Melayang dan Akrobatik, Cara Esktrem Menikmati Otopet

Siapa bilang kalau otopet atau push scooter cuma mainan untuk anak kecil. Sejak kemunculannya pada tahun 1999, otopet terus dikembangkan dengan spesifikasi yang lebih tangguh.

Melayang dan Akrobatik, Cara Esktrem Menikmati Otopet

Perusahaan pembuat otopet menyajikan wheels atau roda yang bisa melaju lebih cepat, serta bisa melakukan trik-trik ekstrem. Dan terbukti, komunitas otopet pelan-pelan unjuk gigi. Mereka dengan bangga mengendarai benda mirip sepeda, tapi dengan papan beroda dua di bagian depan dan belakang, yang dilengkapi setang agak panjang menyerupai tongkat.

Nggak bisa dianulir kalau Freestyle Push Scooter belakangan menjadi salah satu olahraga esktrem. Komunitas ini berbaur dengan olahraga ekstrem lainnya seperti BMX, skateboard, atau agressive inline skate. Arena permainan mereka sama, sampai trik yang dilakukan juga mirip.

Memang sih Freestyle Push Scooter kurang populer dibanding yang lainnya, tapi faktanya, otopet ekstrem ini mampu mencuri perhatian para penikmat olahraga ekstrem skateboard dkk.

Indoor dan Outdoor

Melayang dan Akrobatik, Cara Esktrem Menikmati Otopet

Freestyle Push Scooter bisa dibilang satu 'geng' dengan BMX maupun skateboard. Arena bermainnya bisa di dalam ruangan alias indoor. Para pemain biasanya akan membuat setting arena dengan obstacle yang mirip dengan arena freestyle BMX atau skateboard. Ada lintasan, rel, bahkan bowl. 

Kalau di outdoor, para pelaku Freestyle Push Scooter biasanya memanfaatkan fasilitas di ruang publik yang bisa dijadikan sebagai obstacle. Para pelakunya bisa memilih untuk bermain di arena mana, trik dan aksi melayang di atas otopet bisa dilakukan di kedua arena.

Di luar negeri sendiri, khususnya di Kanada, Amerika Utara, ada toko bernama Wheelz Scooter yang mana menjadi tempat para pemain otopet ekstrem kumpul. Luasnya 1.500 meter persegi yang dilengkapi dengan area permainan dan dirancang khusus oleh perusahaan bernama Canadian Ramp. Perusahaan itu berafiliasi dengan American Ramp, sebuah perusahaan yang terkenal membangun skatepark di hampir seluruh Amerika Utara.

Para pemain otopet ekstrem pasti girang main di sana. Karena terbilang, toko tersebut cukup memadai untuk para pelaku Freestyle Push Scooter meningkatkan bakat.

Si pemilik toko bernama Sean dan Silvia Danchucks bahkan memiliki harapan kalau dari fasilitas di tokonya bisa melahirkan pemain Freestyle Push Scooter yang berbakat. Kebanyakan pengunjung di tokonya itu terbilang masih muda, kisaran usia 7 sampai 14 tahun. Usia remaja dianggap lebih gampang mempelajari scooter ketimbang BMX atau skateboard. 

Komunitas di Indonesia

Melayang dan Akrobatik, Cara Esktrem Menikmati Otopet

Di Indonesia Freestyle Scooter sudah dilakoni sejak delapan tahun yang lalu. Tepatnya pada tanggal 30 September 2012, yang mana tanggal itu juga sebagai hari jadinya Freestyle Scooter Indonesia.

Komunitas ini dijadikan sebagai wadah untuk sharing dan kongko sesama penyuka otopet ekstrem. Dalam waktu tiga tahun, anggota komunitas tersebut bertambah menjadi 200 orang pada tahun 2015. Anggota itu tersebar di wailayah dan daerah-daerah. 

Kalau di Bandung, nama komunitasnya Free Style Otopet. Ketika beraksi, mereka biasanya bergabung dengan komunitas skateboard dan BMX. Biasanya mereka berlatih di arena terbuka secara bergantian di Taman Paupati, Jalan Balubur, hingga trotoar depan Gedung BNI Jalan Wastu Kencana. Untuk menguasai sejumlah triknya, kebanyakan para pemainnya belajar otodidak dari Youtube.

Trik dasarnya adalah berputar 360 dan 280 derajat, lalu ada tailwhip, sampai bar spin. Untuk teknik 360 dan derajat itu lo harus mengandalkan kekuatan kedua lengan atas dan bahu. Karena rik ini lo harus sanggup mengangkat sekujur tubuh sekaligus mengangkat otopet sambil memutar badan.

Kalau bar spin itu trik memutar tongkat setang sambil meloncat. Sementara tailwhip gerakan mengangkat setang ke udara lalu kedua kaki pemain memutarkan papan otopet hingga setengah lingkaran.

 

Source: https://top.skor.id/detail/49345/Sekarang-Otopet-Bisa-Beraksi-Ekstrem
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Bahar
Nice info
agung
tq info ya
dephy
CARA EKSTREM
Adam Gilang Fadhillah
Ngeri guys
Ldr_Lstyd
seru kayanya
Fardi Irawan
Keren jadi pengen punya otopet
Agung Sutrisno
Otopet ekstrem ini mampu mencuri perhatian para penikmat olahraga ekstrem skateboard