Lebih Dekat dengan Aktivitas Trail Running, Apa Enaknya Sih Lari di Gunung?

Lari merupakan salah satu olahraga yang paling sering dilakukan banyak orang. Bahkan sampai kini, lari masih menjadi olahraga favorit lho. Variasinya juga banyak, salah satunya trail running atau mountain running alias lari di kawasan gunung. 

Lebih Dekat dengan Aktivitas Trail Running, Apa Enaknya Sih Lari di Gunung?

Jadi, selama lo menjalani olahraga ini, lo akan berlari sambil menyusuri jalur pegunungan, hutan, hingga daerah perbukitan. Garis besarnya, trail running itu olahraga perpaduan antara hiking dan lari.

Trail running masuk kategori olahraga ekstrem lho. Karena lo akan menghadapi tantangan sesuai dengan terjalnya medan yang dilalui. Untuk peralatan sebenarnya sama dengan kegiatan lari lain, bedanya cuma di sepatu aja. Kalau sepatu trail running itu harus memiliki sol agresif dan lebih kaku dari sepatu lari biasa.

Sepatu trail running sudah dibekali dengan midsole senyawa EVA yang biasanya sering mengandung nilon plastik dengan lapisan ringan fleksibel. Material dipilih untuk meminimalisir luka di bagian kaki. Apa sih enaknya trail running?

Alternatif Menikmati Alam Bebas

Lebih Dekat dengan Aktivitas Trail Running, Apa Enaknya Sih Lari di Gunung?

Enaknya melakukan trail running itu karena selama melakukan kegiatan itu bakal disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah serta udara sejuk. Jika dibanding berlari di jalan dengan polusi kendaraan, lari di kawasan gunung jauh lebih nikmat. 

Di Indonesia ada banyak lho tempat terbaik untuk melakukan trail running. Pada tahun 2018 lalu ada yang namanya event  Ijen Trail Running. Pada ajang ini, peserta bakal diajak berlari di area kaldera yang dikelilingi pemandangan indah pegunungan, kawasan hutan, cagar alam, serta perkebunan kopi dengan kualitas dunia.

Terus ada juga Rinjani Ultra 100. Lintasannya sendiri dimulai dari Senaru ke Danau Segara Anak sebelum akhirnya bertemu dengan Rinjani. Kebayangkan betapa enaknya trail running di Rinjani. Lo bakal melintasi pegunungan, lembah serta padang rumput yang menghadirkan pemandangan menakjubkan.

Lalu ada event Iron Man 70.3 Bintan. Para pelari bisa juga bersepeda sambil menjelajah indahnya alam di kawasan tersebut. Seru banget kan?

Tips Sebelum Melakukan Trail Running

Lebih Dekat dengan Aktivitas Trail Running, Apa Enaknya Sih Lari di Gunung?

Buat pemula, trail running juga perlu persiapan. Kalau baru pertama kali, jangan pernah mencoba berlari sendirian ke dalam hutan atau gunung. Karena pelari yang sudah berpengalaman pun nggak dianjurkan jalan sendirian, paling nggak untuk melakukan trail running harus berpasangan. Terus juga harus mulai dari lokasi yang tidak terlalu jauh dan dengan jarak yang pendek untuk mengenali medan sebelumnya.

Lalu perhatikan soal kebutuhan hydration dan asupan. Ini yang penting, gunakan sepatu khusus lari trail dengan sol yang lebih bergigi agar daya cengkeram lebih baik. Karena rutenya di gunung, yang mana sangat minim pencahayaan, maka gunakan pakaian berwarna cerah dan mencolok. Tujuannya supaya lebih mudah terlihat. 

Obat-obatan jangan ketinggalan bro. Itu penting. Termasuk perlengkapan jas hujan yang berbahan tipis dan ringan untuk antisipasi jika hujan turun. Balik lagi soal pencahayaan, karena di tengah hutan, jadi gunakan headlamp apabila menempuh waktu berlari yang lebih lama.

 

Source: https://www.suara.com/yoursay/2019/09/04/120356/trail-running-cara-alternatif-menikmati-alam-bebas
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
Ldr_Lstyd
nice info gan
nugraha
udaranya pasti seger banget
Cecep Jajang
Sejuk bener nih
agung
tq info ya
SRI YAYA ASTUTI
olahraga di alam terbuka dan tidak bisa dilaksanakan tiap hari untuk kita yang tinggal dikota
Agus Sungkawa
Mantaap trail running
Agung Sutrisno
sepatu trail running itu harus memiliki sol agresif dan lebih kaku dari sepatu
Yumna Aditya Prakoso
siyap gan
Yoga prisma haryanto
Running itu seru
Adam Gilang Fadhillah
Cocok juga nih