Petualangan Suzuki Jimny, Mobil Mungil Tangguh di Segala Medan

Para pecinta mobil offroad yang hobi tancap gas di medan menantang pasti sudah nggak asing dengan mobil yang satu ini. Yup, Suzuki Jimny memang sudah lama hadir di Indonesia untuk memuaskan hasrat petualangan para offroader. Mau tau seperti apa sejarah mobil mungil yang tangguh di segala medan ini? Berikut ulasan selengkapnya, bro.

Petualangan Suzuki Jimny, Mobil Mungil Tangguh di Segala Medan

Bentuknya yang mungil memang sekilas memberi kesan yang lucu dan menggemaskan. Namun jangan salah, ketika roda-rodanya mulai menggilas lintasan ganas jalur offroad lo baru tau kualitasnya, bro. Modelnya pun terus diperbaharui pihak produsen agar para offroader bisa berpetualang dengan tampilan terkini.

Yup, langkah Suzuki bisa dibilang cukup berani. Ketika pabrikan roda empat lainnya berlomba-lomba mengembangkan model SUV dengan ukuran besar, Suzuki justru menyegarkan tampilan mobil mungil legendarisnya, bro. Pabrikan otomotif dari Negeri Sakura itu diketahui telah merilis All New Jimny pada tahun 2018 silam. Berikut ini perjalanan panjang Suzuki Jimny, mobil mungil yang tangguh di lintasan offroad dari masa ke masa.

Jimny LJ10 Tahun 1970

Petualangan Suzuki Jimny, Mobil Mungil Tangguh di Segala Medan

Image source: otosia.com

Suzuki resmi memulai perjalanan panjang mobil offroad mungil yang tangguh di segala medan dengan meluncurkan Jimny LJ10 di tahun 1970.  Pada saat itu, Jimny hadir sebagai satu-satunya compact 4WD di segmen mobil mini SUV. Leluhur Jimny ini memang dikenal sebagai pendobrak tren mobil 4WD, bro.

Meskipun hanya berbekal mesin 2 silinder 2-Tak berkapasitas 359cc, Jimny LJ10 tetap tangguh di medan offroad berkat bobotnya yang terbilang ringan. Leluhur Jimny ini memiliki suspensi tradisional berupa per daun yang sangat populer pada masanya. Keunikan lainnya dari LJ10 adalah atap dan pintunya yang terbuat dari kanvas atau softop dan resleting sebagai kuncinya. Unik banget, bro.

Jimny SJ30 Tahun 1981

Petualangan Suzuki Jimny, Mobil Mungil Tangguh di Segala Medan

Image source: carvaganza.com

Suzuki Jimny generasi kedua ini memiliki mesin 3 silinder, 2 Tak berkapasitas 539 cc. Dengan mesin tersebut, mobil ikonik ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 28 dk/4.500 Rpm dan torsi 5,4 Kg-m/2.500 Rpm, bro.

Jimny SJ30 tersedia dalam lima tipe berbeda yang dapat dipilih sesuai selera para pecinta mobil offroad kala itu. Diantaranya ada tipe SJ30FK, SJ30F dengan ciri pintu kanvasnya, tipe SJ30FM dengan pintu fullmetal, tipe SJ30VC dan SJ30VA yang beratap keras dengan interior yang lebih eksklusif, bro.

Jimny JB23 dan JB33 Tahun 1997

Petualangan Suzuki Jimny, Mobil Mungil Tangguh di Segala Medan

Image source: jipmania.wordpress.com

Petualangan Jimny pada generasi ketiga ini dimulai pada tahun 1997. Kala itu, Jimny terbaru diperkenalkan dengan kode bodi JB23, bermesin Suzuki K6A, 3 silinder segaris, 660 cc. Mobil mungil ini bertenaga maksimum 63 dk dan digolongkan dalam kategori Kei Car dalam pasar domestik Jepang, bro.

Hingga setahun kemudian, Suzuki melahirkan Jimny JB33, yang bermesin Suzuki G13BB, 4 silinder segaris, berkapasitas 1.300 cc. Sekilas JB23 maupun JB33 terlihat sama, namun jika dibedah lebih detail banyak ditemui perbedaan yang cukup signifikan, bro. Jimny JB23 memiliki tampilan lebih kurus, karena tidak menggunakan overfender, serta memiliki bumper yang lebih kecil.

All New Suzuki Jimny Tahun 2018

Petualangan Suzuki Jimny, Mobil Mungil Tangguh di Segala Medan

Image source: otosia.com

Begitu pula lebar gardannya, lebih sempit sekitar 100 mm dibandingkan saudaranya, JB33. Dengan tampilan lebih kekar karena menggunakan overfender, karena menyesuaikan gardan yang lebih lebar, maka JB33 dijuluki dengan Jimny Wide. Pasangan JB23 dan JB33 melenggang selama beberapa tahun, nyaris tanpa perubahan yang berarti. Perbaikan fitur sempat ada, seperti penggunaan ABS dan beberapa perubahan minor lainnya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen, bro.

Secara keseluruhan, generasi kelima Jimny ini tetap mempertahankan struktur tubuh tradisional Jimny, namun dengan sedikit perubahan pada rangka tangga yang baru. All New Suzuki Jimny dikembangkan dengan engine depan, penggerak roda belakang, 4WD dengan gigi transfer jarak rendah yang bisa diaktifkan dan dinonaktifkan sesuai kebutuhan atau yang biasa disebut dengan teknologi Part Time 4WD. Canggih banget kan, bro.

Pada dapur pacunya, All New Suzuki Jimny 2018 menggunakan mesin bensin 3-silinder turbocharged 0,658 L R06A yang menghasilkan tenaga 64 PS pada 6.000 rpm dan torsi 96 Nm pada 3.500 rpm. Selain itu, mobil offroad mungil kekinian ini juga menerapkan suspensi poros kaku 3-link, ditambah dengan teknologi kontrol traksi rem limited slip-differential atau LSD sebagai peralatan standar keamanan pada semua varian, untuk menjamin keamanan pada setiap aktivitas offroad yang sangat beresiko tinggi.

Sama seperti generasi sebelumnya, Jimny keluaran terbaru ini lebih dahulu di rilis di Jepang dan menjadi produk Japan Domestic Market (JDM) yang khusus di pasarkan di Negeri Sakura.

 

Referensi : https://review.bukalapak.com/auto/sejarah-suzuki-jimny-43399
In Depth Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
ini si keren banget
Bahar
Mantap mobilnya
SRI YAYA ASTUTI
Sekarang banyak orang yang mencari mobil ini
dephy
Jadi pengen punya 1 di garasi
Agus Sungkawa
Semakin mantap keluaran suzuki jimny terbaru
nugraha
mobil bandel nih,,..
Fajar Satritama
Semoga di tahun 2020 gak ada anak anak yang bilang kalo mobil ini 'mobil culik'