Bayanihan, Tradisi Unik Memindahkan Rumah di Filipina

Setiap negara punya ciri khas dan keunikan masing-masing, termasuk yang menyangkut tentang tradisi atau budaya yang sudah melekat sejak dahulu. Filipina pun salah satunya, negara yang punya destinasi pantai indah ini juga memiliki tradisi unik, bro. Tradisi apa itu? Simak ulasan lengkapnya!

Bayanihan, Tradisi Unik Memindahkan Rumah di Filipina

Mendengar Filipina mungkin selama ini yang terlintas di benak hanya Boracay dan Bohol, destinasi wisata menarik yang dimilikinya. Namun, Filipina juga memiliki satu tradisi unik yang jarang ditemukan di tempat lain.

Tradisi unik tersebut bernama Bayanihan, atau tradisi memindahkan seluruh bagian rumah ke lokasi yang baru. Dilansir dari berbagai sumber, bayanihan berasal dari kata Bayan yang berarti bangsa, kota, atau komunitas. Istilah bayanihan sendiri secara harfiah berarti “berada dalam bayan”, yang mengacu pada semangat persatuan, kerja, dan kerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.

Memindahkan Rumah ke Lingkungan yang Lebih Baik

Bayanihan, Tradisi Unik Memindahkan Rumah di Filipina

Image source: theapricity.com

Di Filipina, praktik perpindahan rumah berarti memindahkan seluruh bagian rumah dari tempat lama ke tempat baru. Orang-orang desa di Filipina biasanya akan mengangkat seluruh bagian rumah, termasuk strukturnya, dan membawanya ke lokasi baru dalam jarak tertentu.

Perpindahan rumah tersebut bukan tanpa alasan, di beberapa kasus, bayanihan dilakukan untuk menghindari kerusakan bangunan akibat banjir atau tanah longsor. Namun, banyak juga yang melakukan itu karena alasan yang lebih sederhana, seperti misalnya ingin memindahkan rumah ke dalam lingkungan yang lebih baik.

Butuh 15-20 Orang untuk Membawa Rumah

Bayanihan, Tradisi Unik Memindahkan Rumah di Filipina

Image source: vovworld.vn

Kebiasaan seperti bayanihan umumnya muncul di daerah pedesaan. Sebab, kebanyakan rumah-rumah tradisional Filipina (Bahay Kubo) terbuat dari bahan ringan seperti bamboo maupun daun nipah.

Mengutip National Geographic, agar para warga bisa membawa dan mengangkat rumah tersebut, tiang bambu di setiap sisi rumah diikat dengan kencang. Kira-kira membutuhkan sekitar 15-20 orang untuk membawa rumah tersebut ke tempat baru.

Sebagai tanda terima kasih, sang pemilik rumah akan menyajikan makanan untuk para relawan setelah pindahan selesai, bro.

Semangat bayanihan ini sangat menunjukkan konsep Filipina tentang menolong orang lain tanpa mengharapkan imbalan. Penduduk Filipina yakin harus membantu ‘kababayan’ (sesama warga) semampu mereka.

Semangat Tolong-Menolong

Tradisi ini pun masih dilakukan hingga saat ini. Masih ada orang-orang di pedesaan yang memindahkan rumahnya dengan bantuan warga.

Di zaman modern ini, semangat bayanihan nggak hanya berupa membantu orang lain memindahkan rumah saja, tapi juga ditunjukkan dengan pertolongan lain dalam berbagai bentuk. Terutama ketika bencana alam menyerang. Para penduduk Filipina pasti langsung menolong mereka yang membutuhkan.

Mirip Tradisi Mappalette Bola di Suku Bugis

Tradisi memindahkan rumah bayanihan memang unik, namun kalau dilihat seksama mirip dengan tradisi Mappalette Bola yang dilakukan Suku Bugis di Sulawesi Selatan.

Tradisi Mappalette Bola juga sama-sama tradisi memindahkan rumah dengan cara mengangkatnya secara bergotong-royong, dan memindahkan ke tempat baru. Tradisi ini pun sudah dilakukan sejak zaman nenek moyang Suku Bugis.

Tradisi ini dilakukan, karena bagi Suku Bugis rumah adalah tanah leluhur mereka, sehingga harus tetap dijaga keutuhannya secara turun-temurun. Itulah sebabnya rumah benar-benar dipindah bersama perabotan di dalamnya.

Walaupun memiliki kemiripan, tradisi Bayanihan dan Mappalette Bola memiliki keunikan masing-masing, bro. Lo sudah pernah menyaksikan langsung tradisi tersebut?

 

Source: kumparan.com
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
Yumna Aditya Prakoso
baru tau gan
dephy
Setiap negara punya cara gotong royong yang sangat unik
Fajar Satritama
Filipina juga ada omid nazari
Yuniarto ( Tato )
mantap nihhh
Bahar
Hebattttt
Heni Oen
tradisi unik yang perlu diletarikan
Agus Sungkawa
Tradisi yang sama kaya di indonesia
Heni Oen
tradisi yang unik
Rdh
Mantaaap