New Normal, Gunung Papandayan Bakal Dibuka Kembali untuk Para Pendaki

Buat yang sudah kangen mendaki, berencana mau mendaki ke gunung mana setelah kembali beroperasi, bro? Mungkin lo bisa ke Gunung Papandayan terlebih dulu, karena Gunung yang terletak di Garut, Jawa Barat ini sudah dibuka kembali pada 8 Juni 2020. Simak ulasan lengkapnya!

New Normal, Gunung Papandayan Bakal Dibuka Kembali untuk Para Pendaki

Para pendaki mungkin bisa bernafas lega nih saat mendengar beberapa pendakian gunung akan segera dibuka. Sebagai awal, Gunung Papandayan di Garut, Jawa Barat pun sudah dibuka pada 8 Juni 2020 lalu. Taman Wisata Alam Gunung Papandayan telah mengizinkan pendaki ke Papandayan dengan protokol kesehatan yang disebut ‘Adaptasi Kebiasaan Baru’.

Gunung dengan ketinggian 2.665 meter di atas permukaan laut ini memang sudah terkenal dengan keindahannya. Pada Gunung Papandayan, terdapat beberapa kawah yang terkenal. Di antaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk yang semuanya mengeluarkan uap dari sisi dalamnya.

Selain itu, Gunung Papandayan memang terkenal dan cocok bagi pendaki pemula. Wah, buat yang masih pemula dan mau mencoba mendaki gunung saat new normal, Gunung Papandayan bakal jadi pilihan tepat, bro!

Hampir 3 Bulan Ditutup

New Normal, Gunung Papandayan Bakal Dibuka Kembali untuk Para Pendaki

Dengan nggak diperpanjangnya PSBB Kabupaten Garut, pendakian ke Gunung Papandayan kembali dibuka pada tanggal 8 Juni 2020 kemarin. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) memastikan pengelola Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, telah menetapkan protokol kesehatan pencegahan virus COVID-19.

Ada 12 poin SOP Adaptasi Kebiasaan Baru yang diberlakukan kepada setiap pengunjung, pedagang, dan karyawan yang memasuki kawasan TWA Gunung Papandayan. Jadi, buat yang pengen mendaki lagi, bisa nih coba dulu ke Papandayan, bro.

Protokol Kesehatan yang Ketat

New Normal, Gunung Papandayan Bakal Dibuka Kembali untuk Para Pendaki

Untuk menyambut pendaki yang datang, pendakian new normal akan diterapkan di Gunung Papandayan. Seperti protokol kesehatan standar COVID-19, pengunjung, pedagang, maupun karyawan harus menggunakan masker, ada pengecekan suhu tubuh, serta harus mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

Bagi pendaki yang mau bermalam di TWA Papandayan diwajibkan untuk membawa Surat Keterangan Sehat dari dokter. Demi menjaga physical distancing, setiap grup nggak diperbolehkan lebih dari 10 orang.

Gunung Papandayan di Garut ini merupakan gunung yang masih terbilang mudah untuk didaki, bahkan untuk pendaki pemula sekalipun. Dibukanya kembali gunung ini tentu akan membuat gunung lain ‘tersentil’ untuk membuka kembali pendakiannya.

Mungkin sebagian pendaki bakal merasa senang dengan kebijakan ini, namun nggak sedikit juga yang semakin khawatir karena sesungguhnya kasus COVID-19 ini sama sekali nggak menurun dan malah meningkat.

Dikhawatirkannya, akan banyak sekali pendaki gunung yang ramai berbondong-bondong ke sana. Apalagi, pendaki gunung biasanya datang dari berbagai daerah di Indonesia. Jika kondisi masih dianggap ‘bahaya’ seperti ini tentu akan ditakutkan kalau virusnya semakin menyebar lewat pendakian.

Dengan kembali dibukanya pendakian di Gunung Papandayan, lo merasa excited mau mendaki lagi atau masih menunggu sampai kondisi normal seperti sedia kala, bro? Kalau memang mau mendaki, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang diberlakukan ya, bro!

 

Source: hipwee.com
Trending Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Cecep Jajang
Harus hati hati dan jaga kesehatan
agung
tq info ya
Yumna Aditya Prakoso
siyap gan
Bahar
Siippp. Infox
Yuniarto ( Tato )
bagus lahhhh
Muhammad Fanji
Tetep waspada dan hati hati
Agus Sungkawa
Merapat ke papandayan..3 jam dri rumah
Fajar Satritama
Siap otw