Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Ngantor di Masa Pandemi!

Setelah hampir 3 bulan harus WFH alias work from home, perkantoran pun kembali beroperasi dan sebagian orang sudah bisa kembali WFO alias work from office. Lo sudah mulai ngantor, bro? Meski sudah kembali beraktivitas ke kantor, selain mengikuti protokol kesehatan, lo juga harus menjaga daya tahan tubuh supaya sehat selalu dan terhindar dari virus. Simak tipsnya berikut ini!

Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Ngantor di Masa Pandemi!

Selama hampir 3 bulan, sebagian masyarakat Indonesia memang terpaksa harus berdiam diri di rumah demi memutuskan rantai penyebaran virus Corona. Termasuk para pekerja yang mau nggak mau harus bekerja dari rumah atau WFH.

Namun, seiring diterapkannya masa transisi PSBB, kondisi perkantoran pun kembali beroperasi dan para pekerja sudah mulai kembali bekerja di kantor. Meski ada sejumlah aturan, termasuk masuk secara bergantian, sebagian orang sudah harus beradaptasi untuk bekerja di tengah pandemi COVID-19.

Menjaga daya tahan tubuh pun rasanya jadi hal mutlak untuk menghadapi situasi ini. Oleh karena itu, sangat penting buat menjaga asupan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Nah, untuk menjaga daya tahan tubuh dengan memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi, berikut tips penting dalam menjaga daya tahan tubuh saat ngantor di tengah pandemi!

Bawa Bekal dari Rumah

Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Ngantor di Masa Pandemi!

Dengan menyiapkan makanan dari rumah, standar kebersihan makanan yang dikonsumsi pun bisa dijaga. Selain itu, bisa lebih leluasa untuk membuat bekal dengan gizi yang tinggi.

Sebaiknya, porsi bekal yang dibawa mengikuti konsep ‘isi piringku’ yaitu 35 persen karbohidrat berserat tinggi (kentang, nasi merah, ubi, dll), 35 persen sayuran hijau, 15 persen lauk berprotein tinggi (ikan, tahu, tempe, ayam dada), dan 15 persen buah-buahan.

Ada baiknya untuk selalu membawa peralatan makan dan minum sendiri dari rumah ya, bro.

Terapkan 3J Saat Harus Beli Makan di Luar

Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Ngantor di Masa Pandemi!

Buat yang agak kerepotan untuk menyiapkan bekal sendiri dan nggak punya waktu banyak, lo perlu perhatian ekstra saat membeli makanan di luar saat pandemi ini, bro.

Minimal, cek dulu apakah yang menjual makanan sudah menggunakan masker dan pastikan ia nggak menyentuh langsung makanannya. Cari juga tempat makan yang menerapkan social distancing. Nah, pola 3J yang harus diperhatikan ini adalah; jumlah, jenis, dan jadwal makan yang tepat.

Porsi dan jenis makanan sebaiknya mengikuti anjuran ‘isi piringku’. Sedangkan jadwal makan disarankan juga konsisten pada pagi (06.00-07.00), siang (12.00-13.00), dan malam (18.00-19.00). Tiga aspek tersebut dapat memaksimalkan kerja sistem pencernaan dan metabolisme tubuh yang berdampak pada kekebalan tubuh.

Jangan Lupa Sarapan

Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Ngantor di Masa Pandemi!

Sebelum menghadapi hari yang produktif, biasakan untuk memulainya dengan sarapan yang bergizi. Sebaiknya menu sarapan adalah yang tinggi akan vitamin dan mineral, supaya imunitas tubuh terjaga saat memulai hari.

Contohnya dengan makan buah-buahan seperti pisang, pepaya, alpukat, jambu, edamame, dan masih banyak lagi. Selain itu, mengonsumsi vitamin tambahan juga bisa menjadi opsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian untuk menjaga daya tahan tubuh.

Nah, buat yang sudah mulai kembali bekerja di kantor, sebaiknya ikuti ya tips di atas. Demi menjaga daya tahan tubuh supaya sehat selalu dan terhindar dari virus-virus berbahaya. Jangan lupa untuk selalu menerapkan social distancing sama teman di kantor ya, bro!

 

Source: kumparan.com
Trending Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Bahar
Nice info
Yumna Aditya Prakoso
siyap gan
agung
tq info ya
Cecep Jajang
Makasih infonya sangat bermanfaat
SRI YAYA ASTUTI
hidup sehat dengan pola makan dan nutrisi yang baik
SRI YAYA ASTUTI
makan sehat hidup sehat
Yuniarto ( Tato )
bagusss nihhh
Adam Gilang Fadhillah
Melancong
nugraha
tantangannya gak siap bangun pagi2
Shutter
nice info...