Flat Vs Clipless Pedal, Lebih Nyaman Mana Buat Gowes?

Pedal merupakan salah satu komponen penting sepeda. Tanpa pedal, sepeda nggak akan bisa jalan, kecuali didorong. 

Flat Vs Clipless Pedal, Lebih Nyaman Mana Buat Gowes?

Kendaraan roda dua ini membutuhkan yang namanya alat kayuh. Nah pedal adalah jawaban sebagai penggerak sepeda. Selain itu pedal juga bisa mendukung performa bersepeda. Karena memiliki fungsi sebagai pengatur kecepatan saat melaju. 

Semakin cepat putaran pedal, maka semakin tinggi pula kecepatan bersepeda. Tipe-tipe pedal sebenarnya ada banyak, tapi kali ini kita akan mengulas dua jenis pedal yang memang umum dipakai banyak orang. 

Iya, sesuai judulnya flat vs clipless pedal, mana sih yang kira-kira lebih cocok? Karena clipless pedal harus menggunakan sepatu khusus agar pijakan kaki lebih kuat.

Kelebihan Flat Pedal

Flat Vs Clipless Pedal, Lebih Nyaman Mana Buat Gowes?

Image source: amweekenders.blogspot.com

Kalau lo memilih flat pedal alias pedal yang rata, pijakan kaki akan lebih bebas.  Pedal tipe ini juga tidak membutuhkan sepatu khusus. Jadi lo bisa memakai sepatu jenis apa aja, bahkan sandal sekalipun.

Adasih sepatu khisis untuk flat pedal, dengan tapak yang lebih keras dan tidak licin. Bentuknya juga seperti sepatu casual kebanyakan. Malah cenderung mirip sepatu skateboard. Tapi memang tidak dianjurkan untuk memakai sepatu khusus.

Pedal rata, khususnya yang modern kebanyakan memiliki bentuk yang tipis. Tipisnya pedal bisa memangkas beban sepeda. Buat pemain BMX< pedal rata pasti jadi favorit, karena cocok banget buat melatih skill. 

Kekurangan Flat Pedal

Flat Vs Clipless Pedal, Lebih Nyaman Mana Buat Gowes?

Image source: amazon.ca

Flat pedal ini cenderung licin. Karena bentuknya yang benar-benar rata. Nggak semua pedal rata memiliki tapak yang kasar untuk menahan kaki. Selain itu, kalau pakai tipe pedal rata itu sulit dikendalikan ketika menghadapi jalan yang menurun. Saat turunan kecepatan putaran pedal kala cepat dengan putaran roda, pada momen itu akan lebih sulit untuk mengayuh karena kaki bisa mudah terlepas dari tapak pedal.

Terus gimana kalau clipless pedal? Clipless pedal itu pedal yang tanpa klip. Isilah clip ini dulu dipakai pada sepeda yang memiliki semacam sarung atau pengikat sepatu ke pedal. 

Nah, clipless ini semacam inovasi terbarunya yang tanpa clip. Kalau pakai pedal ini harus juga menggunakan sepatu khusus, di mana pada bagian sepatu ada pengait atau pengunci ke pedal. 

Kelebihan Clipless Pedal

Flat Vs Clipless Pedal, Lebih Nyaman Mana Buat Gowes?

Image source: federleicht-bike.com

Pedal jenis ini lebih konsisten untuk menjaga posisi kaki tetap menapak di pedal. Meski dalam kecepatan tinggi seperti di jalan menurun, posisi kaki dipastikan tetap stabil.

Ketika bersepeda di jalan yang tidak rata, kaki juga tidak mudah lepas, sehingga kayuhan sepeda tetap seimbang. Pada dasarnya, clipless pedal ini lebih menjamin posisi kaki agar selalu berada di tapak pedal.

Kekurangan Clipless Pedal

Flat Vs Clipless Pedal, Lebih Nyaman Mana Buat Gowes?

Image source: gizmodo.com

Kekurangannya clipless pedal adalah lo harus merogoh kocek tambahan untuk membeli sepatu khusus tadi. Percuma kalau sepeda kesayangan lo dipasang clipless pedal, tapi nggak punya sepatu khususnya.

Selain itu, karena kaki mengait ke pedal, tipe ini juga berisiko lebih sering terjatuh. Keseimbangan dan gerakan reflek dengan posisi yang tidak bebas bergerak seringkali bikin pesepeda jatuh.

Nah, dari penjabaran di atas lo bisa tentuin sendiri deh, kira-kira tipe pedal mana yang bisa bikin lo nyaman bersepeda.

 

Source: https://www.sepeda.me/parts/drivetrain-sepeda/flat-vs-clipless-pedal-perbedaan-dan-mana-yang-lebih-cocok.html
Gear Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Yg Flat Aja lebih mudah
Ldr_Lstyd
Enakan flat aja
Agus Sungkawa
Nice info
Ani
pilih flat