Nikmatnya Camping Santai Sambil Memandang Pesona Rinjani dari Bukit Mantong

Liburan ke Lombok memang nggak akan pernah membosankan. Pilihan destinasinya buanyak banget. Mau wisata air, bentangan lautnya menakjubkan. Airnya jernih dan sedap dipandang. Spot pendakian juga nggak kalah menarik, pegunungan dan bukit di tanah Nusa Tenggara itu semuanya mempesona. Bikin tenang dan betah terus.

Nikmatnya Camping Santai Sambil Memandang Pesona Rinjani dari Bukit Mantong

Buat lo yang pengen liburan santai dengan pemandangan hamparan hijau disertai semilir angin, lo bisa berkunjung ke Bukit Mantong. Di sana jadi lokasi paling ciamik buat berkemah

Letaknya berada di Sembalun. Bukit Mantong biasanya jadi favorit para pendaki untuk buka tenda. Bukit ini lokasinya dekat dengan Bukit Pergasingan. Tapi tingginya hanya setengahnya dari Bukit Pergasingan, jadi lebih gampang buat didaki. 

Ketinggian Bukit Mantong hanya 1.600 meter di atas permukaan laut. Bukit ini masih terbilang baru dibandingkan ketiga pendahulunya yakni Bukit Pergasingan, Bukit Nanggi, dan Bukit Anak Dara.

Rutenya nggak terlalu jauh kok. Lo cuma butuh waktu kurang lebih satu jam perjalanan. Selama perjalanan, lo bakal disajikan dengan landskap Sembalun yang indah dari Bukit Mantong. Belum lagi kelihatan bentangan petak-petak sawah dan perkebunan. Yang bikin cantik, lo juga bisa melihat warna-warni yang dihasilkan oleh sayuran dan berbagai tanaman yang hidup subur di tanah Sembalun.

Nggak cuma itu aja bro, selama perjalanan pendakian ke Bukit Mantong, lo juga bakal disuguhkan dengan hamparan ilalang setinggi setengah badan. Ada juga bunga edelweis. Buat feed di media sosial cocok banget deh. Kalau lo mau camping santuy, Bukit Mantong bisa jadi opsi pertama buat nikmati dataran tinggi. 

Spot Memandang Gunung Rinjani

Nikmatnya Camping Santai Sambil Memandang Pesona Rinjani dari Bukit Mantong

Image source: instagram.com/onjiosaka

Di puncak Bukit Mantong lo bisa rileks karena ada camping ground yang cukup luas. Lo dan sahabat-sahabat bisa mendirikan tenda. Dari ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut itu, lo memanjakan mata dengan pemandangan yang benar-benar menenangkan jiwa. Lo bisa melihat lanskap Bukit Pergasingan di sebelah barat. Selain itu, lo bisa menyaksikan pesona Gunung Rinjani yang cantik.

Bukit Mantong terbilang perbukitan yang teduh. Jadi setelah selesai ngecamp, tidak terburu-buru untuk turun karena alasan cuaca yang panas. Camping ground di puncak Bukit Mantong ditumbuhi banyak pepohonan yang besar. Jadi, jangan lupa bawa hammock kalau ke Bukit Mantong. Sambil seruput kopi hangat, wah nikmat!

Destinasi Wisata Sekitar Rinjani

Nikmatnya Camping Santai Sambil Memandang Pesona Rinjani dari Bukit Mantong

Image source: lahanduta.wordpress.com

Untuk sampai ke puncak Gunung Rinjani ada dua jalur yang cukup populer, yaitu Sembalun dan Senaru. Tapi kalau nggak sempat sampai ke puncak, sebaiknya jelajahi kawasan Rinjani aja. Banyak kok tempat wisata di sekitar Rinjani. Selain Bukit Mantong ada juga Desa Adat Senaru

Di desa ini terdapat rumah adat khas Lombok dengan ugaq atau gazebo. Uniknya lagi, di desa itu nggak ada suara musik ataupun televisi, semua warga berbaur menjadi satu.

Ada juga air terjun Tiu Kelep dan Sengang Gile. Tiu Kelep tingginya mencapai 42 meter. Untuk sampai ke sana lo harus treking melalui hutan dulu, baru deh bisa melihat pemandangan yang menakjubkan.

Kalau Sendang Gile letaknya di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Jaraknya 2 kilometer dari Desa Bayan. Air Terjun Sendang Gile berasal dari mata air Gunung Rinjani dan memiliki ketinggian mencapai 31 meter dari dasar sungai.

 

source: https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-5063250/ini-bukit-mantong-tempat-camping-asyik-selain-gunung-rinjani
Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
Muhamad Gerry
Sudah tidak sabar pengen ke rinjani
Cecep Jajang
Aduh pokonya gak bakalan bosen dwh kalau ke rinjani
agung
tq info ya
Yumna Aditya Prakoso
enak gan
Rdh
Kereeeeeen
Heni Oen
jadi mendadak kangen ke gunung
Yuniarto ( Tato )
indahnya alamku
dephy
sejauh mata memandang mata kita dimajakan view indah
Agus Sungkawa
Indahnya rinjani sesui dengan namanya
Agung Sutrisno
Liburan ke Lombok memang nggak akan pernah membosankan, banyak pilihan destinasi untuk menikmati keindahan alam disana