Museum Unik di Dunia, dari Patah Hati sampai Mikroba

Museum biasanya selalu dianggap sebagai tempat yang dipenuhi dengan benda-benda bersejarah. Bahkan, nggak jarang juga yang nggak suka berkunjung ke museum karena merasa tempat tersebut membosankan. Namun, nggak semua museum selalu menyimpan benda bersejarah aja, tapi ada juga yang memiliki koleksi benda-benda aneh dan nggak biasa. Penasaran? Simak ulasan lengkapnya, bro!

Museum Unik di Dunia, dari Patah Hati sampai Mikroba

Mendengar kata museum, tentu yang terlintas di benak kita adalah sebuah tempat yang dipenuhi benda-benda bersejarah serta peninggalan masa lampau. Kalau sewaktu masih sekolah, biasanya museum selalu dijadikan tempat tujuan study tour untuk menambah pengetahuan mengenai sejarah. Museum mana aja yang pernah lo kunjungi, bro?

Namun, nggak hanya itu aja, museum nggak melulu tentang benda-benda bersejarah, bro. Di dunia pun lo dapat menemukan beberapa museum yang memiliki koleksi benda-benda yang nggak biasa. Mulai dari museum yang dipenuhi tengkorak manusia, hingga museum yang memiliki koleksi tutup kloset.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut museum-museum dengan koleksi benda-benda unik di dunia!

The Mutter Museum

Museum Unik di Dunia, dari Patah Hati sampai Mikroba

Image source: Harry Fisher/Allentown Morning Call/MCT via Getty Images

Museum yang satu ini dipenuhi dengan bagian anatomi tubuh manusia. Yap, lo bisa menemukan itu semua di The Mutter Museum. Museum yang terletak di Philadelphia, Pennsylvania, itu merupakan museum medis yang berisi koleksi anatomi dan patologis, model lilin, dan peralatan medis lainnya.

Terdapat sekitar 139 tengkorak manusia hingga bagian tubuh lainnya. Museum ini adalah salah satu dari dua tempat di dunia, di mana lo bisa melihat bagian otak Albert Einstein.

Museum of Broken Relationships

Museum Unik di Dunia, dari Patah Hati sampai Mikroba

Image source: chinadaily.com.cn

Pernah merasakan patah hati, bro? Mungkin hampir seluruh manusia tentu pernah merasakan bagaimana sakitnya patah hati. Namun, nggak perlu berlarut-larut dalam kesedihan, bukan? Ada sebuah museum unik yang didedikasikan untuk berakhirnya sebuah hubungan. Tempat itu ialah Museum of Broken Relationships.

Terletak di Zagreb, Kroasia, museum ini berisi koleksi barang-barang pribadi orang patah hati dari seluruh dunia. Lo juga bisa melihat benda, seperti ikat pinggang hingga boneka yang memiliki memori paling berkesan bagi pemiliknya. Unik banget ya, bro!

Cancun Underwater Museum

Museum Unik di Dunia, dari Patah Hati sampai Mikroba

Image source: greenglobaltravel.com

Nggak hanya mengoleksi benda-benda unik, Cancun Underwater Museum ternyata terletak di bawah air. Dikenal juga sebagai Museo Subacuático de Arte (MUSA) Cancun, museum ini menampilkan lebih dari 500 patung di bawah air yang mendorong pertumbuhan karang. Nggak hanya sebuah museum, Cancun Underwater Museum juga jadi tempat konservasi terumbu karang di Meksiko.

Bagi yang ingin melihat koleksi museum ini, lo harus mengikuti tur perahu, diving, atau snorkeling di sana, bro.

International Cryptozoology Museum

Museum Unik di Dunia, dari Patah Hati sampai Mikroba

Image source: tripadvisor.com

Museum unik selanjutnya yang bisa dikunjungi adalah International Cryptozoology Museum. Tempat ini menyimpan berbagai koleksi replika dari hewan-hewan tersembunyi dan misterius yang nggak diketahui keberadaannya. Misalnya aja Bigfoot, Monster Loch Ness, dan makhluk-makhluk mitologi lainnya. Menarik banget, kan?

The Dog Collar Museum

Museum Unik di Dunia, dari Patah Hati sampai Mikroba

Image source: trover.com

Terletak di Kent, Inggris, The Dog Collar Museum memiliki koleksi ratusan kalung anjing dari berbagai periode tertentu. Bahkan di museum tersebut ada salah satu koleksi kalung anjing dari abad ke-15. Uniknya lagi, museum ini memiliki bangunan seperti kastil.

Barney Smith’s Toilet Seat Art Museum

Museum Unik di Dunia, dari Patah Hati sampai Mikroba

Image source: glasstire.com

Nggak hanya di Inggris, Amerika Serikat juga memiliki museum yang nggak kalah uniknya. Bernama Barney Smith’s Toilet Seat Art, lo dapat menemukan 1.400 koleksi dudukan toilet yang sudah dihias di sana. Aneh dan unik ya, bro.

Micropia

Museum Unik di Dunia, dari Patah Hati sampai Mikroba

Image source: rachelsruminations.com

Belanda juga punya museum unik, bro. Negara Kincir Angin tersebut memiliki sebuah museum yang ditujukan untuk Mikroba. Museum yang bernama Micropia tersebut terletak di Amsterdam dan bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang organisme terkecil tersebut. Hingga saat ini, Micropia telah menyedot banyak pengunjung dan memiliki banyak koleksi mikroba yang dipajang di sana.

Dari beberapa museum unik tersebut, museum mana yang paling bikin lo tertarik buat mengunjunginya, bro?

 

Source: kumparan.com
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
Heni Oen
Unik juga museumnya
Ldr_Lstyd
unik unik ternyata museumnya
Agus Sungkawa
museum unik yang jarang di temui ada d setiap negara.
Cecep Jajang
Baru tau,ternyata ada ya
nugraha
aneh 2 museumnya
arief
unik dan mengasikan ,belajar dari sejarah
wildan
kerennn makasih infonya
agung
tq info ya
SRI YAYA ASTUTI
International Cryptozoology Museum ternyata empat menyimpan berbagai koleksi replika dari hewan-hewan tersembunyi dan misterius yang sangat jarang diketahui orang awam
Umar
nice information