Tempat Wisata di Jakarta yang Kembali Dibuka Pada Masa Transisi

Sudah kangen jalan-jalan keliling tempat wisata di Jakarta, bro? Kabar baik nih, beberapa tempat wisata di Jakarta bakal kembali dibuka pada masa transisi PSBB. Di mana aja? Simak ulasan lengkapnya!

Tempat Wisata di Jakarta yang Kembali Dibuka Pada Masa Transisi

Pemprov DKI Jakarta telah memutuskan memperpanjang masa PSBB di Jakarta, yang disebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai masa PSBB transisi. Dengan adanya masa transisi ini, maka tempat wisata pun kembali diizinkan beroperasi mulai 20 Juni 2020.

Nah, pembukaan kembali tempat wisata tersebut tentu dengan batasan-batasan sesuai protokol kesehatan yang telah ditentukan. Gubernur sendiri mengatakan, museum, perpustakaan, taman/RPTRA, dan pantai untuk dibuka kembali pada 8 hingga 14 Juni.

Sementara mal, taman rekreasi, dan kebun binatang dapat beroperasi mulai 15 hingga 21 Juni. Mau tau tempat wisata mana aja yang kembali dibuka? Berikut rangkumannya, bro!

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Tempat Wisata di Jakarta yang Kembali Dibuka Pada Masa Transisi

Image source: Renkghy Fernando

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) rencananya bakal kembali dibuka bagi wisatawan pada 20 Juni 2020. TMII rencananya juga akan buka pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Seluruh pintu masuk dan wahana akan dibuka, kecuali kawasan-kawasan yang wahananya melibatkan kerumunan atau gerombolan, seperti Snowbay Water Park dan Teater Imax Keong Emas. Rencananya jumlah pengunjung yang memasuki kawasannya juga bakal dibatasi antara 15 ribu hingga 20 ribu orang per harinya.

TMII juga telah melakukan persiapan protokol new normal di tempat wisata. Mulai dari melakukan penyemprotan seluruh area secara berkala hingga menempatkan spanduk, banner, atau poster berisi imbauan bagi pengunjung agar tetap menaati protokol kesehatan.

Harga tiket juga masih tetap sama, bro, yakni Rp 20 ribu per orangnya. Lo bisa membelinya di laman resmi e-ticketing TMII.

Monumen Nasional (Monas)

Tempat Wisata di Jakarta yang Kembali Dibuka Pada Masa Transisi

Selama masa transisi, Monas akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti pembatasan kapasitas pengunjung, penggunaan masker, pengecekan suhu tubuh, dan jaga jarak. Selama penutupan sejak 13 Maret lalu, Unit Pengelola Monas pun sudah melakukan penyemprotan disinfektan secara menyeluruh hingga ke area tugu.

Ragunan

Tempat Wisata di Jakarta yang Kembali Dibuka Pada Masa Transisi

Image source: merdeka.com

Taman Margasatwa Ragunan juga bakal kembali dibuka bagi wisatawan. Rencananya, Ragunan akan dibuka sesuai dengan aturan tanggal yang diberlakukan Pemprov DKI.

Ragunan bakal membatasi pengunjung di hari biasa sebanyak 5 ribu orang, dan pada akhir pekan sebanyak 10 ribu orang. Mekanisme wisata Ragunan juga diatur lewat pendaftaran secara online. Setiap pengunjung juga wajib menggunakan masker dan membawa hand sanitizer. Waktu layanan pun dibatasi mulai pukul 08.00 hingga 13.00 WIB.

Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Tempat Wisata di Jakarta yang Kembali Dibuka Pada Masa Transisi

Image source: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Museum Perumusan Naskah Proklamasi yang terletak di Jakarta Pusat ini juga kembali beroperasi pada masa transisi PSBB Jakarta. Museum ini diketahui bakal menerima layanan mulai 9 Juni 2020.

Walau sudah dibuka, pengunjung tetap harus memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Museum yang kerap disebut Munasprok ini akan membatasi jumlah pengunjung selama masa transisi.

Museum Nasional

Tempat Wisata di Jakarta yang Kembali Dibuka Pada Masa Transisi

Image source: pegipegi.com

Museum Nasional atau Museum Gajah juga menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta yang dibuka kembali pada masa transisi PSBB. Pembukaan museum yang terletak di Jakarta Pusat ini dimulai pada 8 Juni lalu.

Meskipun begitu, pengunjung tetap harus memperhatikan protokol kesehatan. Demi mengantisipasi penyebaran virus COVID-19, petugas menyemprotkan cairan disinfektan di setiap sudut gedung Museum Nasional.

Nah, beberapa tempat wisata di Jakarta tersebut bisa lo kunjungi saat sudah kembali beroperasi, bro. Lo paling kangen ke tempat wisata yang mana?

 

Source: kumparan.com
Trending Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Akhirnyaaaaaaa
Agung Sutrisno
Meski banyak tempat wisata pada new normal ini, pengunjung agar tetap menaati protokol kesehatan
SRI YAYA ASTUTI
Akhirnya kekangenan jalan-jalan aka bisa terlampiaskan
dephy
Tetap patuhi aturan yang ada
Agus Sungkawa
Pelan namun pasti.semua akan kembali membaik..semoga
Cecep Jajang
Ini yang saya tunggu
nugraha
waktunya jalan2 biar gak stres lg
Bahar
Nice info