Tips Hemat Belanja Saat Traveling ke Luar Negeri

Mengunjungi tempat baru, mendapatkan pengalaman baru dan menemukan budaya baru di negara lain memang sangat menyenangkan dan akan menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan. Berlibur ke luar negeri bisa dibilang menjadi impian para traveler di Indonesia. Agar kondisi keuangan tetap terjaga, lo harus hemat belanja saat berlibur di luar negeri, bro.

Tips Hemat Belanja Saat Traveling ke Luar Negeri

Berwisata ke negeri orang merupakan bisa dikatakan menjadi impian para traveler di Indonesia. Bukan hanya sekedar berwisata mengunjungi tempat-tempat wisata, lo juga bisa berkenalan dengan orang-orang baru hingga mencicipi kuliner khas di negara tersebut, bro.

Salah satu negara yang menjadi destinasi wisata favorit wisatawan Indonesia adalah benua Eropa. Pasalnya, lo bisa merasakan sensasi bermain salju yang sangat menyenangkan di sejumlah negara di sana saat berlibur di akhir tahun. Lo juga bisa berkunjung ke Korea Selatan untuk menikmati musim gugur yang memancarkan kesan romantis.

Setiap negara pasti memiliki keunikannya masing-masing. Yup, belanja oleh-oleh bagaikan satu hal yang tak terpisahkan dari liburan ke luar negeri. Oleh-oleh dari luar negeri tersebut bisa saja berupa souvenir atau barang apapun yang bakal mengingatkan  lo tentang negara yang pernah lo kunjungi, bro.

Tak jarang, anggaran pembelian oleh-oleh justru melebihi jumlah yang seharusnya dan menguras sisa-sisa rekening tabungan. Tapi jangan khawatir bro, lo tetap bisa berbelanja dengan hemat saat berlibur di luar negeri menerapkan beberapa tips berikut ini.

Membuat Daftar Belanja

Tips Hemat Belanja Saat Traveling ke Luar Negeri

Langkah ini merupakan hal dasar dalam dunia belanja bagi kalangan konsumen. Yup, dengan membuat daftar belanja, lo bisa sedikit mengendalikan keinginan berbelanja dan menghindari pembelian hal-hal tak diperlukan. Lo bisa menuliskan pada buku catatan atau di telepon selular pribadi lo dan membukanya saat sedang berbelanja.

Saat berbelanja, tetap kendalikan hasrat keinginan belanja, jangan sampai lo tergiur dengan barang lain yang tak tertulis. Oleh karena itu, membuat daftar belanja pun harus rasional dan disesuaikan dengan kondisi dompet, bro.

Cari Informasi Transaksi

Tips Hemat Belanja Saat Traveling ke Luar Negeri

Saat memutuskan untuk liburan ke luar negeri, pastikan lo sudah tahu dan mengerti aturan-aturan yang ada di negara tujuan wisata lo, bro. Sebaiknya, ikuti peraturan tersebut agar liburan lo tidak timbul masalah di negeri orang. Pahami juga peraturan dalam hal berbelanja ya, bro.

Jangan lupa untuk mengecek apakah layanan perbankan pribadi lo tersedia di negara tujuan wisata lo atau tidak. Saat mengetahuinya, lo pun bisa memutuskan untuk mengambil uang di Indonesia atau di negara tersebut. Kalau bisa, jangan lupa mencari informasi mengenai biaya administrasi yang akan dikenakan pada setiap transaksi, bro.

Manfaatkan Tax Refund

Tergoda untuk berbelanja lebih saat liburan di luar negeri adalah hal yang lumrah terjadi. Jika memang terlanjur 'khilaf', pastikan lo masih menyimpan struk barang-barang belanjaan lo, bro. Pasalnya, lo bisa menukarkan struk belanja tersebut di duty free shop.

Yup, hal ini karena pajak dari barang belanjaan lo pada dasarnya hanya dikenakan dan digunakan pada warga negara saja. Kalau lo menyimpan semua struk yang dikeluarkan selama di negara tersebut, lo bisa menukarkannya di bandara, bro. Setelah itu, lo bisa mendapatkan kembali pajak yang sudah dibayar. Lumayan banget kan, bro?

Nah, itu dia beberapa tips berbelanja dengan hemat saat berlibur di luar negeri. Semoga bisa menambah wawasan dan referensi para wisatawan yang ingin berkunjung ke luar negeri. Kalau lo biasanya pakai tips yang mana, bro?

 

Referensi : https://review.bukalapak.com/finance/antibangkrut-simak-tips-belanja-di-luar-negeri-berikut-90250
Tips Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
manyep nih tipsnya
Bahar
Makasih infox
SRI YAYA ASTUTI
Berwisata ke negeri orang merupakan bisa dikatakan menjadi impian para traveler di Indonesia.
dephy
Jadilah traveler yang cerdas
Heni Oen
Lumayan infonya
Cecep Jajang
Nah ini yang harus dilakukan dengan baik
Agus Sungkawa
tips berbelanja dengan hemat saat berlibur di luar negeri mudah2an Bisa ke luar negri jalan2
Yoga prisma haryanto
Thanks info
Rdh
Nice info
Agung Sutrisno
Nice info ternyata bisa menukarkan struk belanja tersebut di duty free Shop bandara. Baru tahu.