Spot Rafting Buat Pemula? Cobain Sungai Elo Magelang Bro!

Mendayung papan di atas perahu karet bakal lebih seru ketika menemukan arus deras aliran sungai. Adrenalin terpacu, jadi mau coba lagi dan lagi. Iya, itu jadi salah satu hal yang bikin kegiatan rafting jadi seru banget. 

Spot Rafting Buat Pemula? Cobain Sungai Elo Magelang Bro!

Di Magelang, Jawa Tengah, ada spot rafting yang seru dan cocok buat pemula. Tetap menantang dan bikin ketagihan. Kalau lagi jalan-jalan ke kota yang dijuluki Tuin Van Java, sempetin deh buat mampir ke Sungai Elo. Di sana lo, lo bisa uji nyali buat menaklukan sungai dari atas perahu karet. Buat pemula aman kok.

Tipe Sungai Grade II

Spot Rafting Buat Pemula? Cobain Sungai Elo Magelang Bro!

Image source: tripilarwisata.com

Arung jeram Sungai Elo memiliki rute dengan panjang 11 kilometer. Pemandu profesional bakal mendampingi di atas perahu karet. Jadi jangan khawatir, keseruan lo bakal terjamin dari sisi keselamatan. 

Jadi SUngai Elo merupakan anak sungai progo yang karakternya sungai sempit dengan debit air yang stabil sepanjang tahun. Sepanjang jalurnya, kondisi ari terbilang tenang. Ada sih beberapa jeram yang mampu mengoyak perahu, lumayan bikin adrenalin naik.

Panoramanya nggak kalah cantik. Kalau lagi musim kemarau, kondisi airnya jernih banget, arusnya tenang, cocok banget buat melakukan permainan air mulai dari flip flip, spinning, atau sekadar berenang. Intinya memanfaatkan air sungai selain rafting.

45 Menit dari Yogyakarta

Spot Rafting Buat Pemula? Cobain Sungai Elo Magelang Bro!

Image source: arungjerameloprogo.com

Sungai Elo terbilang dekat lokasinya dari Kota Yogyakarta. Cuma 45 menit aja, bro. Hulu Sungai Elo berasal dari Gunung Merbabu. Karena tingkat kesulitannya hanya tingkat II, jadi terbilang aman. Seru-seruan rafting di Sungai Elo jadi bisa dihayati tanpa harus ketakutan perahu terbalik, apalagi tenggelam. 

Rafting di Sungai Elo tersedia dari berbagai macam operator. Jalur rafting diambil dimulai dari tepi jembatan Blondo, Mungkid, Kabupaten Magelang dan berakhir di jembatan Mendut, Mungkid. Paket rafting Sungai Elo dibandrol dengan harga sekitar Rp 800.000. Harga tersebut adalah harga per perahu dan sudah termasuk fasilitas sewa peralatan arung jeram dan pemandu sungai, transport menuju start point, asuransi, penggunaan fasilitas base camp, termasuk kamar mandi dan kolam renang, sertifikat arung jeram dan satu kali makan

Dengan panjang jalur kurang lebih 11 kilometer itu, lo bisa merasakan sensasi terhempas arus sungai dengan durasi waktu 2,5 jam pengarungan. Nggak melulu bikin jantung berdebar, karena arusnya tenang, selama menyusuri sungai lo menikmati panorama pepohonan yang asri di kiri kanannya.

Pengarungan bakal terasa seru ketika sudah berhadapan dengan arus yang sedikit deras. Perahu bisa tersendat dan terbentur batu. Sehingga lo dan kelompok di atas perahu harus bareng-bareng mengembalikan posisi perahu. Di situlah tantangan menikmati rafting sungai. 

Aliran sungai bakal lebih deras lagi ketika masuk musim hujan. Biasanya para pecinta arus deras justru lebih ramai datang ke Sungai Elo buat menguji nyali yang lebih menantang.

Kalau sudah lelah mendayung, perahu karet bisa menepi dulu untuk istirahat dan menikmati camilan makanan siang. Serunya dapat, perut dijamin nggak kosong, mantap bro!

Pilihan rafting di Magelang sebenarnya nggak cuma di Sungai Elo saja. Ada juga arung jeram di Sungai Progo Atas, yang memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi dan panjang track yang lebih panjang. 

 

Source: https://www.suara.com/yoursay/2019/09/28/100000/aman-buat-pemula-begini-serunya-rafting-di-sungai-elo
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
SRI YAYA ASTUTI
EMANG SIK SIH DI SUNGAI ELO
Yumna Aditya Prakoso
seru kayake
nugraha
seru banget nih, andrenalin bgt
Agung Sutrisno
Tempatnya asyik deh,,,silhkan yg mau ,encoba recomend
Agus Sungkawa
Seru banget..arusnya deras semkin menangtang
Rdh
Seru parah
Cecep Jajang
Belum pernah kesampean ,pengen nyoba nih