Mau Gowes Jarak Jauh? Cek Dulu Nih Bro Tipe Sadel Sepeda yang Cocok

Pernah nggak sih merasa kesemutan di bagian selangkangan setelah gowes sepeda berjam-jam? Bisa jadi, itu akibat sadel atau jok sepeda yang kurang cocok buat ukuran badan lo.

Mau Gowes Jarak Jauh? Cek Dulu Nih Bro Tipe Sadel Sepeda yang Cocok

Kadang kesemutan dianggap sebagai hal yang sepele sama para sobat gowes. Padahal kesemutan di selangkangan itu gara-gara tekanan tekanan dari sadel sepeda. Makanya, penting juga buat lho buat memilih sadel yang ideal.

Paling nggak, selangkangan nggak terasa gampang pegal, nyeri, bahkan kesemutan. Biasanya tekanan itu disebabkan karena ukuran sadel yang lebih kecil dibanding pantat, terus juga padding sadel yang terlalu tipis, lalu akibat posisi v channel yang nggak pas. Buat yang belum tahu, v channel itu bagian sadel yang dirancang untuk mencegah kesemutan pada area sensitif ketika melakukan perjalanan jarak jauh.

Jadi harus cermat ya kalau mau memilih sadel. Hal yang harus lo perhatikan adalah sadel yang menyesuaikan bentuk tubuh. Terus lebarnya juga harus tepat. Memiliki busa yang empuk terhadap tekanan. Tingkat keempukan padding sadel harus disesuaikan dengan postur tubuh. Kalau sadel terlalu empuk bisa menimbulkan rasa sakit dan panas.

Anatomi Sadel Sepeda 

Mau Gowes Jarak Jauh? Cek Dulu Nih Bro Tipe Sadel Sepeda yang Cocok

Image source: rodalink.com

Buat yang belum tahu, jadi sadel itu ada tiga komponen alias memiliki anatomi. Pertama ada yang namanya cover atau padding. Penjelasan di atas ada beberapa kali penyebutan kata 'padding'. Di sini baru dijelasin ya bro.

Jadi padding itu pelapis shel yang materialnya macam-macam. Ada yang bahannya dari kain, gel, kombinasi lycra, vinyl, cell foam, sampai kulit imitasi atau asli. Yang Kedua, shell. Shell adalah yang membentuk sadel dengan bantuan cetakan dari plastik atau serat karbon, nylon, atau kulit. Bahan kulit biasanya pilihan paling nyaman tapi berat di ongkos alias mahal. Selain itu juga nggak tahan cuaca. 

Terakhir, ada yang namanya rails. Nah, rails ini adalah yang menghubungkan sadel sepeda. Ada dua rails yang paralel dengan nose dan rear. Umumnya terbuat dari alumuniaum, besi, serat karbon, titanium, magensium, bisa dalam bentuk padat ataupun berongga.

Tipe-tipe Sadel

Mau Gowes Jarak Jauh? Cek Dulu Nih Bro Tipe Sadel Sepeda yang Cocok

Image source: rodalink.com

Banyaknya tipe sadel itu didasari dengan beberapa faktor. Misalnya lebar sadel. Urusan lebar ini biasanya untuk spesifikasi para pesepeda perempuan. Sadel yang untuk perempuan cenderung bagian belakangnya lebih lebar dan panjang baian depan lebih pendek dibanding miliki laki-laku. Pabrikan biasanya memproduksi sadel dengan ukuran lebar 125 mm sampai lebih dari 145 mm. 

– Race.

Sadel ini cocok untuk sepeda balap, ukuran shell-nya sempit dan ringan. Paddingnya minimalis dan memiliki atasan yang kaku.

– Mountain Bike. 

Sadel untuk sepeda gunung atau MTB harus yang ukuran shell-nya sempit dengan lapisan sedang dan ringan, bagian belakang sadel biasanya menyempit dengan lekukan pada bagian depan.

– Gel 

Sadel ini seperti bantal dengan berat yang sedang. Bentuknya agak lebar dan atasan yang fleksibel.

– Cutaway

Sadel ini mirip dengan sadel mountain bike tapi ada bagian yang terpotong pada bagian tengahnya.

– Wide/Cushion. 

Sadel tipe ini bagian belakangnya melebar, lapisannya tebal dan berat. Cocok banget buat pesepeda perempuan.

– All Leather. 

Sadel ini beratnya sedang, bagian belakang biasanya lebar. Karena berbahan kulit, jadi perlu cover spesial jika cuaca basah. Apalagi kalau harga sadelnya mahal. Perawatan harus ekstra, bro. 

 

source: https://www.rodalink.com/id/blog/tips_memilih_sadel_sepeda
Gear Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Kristian Mustafa
Nice info.
Umar
nice info
Shutter
nice info..
agung
tq info ya
Ldr_Lstyd
nice info gan
Muhamad Gerry
Nice info
Bahar
Nice info
Yumna Aditya Prakoso
mantap gan
Yuniarto ( Tato )
Nice infoo
Agus Sungkawa
Info yang bermanfaat