Naik Kapal Laut Saat Adaptasi Kebiasaan Baru, Ini Syarat yang Harus Dipatuhi!

Beberapa alat transportasi umum sudah kembali beroperasi saat memasuki masa new normal. Termasuk transportasi kapal laut, tentu ada aturan protokol kesehatan yang harus diterapkan. Buat yang berniat menggunakan transportasi ini untuk bepergian, perhatikan syarat dan tips berikut ini, bro!

Naik Kapal Laut Saat Adaptasi Kebiasaan Baru, Ini Syarat yang Harus Dipatuhi!

Di masa transisi ini, berbagai sektor mulai kembali beroperasi secara bertahap dengan menerapkan aturan protokol kesehatan. Selain perkantoran, pariwisata, dan berbagai fasilitas umum lainnya, transportasi umum pun kembali beroperasi dengan sederet aturan ketatnya. Salah satu alat transportasi yang cukup berdampak karena adanya pandemi ini adalah kapal laut.

Dengan kembali berjalannya aktivitas kapal laut ini tentu diikuti beberapa syarat dan ketentuan yang wajib dilakukan. Berikut beberapa syarat dan tips ketika melakukan perjalanan dengan kapal laut yang bisa diterapkan!

Persyaratan Naik Kapal Laut di Era New Normal

Naik Kapal Laut Saat Adaptasi Kebiasaan Baru, Ini Syarat yang Harus Dipatuhi!

Setelah dibukanya kembali penjualan tiket kapal laut, PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) turut menyampaikan beberapa syarat yang wajib dipenuhi calon penumpang. Berikut beberapa syarat saat naik kapal di masa new normal:

  1. Penumpang harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan pelabuhan tujuan. Jika tidak, pengunjung nggak akan diizinkan naik ke kapal.
  2. Memiliki surat hasil tes PCR atau rapid test dengan keterangan negatif. Jika di daerah asal nggak memiliki kedua fasilitas tersebut, penumpang wajib membawa surat keterangan sehat yang dikeluarkan rumah sakit atau puskesmas setempat.
  3. Membeli tiket kapal laut secara online atau non-tunai. Hal ini dipaparkan dalam Surat Edaran (SE) Gugus Tugas COVID-19 Nomor 4 Tahun 2020 dan Surat Edaran (SE) Dirjen Hubla Nomor 21 Tahun 2020.
  4. Penumpang sangat diwajibkan untuk memakai masker sebelum dan sesudah naik kapal laut. Petugas nggak segan untuk menolak penumpang yang melanggar persyaratan ini.

Apabila terdapat penumpang yang nggak memenuhi syarat dan sudah berada di atas kapal, maka petugas akan mengisolasinya di ruangan khusus. Setelah itu, penumpang akan diturunkan di pelabuhan terdekat.

Berbagai Pengamanan dan Pengendalian Operator Kapal

Naik Kapal Laut Saat Adaptasi Kebiasaan Baru, Ini Syarat yang Harus Dipatuhi!

Pihak kapal laut juga diberikan arahan untuk mengupayakan keamanan dan kenyamanan bagi penumpang selama normal baru ini.

Berikut berbagai upaya yang telah diatur dalam Surat Edaran (SE) Nomor 21 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Laut dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

  1. Mematuhi dan melaksanakan ketentuan yang diatur dalam Surat Edaran (SE) Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 4 Tahun 2020.
  2. Memastikan calon penumpang memenuhi persyaratan sebelum diberikan tiket atau dokumen angkutan.
  3. Melakukan layanan pemesanan tiket bagi calon penumpang pada kantor pusat maupun kantor cabang baik offline maupun online dan dilarang melakukan kenaikan tarif.
  4. Menerapkan jaga jarak dan melakukan pengendalian jumlah antrean.
  5. Melayani proses refund, reroute, dan reschedule bagi penumpang yang gagal berangkat, tanpa dikenakan biaya tambahan.
  6. Pelaksanaan reroute dan reschedule pelayaran penumpang berlaku untuk sekali pemesanan dalam kurun waktu setahun.

Tips Bepergian dengan Kapal Laut Saat New Normal

Hal penting lainnya yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan dan kesehatan selama di atas kapal. Kalau lo berencana bepergian dengan kapal laut selama masa new normal ini, coba terapkan beberapa tips berikut ini, bro!

  1. Pastikan kesehatan sedang prima. Jika merasa sakit, sebaiknya tunda dulu perjalanan sampai benar-benar pulih.
  2. Belilah tiket secara online aja. Meski terdapat beberapa loket yang buka di pelabuhan, membeli tiket secara online tentu lebih aman.
  3. Selalu tutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin. Gunakan tangan bagian dalam atau tutupi dengan tisu.
  4. Terapkan physical distancing selama berada di dalam kapal. Jika merasa di dalam terlalu banyak orang, keluarlah dan cari udara yang lebih segar.
  5. Bawa barang-barang penunjang kebersihan, seperti hand sanitizer, tisu kering, dan tisu beralkohol. Dengan begitu, lo bisa mencuci tangan dengan praktis.
  6. Jangan sesekali buka dan tutup masker di dalam kapal, mengingat ada banyak orang di sana. Bawa juga masker cadangan untuk berjaga-jaga.

Nah, itulah beberapa persyaratan dan tips ketika harus bepergian dengan kapal laut di masa new normal. Lengkapi juga dokumen dan berkas yang diperlukan, supaya nggak terjadi masalah ketika bepergian. Tetap jaga kesehatan dan selalu waspada, bro!

 

Source: idntimes.com
Trending Beginner Extreme solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
Muhamad Gerry
Selalu menaati protokol kesehatan
Bahar
Nice info
agung
tq info ya
Yumna Aditya Prakoso
siyap gan
Rdh
Tq infonya
Yuniarto ( Tato )
Niceeeeeeee
dephy
semoga bisa keampaian naik kapal pesiar. Amin
Agus Sungkawa
Info yang bermanfaat
Bahar
Upppssss
Fajar Satritama
Thx info broo