Pantai Sambunyi, Surga Tersembunyi di Maluku Tenggara

Keindahan alam Indonesia selalu sukses menarik hati semua orang untuk berkunjung dan menikmati pemandangan nan memesona yang disajikan. Bahkan, tempat indah bak surga itu pun kadang tersembunyi, seperti halnya Pantai Sambunyi di Maluku Tenggara. Mau tau gimana bagusnya surga tersembunyi itu? Simak ulasannya berikut ini!

Pantai Sambunyi, Surga Tersembunyi di Maluku Tenggara

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memang terkenal akan keindahan alam yang berbeda dari negara lainnya. Dari pesona alam pegunungan hingga pantainya, semua tampak jelas memperlihatkan keindahan yang nggak ada duanya. Indonesia pun nggak hanya gugusan pulau Jawa, Maluku juga memiliki pesona alam yang nggak kalah indah, bro.

Wisata alam yang tersembunyi seperti Tanjung Boina menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang ampuh membuat semua orang terpesona. Traveling ke sini pun nggak akan menyesal seumur hidup! Yuk mengenal lebih dekat dengan wisata alam yang satu ini, bro!

Nama Asli Pantai

Pantai Sambunyi, Surga Tersembunyi di Maluku Tenggara

Image source: Stephanie Elia/kumparan

Pantai tersembunyi ini terletak di Tanjung Boina, tepatnya di balik tebing karang Pulau Asutubun, Saumlaki, Maluku Tenggara. Pantai yang dikenal dengan nama Sambunyi ini hingga kini nggak diketahui nama aslinya sehingga warga memberikan nama tersebut agar mudah untuk mempromosikan serta menyebutnya.

Di balik pemberian nama Sambunyi dari warga, ternyata pulau ini menyimpan kisah yang menarik juga. Menurut penuturan warga asli Saumlaki, dahulu ada seorang warga Olilit bernama Bung Amus, yang terkenal suka mabuk dan suka memukul orang saat dirinya sedang mabuk. Bung Amus lalu dikejar polisi dan kabur ke Pantai Sambunyi.

Sayangnya, polisi nggak pernah menemukan Bung Amus di Pantai Sambunyi. Akhirnya setelah merasa aman, Bung Amus keluar ke Pulau Satu dan mencuri makanan dari tambak warga. Jadi, bisa dikatakan kalau Bung Amus sebagai penemu pulau tersebut. Oleh karena itu, akhirnya pantai tersebut dinamakan Pantai Sambunyi.

Perjalanan Menuju Pantai

Pantai Sambunyi, Surga Tersembunyi di Maluku Tenggara

Image source: instagram.com/vrenth_rumudy

Buat yang mau berkunjung ke sini, jalur yang bisa dilalui hanya bisa ditempuh dengan menggunakan long boat dari Pantai Kelyar, bro. Namun, selama perjalanan, lo akan disuguhkan dengan pemandangan hutan bakau, tebing karang yang ada di sisi kanan dan kiri, serta laut biru yang menyegarkan mata. Perjalanan ini setidaknya ditempuh kurang lebih selama 30 menit.

Harus Mendaki

Pantai Sambunyi, Surga Tersembunyi di Maluku Tenggara

Image source: instagram.com/thony_nara94

Pantai Sambunyi di Maluku Tenggara ini terletak di balik tebing karang yang di puncaknya terdapat Monumen RI yang sekaligus menjadi puncak tertinggi di Saumlaki, sehingga pemandangan dari atas terlihat sangat memesona.

Setelah mendaki tebing kurang lebih selama 15 menit, selanjutnya lo akan tiba di Pantai Sambunyi. Lelah selama pendakian pun bakal hilang setelah menyaksikan keindahan pantai yang satu ini.

Hal Menarik yang Bisa Dilakukan

Selain menikmati keindahan pantai dari pinggirannya aja, lo juga bisa melakukan beberapa aktivitas lain di sini. Air laut yang jernih bisa dinikmati langsung untuk berenang maupun snorkeling. Walaupun area pantai nggak begitu luas, pantai yang memiliki pepohonan rindang di belakangnya ini akan membuat semua pengunjung yang datang merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama di sini.

Nggak hanya itu aja, bahkan banyak spot foto keren untuk mengabadikan momen terbaik, bro. Tebing-tebing tinggi yang mengapit Pantai Sambunyi ini akan membuat setiap pengunjung yang datang merasa sedang berada di pantai pribadi.

Buat yang mencari destinasi pantai yang berbeda dari pantai-pantai lainnya, Pantai Sambunyi ini bisa dijadikan salah satu tempat tujuan menarik, bro. Ada yang sudah pernah ke sini? Kalau belum, setelah bisa kembali traveling, surga tersembunyi di Maluku Tenggara ini sepertinya wajib dikunjungi, bro!

 

Source: 
travelingyuk.com
kumparan.com
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Heni Oen
ternyata banyak spot keindahan yang tersembunyi
Bahar
Nice info
SRI YAYA ASTUTI
INDAH CANTIK BERSIH DAN TERSEMBUNYI
Yumna Aditya Prakoso
asli keren banget
Rdh
Kereeeen
Yuniarto ( Tato )
Ini si kepingan Surga
Cecep Jajang
Wah pengen nyoba nih
Agus Sungkawa
pemandangan dari atas terlihat sangat memesona.
Yoga prisma haryanto
Kereeen pisan