Destinasi Wisata di Sikka yang Bisa Dikunjungi Saat New Normal

Keindahan alam dan budaya di Indonesia bagian timur sepertinya sudah nggak diragukan lagi ya, bro. Banyak destinasi wisatanya yang membuat wisatawan terpukau. Termasuk beberapa destinasi wisata di Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yang sudah bisa dikunjungi oleh wisatawan saat new normal, bro. Penasaran destinasi menakjubkan apa aja yang bisa dikunjungi? Simak ulasan berikut ini!

Destinasi Wisata di Sikka yang Bisa Dikunjungi Saat New Normal

Kabupaten Sikka memang memiliki beragam objek wisata baik objek wisata alam, budaya, maupun sejarah yang patut untuk dikunjungi. Dengan diberlakukannya masa new normal di Provinsi NTT, 15 Juni lalu, beberapa destinasi wisata di sana pun kembali menarik pengunjung untuk datang.

Nah, kalau memang berniat untuk traveling ke daerah NTT saat masa new normal, berikut beberapa rekomendasi wisata di Kota Maumere dan sekitarnya yang bisa dikunjungi!

Tanjung Kajuwulu

Destinasi Wisata di Sikka yang Bisa Dikunjungi Saat New Normal

Image source: Dokumentasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sikka

Objek wisata Tanjung Kajuwulu merupakan salah satu destinasi populer bagi warga Kota Maumere maupun wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Sikka. Objek wisata ini menyajikan pemandangan eksotis dan memukau berupa hamparan bukit dan lautan.

Jika dari Kota Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka, lo tingga berkendara kurang lebih 30 menit untuk mencapai destinasi yang berada di Desa Magepanda, Kecamatan Magepanda.

Waktu yang paling tepat untuk menikmati keindahan di Tanjung Kajuwulu adalah pada saat matahari terbit dan terbenam. Pemandangan menakjubkan ini tentu sayang banget buat dilewatin, bro!

Gunung Egon

Destinasi Wisata di Sikka yang Bisa Dikunjungi Saat New Normal

Image source: tripadvisor.co.id

Nah, destinasi yang satu ini cocok buat para pendaki, wisata pendakian Gunung Egon patut banget buat dicoba. Pasca diberlakukannya new normal di NTT, objek wisata pendakian gunung ke Gunung Egon sudah dibuka untuk umum

Gunung dengan ketinggian 1.703 meter di atas permukaan laut ini berangsur-angsur sudah dikunjungi wisatawan walaupun dengan jumlah yang terbatas.

Untuk dapat mendaki ke Gunung Egon, lo tinggal berkendara dari Kota Maumere menuju ke Desa Egon, tepatnya di titik pendakian Andalan. Shot pendakian ini populer sebagai titik pendakian utama ke Gunung Egon. Ada baiknya menghubungi Guide Trekking lokal terlebih dahulu untuk menjadi pemandu wisata ketika mendaki puncak Gunung Egon.

Pemandian Air Panas Blidit

Destinasi Wisata di Sikka yang Bisa Dikunjungi Saat New Normal

Image source: KOMPAS.COM/NANSIANUS TARIS

Objek wisata pemandian air panas Blidit terletak di kawasan Hutan Lindung Egon Ilinmedo tepatnya di bawah lembah Gunung Egon di Kampung Blidit, Desa persiapan Egon Buluk, Kecamatan Waigete. Objek wisata ini menawarkan ketenangan suasana alam yang sejuk karena dipenuhi dengan pepohonan tinggi khas lereng pegunungan.

Pemandian Air Panas Blidit berbentuk sebuah kolam yang bisa menampung puluhan orang. Kolam ini dibuat dari susunan batu kali yang disusun bertingkat membendung aliran air yang tercampur, baik berupa aliran air panas maupun aliran air dingin yang bersisian.

Situs Jong Dobo

Destinasi Wisata di Sikka yang Bisa Dikunjungi Saat New Normal

Image source: Warisan Indonesia/Hardy Mendrofa

Jong Dobo merupakan artefak berbentuk perahu mini yang terbuat dari tembaga dengan ukuran panjang 60 cm, lebar 12 cm, dan tinggi 25 cm. Situs Jong Dobo berada di Dusun Dobo, Desa Ian Tena, Kecamatan Kewapante. Berdasarkan cerita lisan yang disampaikan oleh penjaga situs Jong Dobo, mitos Jong Dobo berawal dari kutukan setelah melanggar perjanjian.

Perjanjian yang dimaksud adalah imbauan agar segera meninggalkan “Kampung Dobo” sebelum fajar menyingsing. Perjanjian ini nggak diindahkan dan akhirnya kapal ini berubah menjadi miniatur terkena kutukan.

Kapal miniatur ini tersimpan di dalam kawasan hutan kecil di area objek wisata Situs Jong Dobo. Kapal berbentuk tembaga ini dijaga oleh juru kunci bernama Sergius Moa.

Destinasi wisata di Kabupaten Sikka, NTT, tadi bisa lo jadikan pilihan buat traveling saat masa new normal, bro. Lo mau mengunjungi yang mana dulu nih? Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, ya!

 

Source: kumparan.com
Trending Beginner Extreme solo traveling

18 COMMENTS

SHARE
Ldr_Lstyd
indah sekali pemandangannya
Rdh
Kereeeeeen
agung
tq info ya
SRI YAYA ASTUTI
semoga bisa kesana
Bahar
Nice info
Yumna Aditya Prakoso
mantap gan
dephy
Semoga banyak tempat wisata yang segera dibuka
Agung Sutrisno
Kabupaten Sikka, NTT, tadi bisa dijadikan sebagia destinasi pilihan buat traveling setalah new normal
Cecep Jajang
Subhanalooh,kapan bisabkesana
Endangtaryana
Thank infoo