Fakta Unik dari Mesin Penjual Otomatis di Negeri Sakura

Padatnya kegiatan dan kesibukan warganya membuat Negara Jepang tak berhenti berinovasi menciptakan penemuan yang akan memudahkan setiap aktivitas. Termasuk teknologi vending machine atau mesin penjual otomatis yang memudahkan setiap transaksi jual beli di di seluruh penjuru Negeri Sakura. Mesin penjual otomatis di Jepang ternyata memiliki fakta unik yang sangat menarik lho, bro. Berikut ulasan selengkapnya.

Fakta Unik dari Mesin Penjual Otomatis di Negeri Sakura

Negeri Sakura bisa dibilang menjadi kiblat teknologi dan inovasi negara-negara di Asia. Budaya disiplin dan kesibukan warganya membuat negara Jepang seringkali melahirkan alat atau mesin yang bisa digunakan dengan praktis. Salah satunya penemuan vending machine atau mesin penjual otomatis.

Mesin penjual otomatis di Jepang memang bukan sesuatu yang baru. 'Robot pedagang' ini telah lama hadir di negeri Matahari Terbit untuk memudahkan setiap transaksi jual beli masyarakat dan para wisatawan. Kalau lo berniat liburan ke Jepang, lo wajib tau beberapa fakta unik dan cara penggunaan mesin penjual otomatis berikut ini.

Jepang Memiliki Mesin Penjual Otomatis Terbanyak di Dunia

Fakta Unik dari Mesin Penjual Otomatis di Negeri Sakura

Mesin penjual otomatis saat ini memang sudah bisa ditemukan di banyak tempat seluruh dunia. Tapi saat lo berlibur di Jepang, lo pasti bisa dengan mudah menemukan robot pedagang ini, bro. Sebab, jumlahnya sangat banyak tersebar di seluruh penjuru Jepang, bro.

Dilansir dari matcha-jp.com, terdapat kurang lebih 2,47 juta unit mesin penjual otomatis yang tersebar di seluruh sudut keramaian negara Jepang. Bahkan, lo bisa dengan mudah menemukan mesin penjual otomatis di Gunung Fuji, bro! Nggak heran, jika Jepang dijuluki sebagai negara dengan jumlah mesin penjual otomatis terbanyak di dunia.

Sejarah dan Kesuksesan Mesin Penjual Otomatis di Jepang

Fakta Unik dari Mesin Penjual Otomatis di Negeri Sakura

Banyaknya jumlah mesin penjual otomatis di Jepang tentu saja di pengaruhi oleh beberapa faktor yang sangat terkait dengan budaya dan kebiasaan di negara tersebut. Menurut catatan sejarah, mesin penjual otomatis muncul pertama kali pada tahun 1960 di Negeri Sakura, bro.

Minimnya aksi kriminalitas di Jepang disebut-sebut menjadi salah satu faktor kesuksesan robot pedagang ini di Jepang. Selain itu, peluncuran uang koin 100 yen baru pada tahun 1967 juga semakin memudahkan penggunaan mesin ini. Saat itu, mesin penjual otomatis kebanyakan masih menggunakan uang koin, bro.

Cara penggunaannya yang relatif mudah serta mobilitas warga yang terbilang tinggi menjadi faktor lain yang membuat mesin ini tetap bertahan dan berkembang di Jepang. Mesin penjual otomatis bisa beroperasi selama 24 jam, jadi lo bisa mengaksesnya kapan saja, bro. Berbeda dengan minimarket, mesin ini dapat dioperasikan dengan biaya rendah karena tidak membutuhkan karyawan untuk menawarkan setiap produk yang dijual.

Cara Menggunakan Menggunakan Mesin Penjual Otomatis

Fakta Unik dari Mesin Penjual Otomatis di Negeri Sakura

Pada umumnya, mesin penjual otomatis di Jepang mudah untuk digunakan. Namun, tidak semua mesin mencantumkan cara menggunakan mesin dan jenis produk yang tersedia dalam bahasa Inggris. Hal ini tentu akan membingungkan para wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke Jepang dan ingin menggunakan mesin penjual otomatis tersebut.

Jika lo berniat ingin menggunakan mesin penjual otomatis, lo harus perhatikan dengan jelas produk apa yang dijual, bro. Setelah memastikan produknya, lo bisa memasukan uang ke robot pedagang tersebut. Uang yang bisa digunakan biasanya berupa uang kertas 1.000 yen, uang koin 10 yen, uang koin 50 yen, uang koin 100 yen, atau uang koin 500 yen.

Saat ini juga sudah banyak tersedia mesin penjual otomatis yang melayani pembelian non-tunai. Jadi, kalau lo mau jajan di Negeri Sakura bisa lebih praktis, bro.

Setelah memasukkan uang, tekanlah tombol yang terletak di bawah produk yang lo inginkan. Produk yang lo pilih akan keluar dari tempat yang telah disediakan jika nominal uang yang lo masukan pas dengan harga produk yang lo pilih.

Kalau lo menggunakan uang untuk bertransaksi di mesin penjual otomatis, jangan lupa dengan uang kembalian, bro. Seringkali orang lupa mengambil uang kembalian mereka walaupun uang koin kembalian tersebut akan menimbulkan bunyi saat keluar di slot uang kembalian.

So, itu dia beberapa beberapa fakta unik dan cara penggunaan mesin penjual otomatis di Negeri Sakura. Tertarik untuk mencobanya, bro?

 

Referensi : https://matcha-jp.com/id/7182
In Depth Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Yoga prisma haryanto
Indonesia ada tapi jarang
Yumna Aditya Prakoso
keren ya gan
agung
tq info ya
SRI YAYA ASTUTI
di jepang memang sangat modern dan maju dari segi sarana prasarana
Shutter
Nice info
Yuniarto ( Tato )
Agak aneh si
nugraha
makasih infonya bos
Rdh
Nice info