Jenis Fobia yang Akrab dengan Traveler, Lo Mengidap Salah Satunya?

Aktivitas traveling biasanya menjadi sarana untuk menghilangkan penat dan lelah akibat segudang rutinitas yang dimiliki. Namun, ada sebagian orang yang mempunyai ketakutan sama hal-hal yang berbau traveling, bro. Nah, jenis fobia apa yang mengganggu orang-orang tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

Jenis Fobia yang Akrab dengan Traveler, Lo Mengidap Salah Satunya?

Sejatinya, traveling adalah sarana bagi siapa pun untuk menghilangkan kepenatan dari segala macam rutinitas. Menenangkan badan dan pikiran dari hiruk pikuk pekerjaan bisa diakhiri dengan traveling ke suatu tempat yang menawarkan pemandangan menyejukkan mata. Tapi ternyata, nggak semua orang bisa dengan mudah menerima traveling sebagai sarana penyegaran, bro.

Yap, ada sebagian dari mereka yang mengidap fobia atau ketakutan akan hal-hal yang berbau traveling. Seperti apakah fobia yang mengganggu orang-orang tertentu ini? Berikut rangkuman jenis fobia yang terjadi pada para traveler!

Thalassophobia

Jenis Fobia yang Akrab dengan Traveler, Lo Mengidap Salah Satunya?

Mungkin sebagian dari lo sudah tau dengan fobia yang satu ini. Yap, Thalassophobia merupakan ketakutan berlebih terhadap laut termasuk ombak dan hewan-hewan yang ada di dalamnya. Fobia ini nggak cuma takut dengan laut atau pantai aja. Tapi, ketika lo sedang berada di pesawat yang tengah melintasi luasnya samudera, dan merasa ketakutan, berarti lo mengidap Thalassophobia, bro.

Ketakutan ketika menyeberang dari pulau satu ke pulau yang lain menggunakan kapal, itu pun termasuk jenis fobia ini. Lo bisa menghilangkan fobia ini dengan terus menerus berada di bibir pantai, bermain dengan debur ombak, atau bahkan berenang di pinggiran pantai.

Aerophobia

Jenis Fobia yang Akrab dengan Traveler, Lo Mengidap Salah Satunya?

Aerophobia merupakan rasa ketakutan akan terbang. Yap, fobia ini akan dirasakan ketika naik pesawat dan merasa takut, bisa dipastikan itu merupakan Aerophobia. Cara mengatasi ketakutan berlebih ini yaitu dengan cara terapi atau meditasi. Kalau mengidap Aerophobia, nggak bisa traveling ke luar negeri dong, ya?

Mysophobia

Jenis Fobia yang Akrab dengan Traveler, Lo Mengidap Salah Satunya?

Keresahan bisa dialami di mana aja dan kapan aja ketika menemui berbagai hal yang berpotensi dihuni oleh banyak kuman. Yap, keresahan ini tergolong sebagai Mysophobia yaitu mempunyai rasa takut berlebih terhadap kuman, bakteri, mikroba, kontaminasi, dan infeksi. Cara mengatasinya tentu dengan selalu menjaga kebersihan agar tetap higienis. Pasti selalu sedia hand sanitizer nih, bro.

Enochlophobia

Jenis Fobia yang Akrab dengan Traveler, Lo Mengidap Salah Satunya?

Jenis fobia ini mungkin cukup meresahkan dan bikin cemas pengidapnya. Pasalnya, Enochlophobia merupakan ketakutan berlebih terhadap kerumunan. Nah, gimana kalau harus naik transportasi umum atau diajak ke destinasi yang ramai pengunjung? Tapi tenang, fobia ini masih bisa diatasi dengan cara mensugesti diri sendiri, bahwa nggak aka nada hal-hal buruk yang akan terjadi dalam kerumunan itu.

Nomophobia

Jenis Fobia yang Akrab dengan Traveler, Lo Mengidap Salah Satunya?

Ketakutan akan kesusahan mengakses ponsel dan internet? Wah, kalau yang satu ini sepertinya banyak yang takut, apalagi zaman sekarang memang susah untuk lepas dari gadget ya, bro.

Bernama Nomophobia, ketakutan akan kesusahan mengakses telepon atau internet. Buat yang merasa seperti ini, pasti nggak cocok buat traveling ke daerah terpencil yang susah sinyal, bro. Tapi, ketakutan tersebut bisa diatasi dengan cara mengurangi sedikit demi sedikit intensitas dalam menggenggam gadget. Bisa melakukannya, bro?

Zoophobia

Jenis Fobia yang Akrab dengan Traveler, Lo Mengidap Salah Satunya?

Nggak jauh berbeda dengan Nomophobia, buat yang mengidap Zoophobia sepertinya juga nggak bisa diajak ke destinasi terpencil. Kalau Nomophobia punya ketakutan nggak bisa mengakses ponsel dan internet, maka kalau Zoophobia ini punya ketakutan dengan binatang. Ketakutan ini akan memuncak ketika diajak ke kebun binatang. Gimana jadinya kalau diajak naik gunung dan ketemu hewan liar ya, bro?

Beberapa jenis fobia tersebut mungkin sangat mengganggu sebagian orang, apalagi kalau punya hobi traveling. Nah, cobalah atasi fobia tersebut dengan terus melakukan apa yang menjadi ketakutan lo. Harus lawan rasa takut, bro!

 

Source: hipwee.com
In Depth Beginner Extreme solo traveling

5 COMMENTS

SHARE
Ldr_Lstyd
phobia nya unik
Rdh
Nice info
agung
tq info ya
SRI YAYA ASTUTI
fobia yang sangat unik
nugraha
jangan takut2 banget