Segarnya Main Air di Curug Putri, Little Grand Canyon dari Banten

Mendengar destinasi wisata Green Canyon pasti yang langsung terbesit tertuju ke ngarai besar di Colorado, Arizona, Amerika Serikat. Eits, tunggu dulu bro, pesona sungai panjang dengan air berwarna hijau juga ada lho di Indonesia. Bahkan, salah satu objek wisata yang disebut-sebut mirip dengan Green Canyon di negeri Paman Sam itu ada di Banten. Julukannya little 'Green Canyon'.

Segarnya Main Air di Curug Putri, Little Grand Canyon dari Banten

Little Green Canyon dari Banten itu merupakan Curug Putri yang ada di kawasan lereng Gunung Pulosari, Desa Cilentung, Pandeglang, Banten. Kalau lihat foto-fotonya, rasanya segar banget main air di sana. Belum lagi dinding-dinding bebatuan yang ada di kanan kirinya, perasaan jadi terasa damai, jauh dari hiruk pikuk perkotaan yang bising.

Rute Perjalanan

Segarnya Main Air di Curug Putri, Little Grand Canyon dari Banten

Image source: mydaypack.com

Bisa dibilang, kalau mau ke Curug Putri ini nggak susah kok. Perjalanan untuk sampai ke curug menempuh jarak 2 kilometer. Karena perjalanannya cukup panjang, jadi kalau lo mau ke sana harus menyiapkan stamina yang cukup. Karena untuk sampai ke curug yang indah itu lo harus menyusuri jalan.

Trek untuk sampai ke curug juga seru banget lho. Nanti ada petugas yang bakal membingbing lo sampai ke lokasi curug. Lo bakal diajak menyusuri tebing-tebing sungai sambil memegang tambang. Ada dua bagian trek yang akan dilewati buat para pengunjung.

Trek pertama, pengunjung bakal diajak merasakan petualangan di tengah alam dengan melewati jalur panjang 5 hingga 7 meter. Lalu Trek kedua, lo harus melewati lorong yang cukup jauh, perkiraannya sepanjang 15 meter. Kebayangkan serunya, bro?

Tenang, selama perjalanan lo ke curug, lo dipinjami pelampung. Jadi, kalaupun lo harus menyusuri rute yang berair, lo akan tetap aman. Lelah perjalanan panjang itu bakal terbayar ketika lo melihat tebing-tebing yang menawan di Curug Putri. Ditambah lagi suguhan air terjunnya. Rasanya nggak mau pulang.

Oh iya, untuk tinggi Curug Putri sendiri hanya 3 meter. Tapi yang bikin cantik itu ya tadi, tebing-tebing di sisi kanan dan kiri. Untuk foto-foto, pasti cantik banget hasilnya. Apalagi ada air berwarna hijau yang jernih banget. Panjang aliran sungainya 50 meter dengan tebing yang berkelok-kelok. Pokoknya, keren banget deh tempat ini. 

Lo bisa main air sepuasnya. Konon katanya, sebelum dijadikan tempat wisata, lokasi ini dulunya dijadikan tempat yang sakral. Tapi setelah ditemukan oleh orang perhutani, maka lokasi ini digodok menjadi destinasi wisata yang mempesona. 

Warisan Geologi

Segarnya Main Air di Curug Putri, Little Grand Canyon dari Banten

Image source: instagram.com/chamars2000

Wisata Curug Putri ini sempat didorong untuk sampai di UNESCO lho. Pemerintah setempat bersyukur di lokasinya ada warisan geologi yang bisa menyedot banyak wisatawan. Apalagi lokasi wisata seperti Little Green Canyon ini terbilang langka di Banten.

Banyak pengunjung yang takjub dengan keindahan alamnya di sana. Khususnya pemandangan tebing-tebing berkelok di sisi aliran sungai. Yang bikin menawan lagi, kalau di sana itu lo bisa menemukan hewan-hewan seperti monyet bergelantung di atas pohon kalau lagi menyusuri jalan setapak. 

Nah, kalau lo bosan liburan ke pantai atau gunung, Little Green Canyon ini bisa banget jadi alternatif liburan lo nanti. Nggak jauh dari Ibu Kota, lho! 

 

Source: https://travel.detik.com/domestic-destination/d-5073066/pesona-curug-putri-yang-tak-luntur-luntur
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

17 COMMENTS

SHARE
Bahar
Kereeeennnn
Rdh
Kereeeeen
Fajar Satritama
Mantaaaaap mantaap
Shutter
nice infoo
Ldr_Lstyd
jadi pengen kesana
Yumna Aditya Prakoso
keren gan
Agung Sutrisno
Mirip dengan Green Canyon di Amerika
Yuniarto ( Tato )
Luar biasaaaaa
Heni Oen
kalau di foto cakep yah
Heni Oen
jadi kepingin ngeliat