Traveling Pakai Pesawat, Barang Ini Nggak Disarankan Ada di Dalam Koper!

Kemampuannya untuk memuat banyak barang secara ringkas dan aman membuat koper menjadi tempat menyimpan barang saat liburan yang direkomendasikan. Yup, tas besar berukuran kotak ini bisa dibilang menjadi salah satu kebutuhan esensial bagi para wisatawan yang ingin pergi liburan. Ternyata, ada beberapa perlengkapan liburan yang tidak disarankan untuk dibawa di dalam koper lho, bro. Berikut ulasan selengkapnya.

Traveling Pakai Pesawat, Barang Ini Nggak Disarankan Ada di Dalam Koper!

Ketika bepergian menggunakan pesawat dalam jangka waktu yang relatif lama, pasti lo bakal mempertimbangkan untuk membawa koper berukuran besar. Koper yang berukuran besar tentu saja tidak bisa dibawa dan disimpan dalam kabin pesawat, sehingga harus disimpan di dalam bagasi pesawat.

Nah, sebelum keberangkatan pesawat lo harus menyortir barang-barang di dalam koper, bro. Oleh karena itu, disarankan agar membawa tas kecil yang bisa lo bawa kemana-mana untuk memuat barang-barang sortiran tersebut. Lo perlu mempertimbangkan barang apa saja yang diletakan di dalam koper dan barang apa saja yang sebaiknya lo bawa dengan tas kecil di dalam kabin, bro.

Selain itu, dalam dunia penerbangan juga ada aturan dan larangan mengenai benda atau barang tertentu yang dibawa dalam pesawat. Lalu kira-kira apa sajakah barang-barang terlarang tersebut? Yuk mulai cek koper liburan lo, bro. Berikut beberapa informasi terkait barang apa saja yang sebaiknya tidak disimpan dalam koper liburan.

Paspor dan Dokumen Penting

Traveling Pakai Pesawat, Barang Ini Nggak Disarankan Ada di Dalam Koper!

Pastikan dokumen-dokumen penting seperti paspor dan kartu identitas dibawa dalam pesawat tanpa disimpan dalam koper di bagasi, bro. Hal ini tentu saja sangat penting. Pasalnya, paspor dan dokumen penting lainnya pasti sewaktu-waktu akan lo perlukan selama perjalanan.

Jangan sampai kerepotan membuka koper hanya untuk mencari paspor atau dokumen penting lainnya. Boarding pass pun merupakan dokumen yang tak kalah pentingnya, Jika hilang bisa-bisa lo dianggap imigran gelap, bro.

Barang Mudah Pecah

Traveling Pakai Pesawat, Barang Ini Nggak Disarankan Ada di Dalam Koper!

Image source: nzherald.co.nz

Meskipun koper liburan lo merupakan koper keluaran terbaru dengan harga mahal, sebaiknya tetap hindari membawa barang mudah pecah belah di dalamnya, bro. Barang mudah pecah belah ini pun termasuk barang-barang elektronik yang rentan rusak saat terkena guncangan ataupun bantingan.

Hindari menyimpan laptop dan barang mudah pecah belah lainnya di dalam koper liburan. Meskipun telah diberi stiker fragile, hal ini tidak menjamin barang lo aman di bagasi pesawat, bro.

Negatif Film

Traveling Pakai Pesawat, Barang Ini Nggak Disarankan Ada di Dalam Koper!

Bicara mengenai liburan, barang yang tak boleh ketinggalan dan sangat penting untuk dibawa selain koper liburan tentu saja adalah kamera. Para pencinta fotografi mungkin masih mengoleksi dan membawa kamera yang menggunakan negatif film karena hasil fotonya yang unik dan menarik.

Tapi, jangan menyimpan negatif film di dalam koper atau tas yang akan melewati mesin pemindai ya, bro. Pasalnya, negatif film akan rusak setelah melewati bilik pemindai yang menggunakan sinar X, bro. Oleh karena itu, sebaiknya simpan negatif film tersebut dalam tas dan keluarkan saat akan melalui pemeriksaan sinar X. Dengan begitu negatif film yang lo miliki akan tetap bisa digunakan untuk mengambil foto momen liburan, bro.

Benda yang Mudah Terbakar dan Benda Berbau Tajam

Traveling Pakai Pesawat, Barang Ini Nggak Disarankan Ada di Dalam Koper!

Selanjutnya, jangan bawa benda-benda yang mudah terbakar di dalam koper liburan ya, bro. Benda-benda yang mudah terbakar tersebut bisa berupa zat cair maupun benda padat. Misalnya bahan bakar, cat, thinner, lem, metanol, cairan pemantik api, petasan, suar, kembang api, dan lain sebagainya. Benda ini tidak boleh dibawa dalam koper, baik di bagasi maupun di dalam kabin.

Selain itu, benda yang memiliki bau yang tajam pun dilarang dibawa ke dalam pesawat, bro. Beberapa benda berbau tajam ini diantaranya adalah terasi udang, petis udang, durian, dan berbagai produk lain yang mengeluarkan bau tajam. Jika lo mau membawa produk tersebut maka lo bisa menyimpannya di dalam koper pada bagasi pesawat. Jangan lupa untuk dibungkus berlapis-lapis agar baunya tidak keluar dan mengkontaminasi benda lain di sekitar koper liburan lo, bro.

Nah, itulah beberapa informasi terkait barang apa saja yang sebaiknya tidak disimpan dalam koper liburan. Selalu utamakan keamanan dan keselamatan saat liburan ya, bro. Selamat berlibur!

 

Referensi : https://www.bobobox.co.id/blog/koper-travelling/
Tips Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Rdh
Nice info
Cecep Jajang
Baru tau ternyata gitu ya
Yuniarto ( Tato )
harus di perhatiin nih
Ldr_Lstyd
Nice info ga
Bahar
Nice info
Agung Sutrisno
Sediakan tas kecil yang bisa dibawa kemana-mana untuk memuat barang / surat yang penting
Adam Gilang Fadhillah
Ahhhhhhhhhhh
Agus Sungkawa
Informasi yg bermanfaat