maknyus!!

Nasi liwet juga ditemukan di Solo. Di Solo, nasi liwet biasanya dihidangkan dengan ayam suwir, sayur jipang (labu siam), telur pindang, dan areh. Saking populernya, banyak restoran-restoran dan hotel di Indonesia yang menawarkan menu liwetan.

 

Source: https://review.bukalapak.com/travel/9-tradisi-makan-bersama-yang-ada-di-indonesia-77557
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Shutter
waahhh mantappp
dephy
paling enak memang makan bersama yang sudah menjadi tradisi
Yuniarto ( Tato )
ngeliwettttt
Heni Oen
Enak.makan rame2
Agus Sungkawa
Paling enak nih makan bersama..makan nasi liwet
Cecep Jajang
Botram,makan jadi lahap
SRI YAYA ASTUTI
Tradisi makan nasi liwet beramai-ramai ternyata telah ada sejak lama. Istilah ngeliwet tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Sunda. Ngeliwet merupakan tradisi makan bersama dengan menu nasi liwet beserta lauknya. Yang terasa makanan lebih nikmat karena seluruh sajian makanan dihidangkan di atas daun pisang
Fajar Satritama
Kalo di Cirebon ngeliwet namanya Mayoran
Heni Oen
kangen makan rame2
Yoga prisma haryanto
Ngaliwet.. botram mantap