Lagi Hobi Gowes? Ini Jenis Helm Sepeda yang Harus Lo Tahu!

Bro, siapa nih yang di masa transisi sekarang jadi hobi naik sepeda? Atau ada yang baru rencana beli dan merakit sepeda? Memang di era new normal kayak gini masih ada kekhawatiran untuk naik transportasi umum. Jalan keluarnya kalau nggak kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, pilihan terakhirnya ya sepeda. Hitung-hitung bisa olahraga juga. Tergantung jarak tempuh dari rumah ke lokasi kerja.

Lagi Hobi Gowes? Ini Jenis Helm Sepeda yang Harus Lo Tahu!

Fakta di lapangan, pesepeda di masa transisi PSBB atau pelonggaran mobilitas orang, pengguna sepeda naik signifikan lho. Dari data Institute for Transportation and Development Policy, pengguna sepeda di Ibu Kota naik sampai 1.000 persen. Nggak heran deh makanya setiap pagi atau malam masih ada aja tuh yang mengayuh sepeda. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Nah item wajib yang nggak boleh ketinggalan saat bersepeda adalah helm. Ini penting banget karena fungsinya untuk melindungi kepala dari cidera.

Memilih helm sepeda juga nggak bisa asal lho guys. Helm yang ideal dipakai untuk berkendara itu yang bisa memberikan keseimbangan pada keamanan, ventilasi, dan kenyamanan. 

Selain untuk keamanan, fungsi lainnya, ya, untuk bergaya. Itu nggak bisa dianulir sih, makanya produsen helm juga membuat desain yang keren-keren untuk tiap model helm sepeda. 

Tapi sebelum lo memutuskan beli helm jangan cuma sekedar dari keren atau nggaknya aja ya. Kualitas juga harus diperhatikan. Lo bisa memilih helm dengan standar internasional seperti seperti ASTM F1447, Snell, atau CPSC (Consumer Product Safety Commision). Pokoknya jangan terlena dengan tampak luar yang bagus tetapi kualitasnya tidak terjamin. 

Setelah mengetahui cara memilih helm yang ideal, lo juga harus tahu jenis-jenis helm yang ada di pasaran supaya cocok saat dipakai. Secara umum, semua helm sepeda memiliki bagian yang nyaris serupa. Pertama, lapis luar berupa plastik atau acrylic tahan banting bercat aneka warna, lapisan tengah, atau rangka helm, terbuat dari styrofoam padat, dinamic fitting yang bisa diatur besar kecilnya sesuai ukuran kepala, lengkap dengan tali pengait yang juga bisa diatur panjang pendeknya plus klip pengunci, dan padding atau bagian dalam helm agar helm nyaman dipakai. 

Padding biasanya terbuat dari bahan lembut dan bisa menghisap keringat. Sekalipun memiliki bagian yang mirip, pada dasarnya helm sepeda dibedakan dari bentuk dan kegunaannya. Yuk simak selengkapnya.

Helm Road

Lagi Hobi Gowes? Ini Jenis Helm Sepeda yang Harus Lo Tahu!

Image source: road.cc

Helm road dirancang untuk mengendarai sepeda di jalan, meskipun dapat digunakan untuk berkendara di tempat lain. Helm road dibuat ringan dan menawarkan ventilasi dan perlindungan memadai.

Helm ini mengutamakan aspek perlindungan tanpa mengurangi fungsi kecepatan, sehingga desainnya sangat aerodinamis, karenanya ventilasi helm tidak terlalu banyak.

Helm Aero Road

Lagi Hobi Gowes? Ini Jenis Helm Sepeda yang Harus Lo Tahu!

Image source: cyclingweekly.com

Helm ini persilangan antara helm time trial dan helm vented road. Helm ini dirancang untuk agar penggunanya mudah bergerak, ringan dan ukuran dengan memberikan aspek aerodinamis.

Helm Time Trial

Lagi Hobi Gowes? Ini Jenis Helm Sepeda yang Harus Lo Tahu!

Image source: road.cc

Kalau ini helm untuk yang dirancang untuk balapan. Helm ini dibuat supaya memberikan fitur aerodinamis serta perlindungan saat memacu kecepatan.

Helm Sepeda Gunung

Lagi Hobi Gowes? Ini Jenis Helm Sepeda yang Harus Lo Tahu!

Image source: switchbacktravel.com

Helm ini bisa dirancang dengan perlindungan ekstra, retensi dan ventilasi untuk memenuhi tantangan bersepeda di medan off-road. Ventilasi dirancang untuk bekerja seperti cerobong asap, yang memungkinkan udara panas mengalir secara vertikal. Helm MTB dibedakan dalam dua jenis, open face dan full face.

Helm BMX

Lagi Hobi Gowes? Ini Jenis Helm Sepeda yang Harus Lo Tahu!

Sama halnya helm sepeda gunung, helm BMX juga memiliki dua desain utama yakni full face dan open face. Helm full face untuk melindungi ketika balap. Helm open face (skate style) lebih untuk mengendarai BMX di medan datar atau off road.

 

Source: https://www.amazine.co/40694/8-jenis-helm-sepeda-panduan-membelinya/
Gear Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
Yumna Aditya Prakoso
emang beda" gan
Yoga prisma haryanto
Info yg bermanfaat
SRI YAYA ASTUTI
Lindungilah kepala dari segala bahaya, lebih baik mencegah daripada mengobati
Yuniarto ( Tato )
wajib punyaa nih
Bahar
Thanks infonya
Agus Sungkawa
nice informasi
Cecep Jajang
Info bagus min