Bukan Cuma Sekadar Mendayung, Ini Lho Bro Segudang Manfaat Kayaking

Mengarungi sungai dengan perahu kayak memang mengasyikan sekaligus bikin jantung berdebar-debar. Olahraga air ini merupakan salah satu olahraga menantang yang bisa meningkatkan adrenalin.

Bukan Cuma Sekadar Mendayung, Ini Lho Bro Segudang Manfaat Kayaking

Kalau melihat dari sejarahnya, kayak pertama kali dibuat oleh seorang seniman asal Alaska. Namanya Inuit. Ketika itu kayak dibuat dari rangka kayu yang dilapisi kulit anjing laut dan memiliki lubang untuk tempat duduk alias kokpit penggunaannya. 

Dulu, kayak belum lahir dan diterapkan sebagai media olahraga. Ketika itu kayak dimanfaatkan untuk berburu. Seiring berkembangnya waktu dan teknologi, bahan yang digunakan untuk membuat kayak juga berubah total. Pada tahun 1950-an, metode membuat kayak menggunakan fiberglass. Dan, 30 tahun kemudian, tepatnya tahun 1984, kayak jadi berbahan dasar plastik. Saat itu pula perahu kayak mulai diperkenalkan ke publik.

Fungsi sebagai kendaraan berburu pun berubah. Di tangan seorang penjelajah Skotlandia bernama John MacGregor, kayak dialihfungsikan menjadi transportasi untuk rekreasi dan olahraga. Kayak tipe ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1845. Pada tahun 1873, kayak baru dibuat perlombaan dan akhirnya menjadi bagian dari olahraga di ajang Olimpiade pada tahun 1936.

Nggak gampang lho untuk mengendarai kayak. Lo harus bisa menjaga keseimbangan supaya tidak terbalik di sungai. Serunya, kayaking bakal memberi lo pelajaran baru tentang cara lain menikmati sungai atau laut.

Nggak cuma itu aja, di balik nikmatnya kayaking, ternyata olahraga ini juga punya segudang manfaat. Simak ulasannya ya bro!

Membakar Kalori

Bukan Cuma Sekadar Mendayung, Ini Lho Bro Segudang Manfaat Kayaking

Olahraga ini ternyata cepat membakar kalori. Dengan kayaking, lo bisa membakar kalori sampai 400 kalori dalam kecepatan 3 sampai dengan 5 mil per jam. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mendayung kayak dapat membakar kalori lebih cepat daripada ketika bersepeda.

Mengurangi Stres

Bukan Cuma Sekadar Mendayung, Ini Lho Bro Segudang Manfaat Kayaking

Ketenangan arus air sungai atau laut bisa membuat stres hilang. Karena mendayung di alam lepas, lo jadi pasti melihat-lihat sekeliling yang bisa menenangkan pikiran dan mengurangi stres.

Meningkatkan Kekuatan Tubuh

Bukan Cuma Sekadar Mendayung, Ini Lho Bro Segudang Manfaat Kayaking

Pengulangan gerakan mendayung ketika menggerakan kayak membutuhkan kekuatan besar. Hal ini secara otomatis bisa meningkatkan kekuatan tubuh lo. Mendayung juga melibatkan otot-otot tubuh, baik pada bagian atas atau bawah. Hasilnya, tubuh akan terasa kencang.

Melenturkan Sendi Tulang

Bukan Cuma Sekadar Mendayung, Ini Lho Bro Segudang Manfaat Kayaking

Kayaking masuk dalam kategori olahraga yang efektif agar membuat sendi-sendi tulang tetap lentur. Kalau dilakukan secara rutin sendi-sendi tulang bakal lebih terjaga. Bahkan jika dilakukan secara rutin, olahraga ini bisa membantu produksi cairan dalam sendi meningkat.

 

source: https://www.suara.com/health/2015/01/24/184052/5-manfaat-bermain-kayak-bagi-kesehatan
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Bahar
Nice info
Rdh
Nice info
Ldr_Lstyd
nice info gan
SRI YAYA ASTUTI
semua olahraga memang banyak manfaatnya
Agung Sutrisno
Olahraga air Dayung adalah salah satu olahraga menantang yang bisa meningkatkan adrenalin.
ditra nugraha
seru banget nih
Cecep Jajang
Pengen nyoba nih
Ricko Pratama Putra
Okey Nice Info