Tips Aman Saat Mendaki Gunung di Musim Hujan

Mendaki gunung di tengah guyuran air hujan tentu saja memiliki kesulitan tersendiri. Bukan hanya jalur pendakian yang menjadi lebih licin, tubuh pun menjadi lebih beresiko terkena hipotermia dalam situasi ini, bro. Oleh karena itu, lo harus terapkan beberapa tips ini jika ingin mendaki gunung di musim hujan. Berikut ulasan selengkapnya.

Tips Aman Saat Mendaki Gunung di Musim Hujan

Ketika memasuki musim hujan, pasti banyak agenda perjalanan wisata yang berubah total. Apalagi untuk para petualang yang hobi mendaki gunung. Biasanya saat musim hujan sudah datang, banyak yang akhirnya menunda rencana pendakian ke gunung.

Mendaki gunung saat musim hujan memang memiliki sejumlah resiko yang tak main-main. Kaki terkilir akibat terpeleset di jalur pendakian hingga hipotermia yang sangat ditakuti para pendaki gunung bisa saja hadir tanpa diduga-duga.

Gunung-gunung di Indonesia pun biasanya ditutup sementara untuk menghindari resiko-resiko tersebut. Namun, jika lo tetap ingin berpetualang di gunung yang masih membuka jalur pendakian, lo harus menerapkan beberapa tips ini agar tetap aman dan selamat saat mendaki di musim hujan, bro.

Perhatikan Destinasi Gunung Tujuan

Tips Aman Saat Mendaki Gunung di Musim Hujan

Mendaki bukan soal menaklukkan gunung tertinggi, melainkan soal menaklukkan diri lo sendiri, bro. Khusus untuk musim hujan, jangan terlalu berambisi untuk menaklukan gunung-gunung tertinggi dan memiliki jalur berbahaya. Ditambah lagi kalau lo mendaki bersama rombongan yang terbilang banyak jumlahnya, pasti akan lebih sulit dan sangat berbahaya.

Meskipun ada keinginan untuk mendaki gunung impian yang lebih tinggi, sebaiknya dipikirkan kembali jika ingin mendakinya di musim hujan. Pasalnya, diguyur hujan selama berhari-hari di atas ketinggian sangatlah beresiko dan menguras tenaga.

Pikirkan dengan matang, gunung mana yang nampak asyik untuk di jelajahi saat musim hujan. Salah satu gunung yang banyak direkomendasi untuk didaki pada musim hujan adalah Gunung Andong. Selain mempunyai ketinggian 1726 mdpl, gunung ini juga terkenal dengan keindahan alamnya, bro.

Pilih Gunung dengan Jalur Pendakian yang Relatif Mudah

Tips Aman Saat Mendaki Gunung di Musim Hujan

Kebanyakan jalur pendakian tentu saja bakal menjadi sulit dua kali lipat saat musim hujan daripada musim kemarau. Oleh karena itu, sebaiknya jangan memaksakan kehendak dengan memilih jalur yang menantang dan terbilang sulit, bro.

Saat musim hujan, akan lebih baik jika lo memilih gunung dengan jalur yang relatif mudah. Beberapa gunung yang memiliki jalur yang relatif mudah seperti Papandayan, Pulosari, atau Panderman cocok banget buat lo yang ingin mendaki saat musim hujan. Setidaknya, untuk menghilangkan rindu ketinggian gitu, bro.

Bawa Baju Lebih

Tips Aman Saat Mendaki Gunung di Musim Hujan

Guyuran hujan tentu saja bisa turun kapanpun tanpa permisi. Apalagi di gunung, hujan terkadang turun dengan sangat deras dan dalam durasi yang cukup lama. Bahkan, terkadang hujan bisa turun sampai berhari-hari, bro.

Oleh karena itu, sebaiknya bawa baju ganti lebih jika lo ingin mendaki ketika musim hujan. Jadi saat baju yang lo gunakan basah kuyup, lo bisa segera mengganti baju agar tubuh lo tetap hangat, bro. Tapi jangan terlalu banyak juga ya, lebihkan satu atau dua pasang baju saja.

Gunakan Sepatu Gunung Khusus

Tips Aman Saat Mendaki Gunung di Musim Hujan

Jalur pendakian yang sangat miring, ditambah guyuran air yang jatuh dari langit pasti sangat menyulitkan lo saat mendaki di musim hujan. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan sepatu gunung khusus saat musim hujan, bro.

Sebaiknya, gunakan sepatu gunung waterproof yang kedap air sekaligus anti slip. Sepatu jenis ini akan membuat kedua kaki tetap hangat dan sangat membantu saat melewati jalur licin yang dibasahi air hujan, bro. Lo juga bisa menggunakan sepatu boots khusus untuk naik gunung. Meskipun mungkin akan mudah kemasukan air, tapi ini akan lebih mudah untuk dilepas dan juga dikeringkan, bro.

Nah, itulah beberapa beberapa tips ini agar tetap aman dan selamat saat mendaki di musim hujan. Jangan lupa untuk selalu mengisi perut dan berdoa sebelum melakukan pendakian ya, bro. Tetap semangat dan pantang menyerah!

 

Referensi : https://review.bukalapak.com/travel/7-tips-aman-naik-gunung-meskipun-musim-hujan-84583
Tips Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
selalu hati-hati dan persiapkan perlengkapan
agung
tq info ya
Cecep Jajang
Haris extra hari hati ini
Rdh
Nice info
Yuniarto ( Tato )
niceeee banget
eNeS
Ada yg pernah ngalamin baju dari kering, basah, kering, basah gara" lupa bawa ganti? Parah euy..
Ldr_Lstyd
Mantap infonya
Fajar Satritama
Mantaaaap nih
Heni Oen
Thanks tipsnya bro
Agus Sungkawa
Terimakasih informasinyA