Yang Harus Diperhatikan dalam Penggunaan Masker di Restoran!

Walaupun keadaan belum sepenuhnya normal, namun kita sudah mulai bisa beraktivitas meski serba terbatas. Penggunaan masker pun masih wajib dilakukan kemanapun perginya, termasuk ke restoran. Namun perlu diketahui ada hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan masker di restoran, bro. Simak selengkapnya!

Yang Harus Diperhatikan dalam Penggunaan Masker di Restoran!

Di masa yang serba terbatas ini, ada yang menyebutnya new normal, namun masyarakat Indonesia khususnya Jakarta mengenalnya dengan sebutan masa transisi PSBB. Dalam masa ini, berbagai tempat umum mulai dibuka, mulai dari tempat wisata, mal, dan restoran sudah kembali dibuka dengan menerapkan pembatasan jarak dan sejumlah aturan mengenai protokol kesehatan tentunya.

Salah satu aturan protokol kesehatan yang paling esensial adalah dengan penggunaan masker. Semua orang diwajibkan untuk menggunakan masker saat berkegiatan di luar, termasuk ketika makan di restoran atau kafe.

Dilansir dari Eat This Not That, ada beberapa catatan penting yang harus diperhatikan dalam penggunaan masker saat di restoran. Demi mencegah penyebaran COVID-19 dengan mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan, simak nih bagaimana ketentuan penggunaan masker di restoran, bro!

Tiba dengan Menggunakan Masker

Yang Harus Diperhatikan dalam Penggunaan Masker di Restoran!

Perlu diingat baik-baik nih, bro. Sebaiknya masker selalu digunakan bahkan saat memasuki restoran. Jangan dikantongi atau dipakai di dagu, atau bisa jadi lo nggak akan diizinkan masuk. Yap, beberapa tempat makan bahkan nggak segan-segan untuk nggak mengizinkan tamu yang datang tanpa menggunakan masker.

Jadi, kalau lo ingin memastikan untuk bisa mendapatkan bangku di restoran tersebut, pakailah masker secara tepat dengan menutupi hidung dan mulut. Nggak susah, dong?

Buka Masker Saat Makanan Datang

Yang Harus Diperhatikan dalam Penggunaan Masker di Restoran!

Image source: reuters.com

Sudah pasti kalau mau makan, masker harus dilepas dulu ya, bro. Namun, setelah masuk restoran, tetaplah pakai masker dan jangan langsung dibuka. Beberapa penelitian menjelaskan, terlalu sering melepas dan memasang masker membuat penyebaran virus lebih rentan terjadi.

Menurut Durland Fish, PhD, professor emeritus epidemiologi di Yale School of Public Health, pasang-lepas masker bisa meningkatkan risiko penyebaran virus Corona dari masker ke tangan dan kemudian ke sekelilingnya.

Jadi, tahan dulu untuk nggak melepas masker hingga saatnya lo menyantap makanan yang dihidangkan.

Lepas Masker dengan Aman

Yang Harus Diperhatikan dalam Penggunaan Masker di Restoran!

Image source: reuters.com

Melepas masker juga nggak boleh asal lepas, bro. Jangan menarik bagian kain yang menutup wajah kita, namun lepaskan dari tali di telinga kita. Sebab, bagian depan masker mungkin adalah bagian yang paling terkontaminasi, baik dari tetesan pernapasan diri sendiri atau dari lingkungan. Jadi, menyentuh langsung kain masker itu berisiko menimbulkan kontaminasi silang.

Bawa Tempat Khusus untuk Masker

Setelah melepas masker saat mau makan, hindari meletakkan sembarangan masker yang sudah dipakai ya, bro. Gunakan kantong kertas atau tempat khusus masker, gunanya agar masker bisa bernapas sehingga uap air yang tersisa memiliki waktu untuk mongering. Dengan cara ini, lo bisa mencegah tumbuhnya jamur di masker. Kalau perlu sih, bawa masker cadangan yang bersih ya, bro!

Pasang Masker Lagi Setelah Makan

Setelah selesai menyantap makanan, jangan lupa untuk langsung pakai masker kembali. Pastikan lo sudah menggunakannya sebelum pelayan datang untuk membersihkan piring dan memberikan tagihan makanannya ya, bro. Gampang, kan?

Nah, beberapa hal tersebut harus banget diperhatikan buat lo yang mau makan di restoran langsung di tempatnya. Kalau memang bisa take away makanannya sih, bakal lebih aman ya, bro. Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan kemanapun tujuan lo, ya!

 

Source: kumparan.com
Trending Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Cecep Jajang
Selalu pakai masker dimna saja
Agung Sutrisno
Hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan masker di restoran serta protokol. Kesehatan wajib dipatuhi
SRI YAYA ASTUTI
Sesuai aturan pakai dan tetap jaga kebersihan
nugraha
Bawa masker cadangan
Adam Gilang Fadhillah
Melancong
Agus Sungkawa
Nice information
Bahar
Nice info