Mengenal Tinalapu, Pulau Kecil yang Dikelilingi Laut Sebening Kaca

Menikmati liburan di pulau kecil tentu bakal membuat semua orang merasa tenang dan nyaman ya, bro. Dengan kondisi pulau yang nggak banyak penghuninya jadi terasa seperti liburan di pulau milik pribadi. Apalagi kalau pemandangan air laut di sekelilingnya tampak sebening kaca seperti di Pulau Tinalapu. Mau tau seperti apa keindahan pulau tersebut? Simak ulasan lengkapnya!

Mengenal Tinalapu, Pulau Kecil yang Dikelilingi Laut Sebening Kaca

Sulawesi memiliki banyak destinasi wisata yang begitu memanjakan mata dan populer di kalangan wisatawan. Namun, ternyata ada pulau kecil yang masih belum banyak diketahui oleh wisatawan. Meskipun nggak begitu populer, Pulau Tinalapu menjadi salah satu destinasi wisata yang sayang banget untuk dilewatkan kalau sedang berkunjung ke Sulawesi Tengah.

Berenang di air lautnya yang sebening kaca sambil menikmati keindahan alam bawah lautnya menjadi aktivitas andalan di pulau kecil ini. Biar makin tau tentang Tinalapu, simak ulasan berikut ini!

Pulau Gersang

Mengenal Tinalapu, Pulau Kecil yang Dikelilingi Laut Sebening Kaca

Image source: instagram.com/ipinutoyo

Tinalapu adalah sebuah pulau kecil yang berada di Sulawesi Tengah yang nggak memiliki penghuni. Sesampainya di pulau ini, lo hanya akan disambut oleh beberapa pohon aja. Hal tersebut membuat pulau kecil di Teluk Tomini ini terlihat begitu gersang tapi tetap terlihat indah karena warna hijau dari pohon, putih dari pasir, dan birunya air laut jadi suguhan yang sempurna.

Nggak Begitu Populer

Mengenal Tinalapu, Pulau Kecil yang Dikelilingi Laut Sebening Kaca

Image source: instagram.com/harivalzayuka

Destinasi wisata yang nggak populer biasanya dapat disebabkan beberapa hal, salah satunya adalah kurang gencarnya promosi. Hal tersebut ternyata memang benar karena hanya masyarakat sekitar aja yang tau keberadaan pulau kecil ini.

Awalnya pulau ini hanya digunakan sebagai tempat singgah bagi nelayan yang menunggu waktu tepat untuk mencari ikan atau memancing.

Area Pulau Nggak Luas

Mengenal Tinalapu, Pulau Kecil yang Dikelilingi Laut Sebening Kaca

Image source: instagram.com/rogernayoan

Pulau kecil yang memiliki pasir putih yang halus dan keindahan bawah laut yang menawan ini nggak memiliki lahan yang luas, sehingga mengelilingi pulau tersebut hanya membutuhkan waktu yang singkat yakni kurang lebih sekitar 5 menit aja. Jika diibaratkan, pulau ini besarnya hanya seperempat lapangan sepak bola, bro.

Aktivitas Seru

Mengenal Tinalapu, Pulau Kecil yang Dikelilingi Laut Sebening Kaca

Image source: instagram.com/norifumi_lovers

Memiliki perairan yang dangkal membuat Pulau Tinalapu sangat pas bagi wisatawan yang ingin berenang dan snorkeling. Keindahan bawah lautnya yang dipenuhi berbagai jenis ikan bakal sayang untuk dilewatkan begitu aja. Selain itu, lo juga akan mendapatkan spot keren untuk mengabadikan momen bersama teman atau keluarga, bro.

Rute ke Pulau Tinalapu

Satu-satunya cara agar dapat menjangkau pulau kecil ini adalah dengan menggunakan speedboat atau kapal dari Pelabuhan di Pagimana dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Jika berangkat dari Luwuk, lo akan menempuh kurang lebih 3 jam perjalanan darat.

Nah itulah beberapa informasi mengenai Pulau Tinalapu di Sulawesi Tengah, pulau asri yang masih jarang dikunjungi wisatawan. Buat yang mau menikmati liburan di pulau kecil rasa pulau pribadi, Pulau Tinalapu bisa banget dijadikan pilihan nih, bro.

Keindahan alam hingga bawah lautnya wajib banget untuk disambangi kalau lagi ke Sulawesi Tengah. Tertarik untuk ke Pulau Tinalapu, bro?

 

Source: travelingyuk.com
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
eNeS
keren pasirnya bersih, airnya jernih. semoga terjaga..
nugraha
Tempat yg asik buat menyepi dari hingar bingar kota
Ldr_Lstyd
jadi pengen kesana
Yuniarto ( Tato )
Indahnya lautku
dephy
sungguh jernih banget kaya kaca abis dilap
Fajar Satritama
Otw in lahhh
Yumna Aditya Prakoso
keren gan
Cecep Jajang
Udah lama banget gak holiday
Bahar
Nice info
Agus Sungkawa
Semoga tetap lesatari alam dan Pemandangannya