Tempat-tempat Buat Kemah yang Seru di Bogor

Menikmati malam yang tenang di tengah rimbunnya pegunungan ditambah udara yang segar di pagi hari pasti sangat ampuh menghilangkan penat akibat rutinitas sehari-hari. Tempat-tempat yang sangat mengasyikan ini bisa lo temukan nggak jauh dari Kota Jakarta, tepatnya di Bogor Kota Hujan. Dimana saja tempat-tempat berkemah yang asyik tersebut? Berikut ulasan selengkapnya, bro!

Tempat-tempat Buat Kemah yang Seru di Bogor

Mencari tempat berkemah di Bogor ternyata tidak sesulit mencari jodoh. Saat ini, ada banyak pengelola tempat berkemah yang menyediakan tempat-tempat yang asri lengkap dengan segala peralatannya yang siap untuk lo gunakan, bro.

Kalau lo mau membawa tenda sendiri pun boleh saja. Hal tersebut tentu saja bisa membuat lo lebih hemat budget saat berkemah bersama teman-teman ataupun keluarga. Nah, diantara sekian banyak tempat berkemah di Bogor, berikut beberapa tempat kemah yang bisa lo jadikan referensi untuk menyegarkan pikiran di akhir pekan.

Gunung Pancar

Tempat-tempat Buat Kemah yang Seru di Bogor

Image source: instagram.com/gunungpancar

Siapa yang nggak tau jajaran pohon pinus di Gunung Pancar, Sentul, Bogor? Mendirikan tenda di antara tingginya pohon pinus yang mengelilingi tenda pasti bakal memberikan pengalaman berkemah yang tak terlupakan.

Kalau lo ingin mendapat spot kemah terbaik dan agak jauh dari keramaian, lo bisa masuk ke dalam bumi perkemahan yang agak jauh dari pintu masuk. Di beberapa tempat tersedia MCK kok, bro. Selain itu, pengelola juga menyiapkan listrik dan lampu sorot jika lo membutuhkannya. Tapi untuk menghemat budget, ada baiknya untuk membawa alat penerangan juga dari rumah.

Selain hutan pinus, di Gunung Pancar juga ada pemandian air panas lho, bro. Lo juga bisa membawa sepeda dan bersepeda di daerah yang sangat asri ini. Seru banget deh, bro!

Agrowisata Gunung Mas

Tempat-tempat Buat Kemah yang Seru di Bogor

Image source: instagram.com/tiara_luhur

Mau merasakan sensasi berkemah di tengah perkebunan teh? Lo harus coba berkemah di Agrowisata Gunung Mas, bro. Berada di ketinggian 1200 mdpl, suasana Gunung Mas sangatlah sejuk dan menyegarkan. Menjelang malam, dinginnya semakin terasa, bro.

Tapi, jika berkemah bersama teman-teman ataupun keluarga dengan ditemani api unggun pasti akan terasa hangat. Agrowisata Gunung Mas bisa menampung sekitar 300-an orang. Cocok juga untuk acara gathering kantor. Ketika matahari pagi mulai menyinari, lo bisa menyusuri perkebunan teh dan menikmati fasilitas lain di sini, seperti berkuda, gantole, hingga off road, bro!

Bumi Perkemahan Sukamantri

Tempat-tempat Buat Kemah yang Seru di Bogor

Image source: instagram.com/yulyan_parwati

Berada di kaki Gunung Salak, lo bakal menikmati panorama pegunungan dengan perpaduan pohon pinus dan rasamala yang sangat asri di tempat ini, bro. Walaupun akses jalan ke bumi perkemahan Sukamantri belum terlalu bagus, tapi begitu sampai di lokasi perkemahan dan melihat pemandangannya pasti lo bakal terpukau.

Lokasi bumi perkemahan Sukamantri tepatnya berada di sebuah lembah Gunung Salak dengan tanah datar. Ketika malam tiba lo bisa melihat indahnya kota Bogor dengan lampu-lampunya di tempat ini, bro. Saat pagi, sunrise akan membangunkan tidur lo dari balik tenda saat lo membuka resleting pintunya.

Beberapa fasilitas, seperti toilet dan mushola bisa dijumpai dengan mudah di sini. Harga tiket masuk perkemahannya pun juga sangat terjangkau, bro.

Citamiang

Tempat-tempat Buat Kemah yang Seru di Bogor

Image source: instagram.com/wonderfulcitamiang

Pemandangan hutan pinus dan perkebunan teh menjadi daya tarik perkemahan yang terletak di Kampung Pondok Rawa, Cisarua ini. Lo bisa melakukan tea walk dan juga jungle trekking sekaligus di area bumi perkemahan Citamiang, bro.

Fasilitas di perkemahan ini pun cukup lengkap. Bahkan ada juga fasilitas kolam renang, meski harus membayar tiket terusan jika lo ingin menikmatinya.

Ciputri Tenjolaya

Tempat-tempat Buat Kemah yang Seru di Bogor

Image source: highlandcamp.co.id

Perkemahan Ciputri terletak di lokasi perbukitan yang masih sangat asri. Bahkan, lo bisa melihat elang jawa dan monyet yang berkeliaran di dekat perkemahan ini, bro.

Jika lo menginap di bumi perkemahan ini, pada pagi harinya lo bisa trekking ke Curug Putri, Curug Padalarang atau Curug Kiara. Jalur trekking-nya lumayan berat, sampai-sampai ada river trekking juga, bro! Tapi, pasti bakal jadi pengalaman seru dan sangat berkesan.

Bumi Perkemahan Gunung Bunder

Lo pasti sudah nggak asing dengan bumi perkemahan yang satu ini.  Yup, Bumi perkemahan Gunung Bunder memang sangat populer dengan nuansa alam pegunungannya yang bisa digunakan untuk berkemah di Bogor. Lokasinya terletak di Taman Nasional Gunung Halimun Salak dengan akses yang sangat mudah untuk dijangkau.

Terdapat beberapa spot untuk berkemah di Gunung Bunder, salah satunya di dekat Curug Cihurang. Hanya berjarak sekitar 50 meter saja dari curug tersebut, lo sudah bisa mendirikan tenda, bro.

Selain itu, masih banyak curug lain yang bisa dinikmati di sekitar perkemahan Gunung Bunder, seperti Curug Cigamea, Curug Ngumpet, dan lainnya. Banyaknya hutan pinus di beberapa camping ground Gunung Bunder akan memudahkan lo untuk memasang hammock dan bersantai di atasnya.

Nah, itulah beberapa tempat berkemah di Bogor yang bisa lo jadikan referensi untuk menyegarkan pikiran di akhir pekan. Tetap utamakan keamanan dan keselamatan saat berpetualang ya, bro.

 

Referensi : https://review.bukalapak.com/travel/rekomendasi-tempat-kemah-di-bogor-70215
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
Heni Oen
Asyik bisa kemping rame2
agung
tq info ya
RYAN PRIBADI SETIAWAN
jadi pengen ke tawangmangu
Bahar
Wooowww, keren
Yumna Aditya Prakoso
mantap gan
Rdh
Kereeeeen
Yuniarto ( Tato )
Seru nih kayanya
Cecep Jajang
Padahal deket banget,tapi sibuk banget.hehe
Fajar Satritama
Boleh dicoba nips
Agus Sungkawa
Manatp tempatnya