Para Pendaki Wajib Taat Sama Peraturan Ini, Ya!

Menyaksikan cahaya emas yang mengkilap dari pemandangan matahari terbit di puncak gunung tentu saja menjadi target utama para pendaki. Jalur trekking hingga puluhan kilometer pun harus ditempuh untuk bisa mencapai puncak gunung impiannya. Tak hanya fisik yang kuat, para pendaki pun dituntut harus mematuhi sejumlah peraturan agar bisa pulang selamat sampai di rumah.

Para Pendaki Wajib Taat Sama Peraturan Ini, Ya!

Saat berkunjung ke suatu tempat para petualang pasti dituntut agar selalu mematuhi etika yang berlaku,  termasuk saat menjelajahi hutan menuju puncak gunung. Aktivitas mendaki gunung memang bukan sekedar aktivitas liburan biasa. Pasalnya, para pendaki harus paham bagaimana cara bersikap saat berada di jalur pendakian di tengah alam liar.

Selain kekuatan fisik dan persiapan logistik yang matang, komitmen menjaga lingkungan juga harus dimiliki setiap pendaki. Jangan sampai lingkungan gunung yang asri menjadi tercemar karena aktivitas pendakian. Selain peraturan tertulis, ternyata ada juga peraturan tidak tertulis yang wajib dipatuhi seluruh pendaki, bro. Berikut ini beberapa peraturan penting yang wajib dipatuhi para pendaki gunung.

Jangan Pernah Menyepelekan Medan Pendakian

Para Pendaki Wajib Taat Sama Peraturan Ini, Ya!

Sebaiknya persiapkan semuanya sebaik mungkin dan usahakan jangan pernah merepotkan pendaki lainnya. Persiapkan semua logistik, peralatan hingga wawasan terkait jalur pendakian di gunung tujuan lo, bro. Mulai dari mempelajari medan pendakian hingga mencari tahu tentang situasi dan kondisi di atas gunung. Ingat, jangan jadi pendaki yang sok tahu, apalagi sampai menyepelekan medan pendakian, bro.

Lo bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait gunung yang akan lo jelajahi, bro. Agar informasi yang lo dapatkan semakin banyak, lo juga bisa tanyakan langsung kepada teman atau pendaki lainnya yang sudah sering mendaki gunung. Dengan begitu, lo bisa mempersiapkan diri lebih matang, bro.

Bersikap Ramah Terhadap Sesama Pendaki

Para Pendaki Wajib Taat Sama Peraturan Ini, Ya!

Naik gunung juga ada etikanya. Bersikaplah ramah dengan pendaki lain dengan saling bertegur sapa dan memberikan jalan ketika berpapasan di jalan setapak. Jika merasa sangat lelah dan ingin beristirahat di jalan setapak, sebaiknya jangan beristirahat terlalu lama karena bisa menghalangi jalan pendaki lain, bro.

Selain itu, hormati warga sekitar kalau sekiranya lo ingin melewati ladang atau berpapasan dengan mereka. Ucapkan “permisi” sambil melemparkan senyuman. Bagaimana pun juga, mereka adalah 'tuan rumah' di tanah sedang lo pijak, jadi bersikaplah selayaknya orang yang sedang bertamu, bro.

Bawa Sendiri Semua Perlengkapan Pribadi

Para Pendaki Wajib Taat Sama Peraturan Ini, Ya!

Setiap pendaki pasti sudah merasa kerepotan dengan barang bawaannya masing-masing. Nah, biar tak menyusahkan pendaki lain, usahakan agar membawa perlengkapan pribadi lo sendiri, bro. Jangan pernah mengandalkan teman seperjalanan apalagi sampai merepotkannya.

Kalau lo sudah bertekad ingin menggapai puncak gunung, maka jadilah orang yang mandiri, bro. Bagaimanapun, salah satu tujuan dari naik gunung adalah untuk belajar menjadi pribadi yang lebih mandiri dari sebelumnya. Oleh karena itu, usahakan bawa semua perlengkapan pribadi lo sendiri ya, bro. Kalau lo masih kuat, boleh juga bawa beberapa perlengkapan kelompok, seperti kompor portable, nesting, frame tenda dan perlengkapan lainnya.

Dilarang Mengambil Apa Saja di Gunung

Kalau lo memang melihat sesuatu hal menarik yang ada di gunung, maka biarkanlah. Jangan mencoba-coba untuk menyentuh apalagi mengambilnya. Biasanya, beberapa pendaki nakal sengaja memetik bunga atau mengambil hewan untuk dibawa pulang.

Padahal, belum tentu apa yang kamu bawa bisa hidup di tempat yang bukan habitatnya. Jadi, biarkan semua hal tersebut berada di tempat aslinya ya, bro. Ingat, jangan pernah tinggalkan apapun kecuali jejak, jangan ambil apapun kecuali dokumentasi dan jangan membunuh apapun kecuali waktu.

So, itu dia beberapa beberapa peraturan penting yang wajib di patuhi para pendaki gunung. Menurut lo apalagi yang wajib di patuhi para pendaki gunung? Kalau ada yang mesti lo tambahkan, sila tambahkan di kolom komentar di bawah ya, bro!

 

Referensi : https://review.bukalapak.com/travel/pertama-kali-naik-gunung-ini-7-peraturan-yang-harus-dipatuhi-pendaki-pemula-86677
In Depth Beginner solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Ldr_Lstyd
bener tuh infonya
Agus Sungkawa
Wajib menaati
agung
tq info ya
Yuniarto ( Tato )
harus di perhatikan
Shutter
nice info....
Fajar Satritama
Yoaaii bro.. biar gak di sesatin juga sama penghuni alam tsb.
dephy
Kita ga boleh sembarangan,selalu taat dan pantuh peraturan
ditra nugraha
pendaki sejati taat aturan
Dewandaru Krisna Wisnu
Benar sekali