Biar Ngantor Tetap Sehat di Masa New Normal

Masa isolasi selesai, kini masyarakat mulai menghadapi era new normal. Waktu berbulan-bulan mendekam di rumah pun sudah tak lagi diwajibkan. Dalam kata lain, mobilitas warga sudah dapat lampu hijau, yang penting protokol kesehatan harus diutamakan.

Biar Ngantor Tetap Sehat di Masa New Normal

Iya, pemerintah memang sudah melonggarkan kebijakan isolasi. Seluruh sektor kegiatan yang tadinya ditutup kini dibuka secara bertahap. Perkantoran sudah mewajibkan karyawannya untuk masuk kantor lagi, tapi dengan syarat. 

Masih ada sih yang melakukan work from home. Tapi nggak banyak. Cuma segelintir saja. Itupun pemerintah yang menganjurkan. Jadi pegawai yang punya penyakit komorbid dan lanjut usia, masih dianjurkan buat kerja dari rumah. Tapi buat yang muda-muda, sudah mulai ngantor lagi.

Nah, ngantor di tengah pandemi ini penting banget untuk menjaga daya tahan tubuh. Mutlak, nggak boleh ikut ada pelonggaran soal menjaga kesehatan. Masa-masa new normal seperti ini harusnya makin waspada. Karena banyak interaksi dengan orang lain.

Nggak perlu cemas bro. Berikut ini ada catatan penting yang harus lo ikuti supaya daya tahan tubuh tetap terjaga selama masa new normal. Ngantor dengan pola baru jadi tetap aman deh.

Sarapan Jangan Ditinggalkan

Biar Ngantor Tetap Sehat di Masa New Normal

Sebelum melangkahkan kaki dari rumah ke tempat kerja, sarapan menjadi kunci soal daya tahan tubuh. Lo bisa mengonsumsi sarapan yang bergizi. Disarankan untuk menyantap makanan yang memiliki kandungan vitamin tinggi dan mineral.

Simpel kok. Menu makanan itu supaya imunitas lo terjaga selama seharian bekerja. Misalnya lo bisa makan buah-buahan seperti pisang, pepaya, alpukat, jambu, sampai edamame. Konsumsi vitamin bisa banget jadi tambahan santap sarapan. Untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh, maka asupan di pagi hari harus benar-benar diperhatikan. Ingat daya tubuh harus dijaga.

Perhatikan Jadwal Makan

Biar Ngantor Tetap Sehat di Masa New Normal

Jadwal makan disarankan juga konsisten pada pagi (06.00-07.00), siang (12.00-13.00) dan malam (18.00-19.00). Lalu makan juga nggak boleh sembarangan ya. Kalaupun nggak bisa membawa bekal makan dari rumah, makanan yang dibeli di luar nanti harus dicek dengan ekstra hati-hati.

Misalnya, lo bisa lihat tuh, apakah si penjual makanan menggunakan masker. Sama ini bro, pastikan kalau si penjual nggak menyentuh langsung makanannya. Kemudian juga lo mungkin bisa mengutamakan tempat makan yang menerapkan social distancing. Kedengarannya agak merepotkan sih, tapi kalau mau sehat apa boleh buat. Namanya juga new normal. Ya kan?

Bawa Bekal

Biar Ngantor Tetap Sehat di Masa New Normal

Memasuki era new normal memang harus ekstra rajin dan hati-hati. Kalau biasanya lo jarang banget bawa bekal dari rumah saat ngantor, mungkin di masa-masa kayak gini lo harus mewajibkan deh.

Pertama dari sisi keamanan sih. Untuk wadah makan sudah pasti lo nggak sharing dengan pakai alat makan dari pantry kantor. Terus dari segi kebersihan juga terjamin, karena menu makanan sudah diolah sendiri dari rumah. 

Gizi juga bisa lo atur. Kalau bisa, dalam menu makanan yang disiapkan paling nggak jumlah karbohidratnya 35 persen. Nah karbohidrat itu bisa lo pakai nasi merah, kentang, atau ubi. Lalu juga 35 persen sayuran-sayuran hijau, kemudian protein seperti ikan, tahu, tempe, hingga dada ayam dengan porsi 15 persen, terakhir 15 persen buah-buahan.

 

source: https://kumparan.com/kumparanfood/3-tips-untuk-menjaga-daya-tahan-tubuh-saat-ngantor-di-masa-pandemi-1tcGYjMflDQ/full
Trending Beginner Extreme solo traveling

16 COMMENTS

SHARE
Bahar
Nice info
Cecep Jajang
Mantap info nya,sangat bermanfaat
SRI YAYA ASTUTI
sehat itu mahal harganya lho
Shutter
Nice info...
eNeS
ngupi gak masuk jaga kesehatan ni? ga ngupi lambung ga smel bor haha..
Agus Sungkawa
Info yg bermanfaat
Yumna Aditya Prakoso
siyap gan
Ldr_Lstyd
Nice info gan
Yuniarto ( Tato )
nicee infoo
Heni Oen
Persiapan bawa bekal sendiri