Panduan Memilih Sarung Tangan untuk Bersepeda di Trek Ekstrem

Safety item dalam bersepeda nggak cuma helm aja ya kawan-kawan. Sarung tangan juga penting ketika mulai gowes. Fungsinya sebagai peredam getaran agar tak tangan tak tergelincir dari stang sepeda ketika melaju di medan yang keras.

Panduan Memilih Sarung Tangan untuk Bersepeda di Trek Ekstrem

Seperti yang sudah diketahui nih, kalau jenis sarung tangan ada dua macam, model tertutup sampai ke jari atau separuh bagian jari. Kalau dari fungsinya, dua tipe sarung tangan ini diperlukan tergantung pada seberapa bahaya medan yang bakal dilewati.

Fungsi Sarung Tangan

Panduan Memilih Sarung Tangan untuk Bersepeda di Trek Ekstrem

Untuk biker sepeda gunung sebaiknya menggunakan sarung tangan yang full fingers aliat tertutup seluruh jari. Karena medannya yang berat, jadi kalau sewaktu-waktu pengendara terjatuh bagian telapak tangan tak langsung cedera ketika menahan badan.

Nah kekurangannya sarung tanggan full fingers yakni soal kenyamanannya ketika dipakai saat gowes di trek yang biasa saja. Sarung tangan full fingers cenderung lebih panas dibanding sarung tangan dengan tiper separuh jari.

Jadi, kalau lo gowes di jalan yang biasa-biasa aja, baiknya pakai sarung tangan yang setang jaring. Tapi kalau melaju di medan berbatu dan kondisi basah, sarung tangan full fingers harus jadi pilihan utama.

Sarung Tangan Gel atau Biasa

Kalau sudah tahu fungsi model full fingers dan fingerless, sekarang tinggal tentukan lagi, sarung tangan dengan pelindung gel atau yang biasa. Ini juga penting lho untuk kenyamanan saat bersepeda.

Untuk sarung tangan yang didesain biasa itu umumnya pada bagian telapak tangan dibuat lebih tebal. Fungsinya untuk melindungi tangan ketika telapak menyentuh tanah. Bagian itu harus tebal dan kuat. Umumnya untuk sarung tangan biasa diisi busa.

Ada juga sarung tangan yang didesain dengan ditambah gel. Sarung tangan dengan pelindung gel lebih mahal dari sisi harga. Gel itu berfungsi untuk meredam getaran pada handlebar ketika melewati medan ekstrem atau berbatu. 

Kelihatannya sepele sih, tapi sarung tangan gel ini cukup membantu mengurangi rasa nyeri jika si pengendara melewati jalur ekstrem dengan durasi yang cukup lama. Dari pengalaman seorang pengendara yang menjajal jalanan berbatu, getaran pada handlebar atau stang bisa membuat lengan, siku, hingga telapak tangan terasa nyeri. 

Sarung tangan gel ini membantu pengendara lebih nyaman bersepeda di medan ekstrem. Ditambah lagi genggaman handlebar juga jadi lebih kokoh dan tetap bisa dikontrol dengan baik.

So, ternyata penting juga lho memilih sarung tangan yang tepat. Tentu saja pemilihan sarung tangan menyesuaikan medan yang bakal dilewati dan kenyamanannya. 

Sudah banyak kok produk-produk yang memproduksi sarung tangan dengan tambahan komponen gel. Tapi harus cermat juga dalam memilih ya, karena ada saja produk sarung tangan yang desainnya mirip memakai pelindung gel, padahal jika diteliti lagi hanya memakai busa.

Ingat poin-poin tadi ya, bro. Kalau lo hanya melewati medan biasa dan tidak berbatu, maka sarung tangan jenis gel serta full cover finger tidak terlalu dibutuhkan. Tapi kalau lo mau menjajal bersepeda di medan yang berat, maka perhitungkan dulu seberapa besar daya tahan lo terhadap getaran. Kalau mau nyaman, gunakan sarung tangan dengan tambahan pelindung gel. Awalnya memang akan terasa ganggu karena seperti ada ganjalan di telapak tangan, tapi lama-lama terbiasa kok.

 

source: https://robek.org/memilih-sarung-tangan-untuk-sepeda/
Tips Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Bahar
Mantapppp
Yumna Aditya Prakoso
siyap gan
agung
tq info ya
Cecep Jajang
Wajib pakai sarung tangan,biyar gak lecet
Umar
Nice info
Shutter
Nice info
Yuniarto ( Tato )
Sipppp dah
ditra nugraha
mencerahkan ini
Fajar Satritama
Nice info
Adam Gilang Fadhillah
Mantapppp