Kantong Plastik Sudah Dilarang, Yuk Bantu Kurangi Timbunan Sampah Kresek!

Coba deh ngaku siapa yang sampai saat ini masih pakai kantong kresek atau plastik buat bawa barang? Mulai sekarang, setop dulu yuk. Saling bantu jaga bumi, dengan cara yang paling simpel. Cuma ganti kantong plastik pakai wadah yang lain aja kok. Kalau nggak mulai dari sekarang, ancamannya nyata lho buat kelangsungan makhluk hidup di bumi.

Kantong Plastik Sudah Dilarang, Yuk Bantu Kurangi Timbunan Sampah Kresek!

Per 1 Juli kemarin, larangan penggunaan kantong plastik sudah berlaku nih di Jakarta. Resminya diatur dalam Peraturan Gubernur Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat.

Pakai Kantong Belanja Ramah Lingkungan

Nah, dengan adanya aturan itu, maka penggunaan kantong belanja plastik yang sekali pakai sudah nggak boleh lagi. Artinya, kalau lo mau belanja di minimarket sampai mal, harus bawa kantong sendiri ya. Tentunya yang ramah lingkungan. Kalau mau simpel sih bawa tas aja, tote bag paling nggak.

Dari data Pemprov DKI, selama PSBB di Jakarta mulai, banyak banget lho penggunaan kantong plastik. Khususnya saat transaksi online. Padahal kantong plastik itu salah satu jenis sampah yang sangat susah untuk terdekomposisi secara alamiah. Butuh waktu puluhan tahun bro.

Makanya, Pemprov DKI sekarang kasih anjuran nih, supaya pakai kantong belanja yang reusable alias bisa dipakai berulang-ulang. Kalaupun memang belum ada, sebisa mungkin dalam beberapa transaksi belanja hanya menggunakan satu kantong plastik aja. Intinya sih menekan penggunaan kantong plastik.

Bahaya Kantong Plastik

Kantong Plastik Sudah Dilarang, Yuk Bantu Kurangi Timbunan Sampah Kresek!

Daya hancur plastik terhadap lingkungan besar banget bro. Soalnya sampah plastik itu nggak gampang terurai. Studi yang dilakukan oleh UN Environment Programme (UNEP) berjudul “Single-Use Plastics: A Roadmap for Sustainability” pada tahun 2018 mengungkapkan, sampah plastik berupa kantong dan styrofoam memerlukan ribuan tahun untuk bisa terurai.

Tahun 2010, Indonesia tercatat sebagai negara kedua penyumbang sampah plastik terbesar ke lautan dunia, setelah China. Total sampah plastik yang dihasilkan di Indonesia sampai 3,22 ton, yang mana sekitar 0,48-1,29 ton di antaranya mencemari lautan. Miris kan?

Nggak cuma itu aja, bahaya plastik juga membahayakan tubuh. Sampah plastik yang dibakar bisa mencemari lingkungan karena asap membumbung mengandung zat dioksin dan zat karsinogenik yang kalau dihirup manusia bisa menyebabkan gangguan kesehatan, seperti gangguan sistem pernapasan, kanker, dan gangguan sistem syaraf.

Kemasan plastik yang dipakai untuk membungkus makanan atau minuman panas juga bisa menimbulkan pembengkakan hati. Bahan kimia tambahan yang ada dalam plastik berdampak pada gangguan reproduksi.

Fakta lainnya, limbah plastik sudah membunuh hingga 1 juta burung laut, 100.000 mamalia laut, dan juga ikan-ikan yang jumlahnya nggak terhitung. Di Kepulauan Seribu, ditemukan penyu mati karena memakan plastik yang dikira ubur-ubur.

Segitu besar lho dampaknya ke makhluk hidup di bumi. Jadi mulai sekarang, yuk bro kurangin tumpukan sampah plastik. Nggak cuma kalian yang di Jakarta aja. Buat teman-teman yang di luar Ibu Kota juga harus mulai sadar. Mulai dari sekarang ya!

 

Source: https://megapolitan.kompas.com/read/2020/07/01/06595701/mulai-hari-ini-penggunaan-kantong-plastik-sekali-pakai-dilarang-di
Trending Beginner Extreme solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
Heni Oen
Ayo gunakan tas.belanja rotan
dephy
sayangilah bumi kita
Ldr_Lstyd
mari kurangi sampah plastik
Yuniarto ( Tato )
ide bagussss
agung
tq info ya
SRI YAYA ASTUTI
meminimalkan sampah plastik
Bahar
Nice info
Rdh
Nice info
Fajar Satritama
Ayo berbelanja dengan bijak, tanpa kantong plastik
Agung Sutrisno
Bantu jaga bumi, dengan cara yang paling simpel