Hawaii Punya Destinasi Ekstrem Tangga Menuju ‘Surga’ Buat Para Traveler

Berjalan menelusuri puncak pegunungan dengan menaiki anak tangga mungkin nggak terasa aneh ya, bro. Tapi, di Hawaii, tangga-tangga tersebut disebut sebagai tangga menuju ‘surga’ alias ‘Stairway to Heaven’. Bukan, ini bukan judul lagu ya, bro. Tapi tempat tersebut memang punya sebutan begitu dan konon jadi salah satu tangga paling mengerikan di dunia. Penasaran gimana mengerikannya? Simak ulasannya berikut ini!

Hawaii Punya Destinasi Ekstrem Tangga Menuju ‘Surga’ Buat Para Traveler

Kalau bicara soal Hawaii, pasti yang terlintas di benak adalah deretan pulau eksotisnya atau pantai berpasir putih yang memukau. Yap, Hawaii memang memiliki semua keindahan itu. Nggak heran sih, karena salah satu negara bagian Amerika Serikat ini memang terletak di Samudera Pasifik. Itulah kenapa banyak banget keindahan yang bisa dinikmati di pulau ini.

Tapi, pernahkah lo mendengar Haiku Stairs atau yang dijuluki Tangga Menuju Surga? Mungkin julukannya sedikit terdengar berlebihan, tetapi semua anggapan tersebut akan berubah kalau sudah berkunjung ke tangga ini.

Haiku Stairs membentang di sepanjang Pegunungan Oahu Koolau yang terletak di Pulau Oahu, Hawaii. Tangga yang tampak seperti menuju surga itu juga disebut sebagai salah satu tangga paling mengerikan di dunia, bro.

Memiliki 4.000 Anak Tangga

Hawaii Punya Destinasi Ekstrem Tangga Menuju ‘Surga’ Buat Para Traveler

Image source: thatadventurelife.com

Bagaimana nggak mengerikan, dilansir situs resmi Haiku Stairs, tangga ini memang terbilang sangat ekstrem, karena berada tepat di atas lereng gunung yang berbukit-bukit. Memiliki sekitar 4.000 anak tangga, Haiku Stairs pun menjadi tangga terpanjang di dunia.

Awalnya, Haiku Stairs yang dibangun pada tahun 1942 oleh pasukan Angkatan Laut Amerika Serikat tersebut difungsikan sebagai jalan untuk menuju Kantor Radio Haiku. Namun, setelah Perang Dunia II berakhir, tangga tersebut malah jadi spot favorit bagi para pendaki dan wisatawan yang punya nyali besar. Kemudian, pada tahun 1950, tangga yang tadinya terbuat dari kayu itu akhirnya diganti menjadi besi.

Ditutup untuk Umum karena Berbahaya

Hawaii Punya Destinasi Ekstrem Tangga Menuju ‘Surga’ Buat Para Traveler

Image source: steemit.com

Meski begitu, Haiku Stairs yang berada di ketinggian sekitar 800 meter dari permukaan laut ini cukup berbahaya untuk dilewati. Belum lagi tangga yang terbilang sempit tentunya memberikan tantangan tersendiri.

Selain itu, cuaca di atas pegunungan tersebut juga sangat dingin dan terkadang muncul kabut, serta angin yang cukup kencang yang dikhawatirkan bisa mengancam nyawa wisatawan. Alasan inilah yang membuat tangga tersebut akhirnya ditutup untuk umum pada tahun 1987.

Meski kini pendakian ke tangga ini sangat dilarang, tetapi masih banyak juga traveler yang bandel. Para traveler dan pendaki yang penasaran dengan tangga tersebut sama sekali nggak mengindahkan papan pengumuman larangan masuk bagi mereka.

Mengutip Huffington Post, sejumlah bagian anak tangga di Haiku Stairs juga pernah rusak berat akibat terpaan badai yang terjadi pada Februari tahun 2015 silam. Akibatnya, ada beberapa area yang nggak bisa dilewati sama sekali akibat kerusakan berat tersebut.

Bahkan yang terbaru, ada pihak yang malah sengaja memasang sebuah ayunan di puncak stasiun radio yang ada di ujung Haiku Stairs. Para pendaki nekat pun nggak jarang yang berfoto sambil main ayunan di puncak bukit sekalipun itu sangat berbahaya.

Tangga ini menjadi terkenal karena keindahan pemandangan dari atas bukit. Dari atas tangga, lo dapat menyaksikan hamparan bukit-bukit hijau yang rimbun. Semuanya masih nampak asri dan juga alami. Lo juga bisa melihat bukit-bukit hijau yang berdiri tegak dengan ribuan rumah di bawahnya. Pantai yang terlihat indah juga membuat orang yang berada di atas tangga akan betah berlama-lama di sini.

Kira-kira lo penasaran nggak sih gimana rasanya menaiki tangga menuju ‘surga’ tersebut? Walaupun bisa melihat pemandangan yang super keren dari atas tangga itu, sayangnya tangga ini nggak diperbolehkan untuk dilalui. Mending jalan-jalan di sekitarnya aja ya, bro!

 

Source: kumparan.com
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
Umar
4000 anak tangga, tapi tangganya segede itu!
Shutter
nice info ...
Bahar
Woww keren
Cecep Jajang
Waduh ngeri juga ,tapi ada surga menunggu
SRI YAYA ASTUTI
menuju puncak pasti akan terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan
Ldr_Lstyd
ngeri banget cuy
Kristian Mustafa
Nice Info.
nugraha
makasih infonya bos
Ricko Pratama Putra
Mantul brads
Heni Oen
Wah info ttg Hawai